Trends

KONTROVERSI DEDDY CORBUZIER VS MEYDEN: DAMPAK TERLALU OVERSHARING DAN KURANGNYA EMPATI?

Lagi-lagi Podcast Deddy Corbuzier mengundang kontroversi, Civs. Kali ini dia disebut-sebut menyindir salah satu kreator TikTok sekaligus gamer Meyden. Gegara apa, sih?

title

FROYONION.COMBelakangan ini, trending topic di Twitter gue lagi rame sama tagar #StandWithMeyden. Nggak cuma di Twitter, FYP TikTok gue juga banyak banget video dari para konten kreator yang ngebahas masalah ini. Setelah gue baca-baca beberapa tweet dari netizen, nggak sedikit juga yang bawa-bawa nama Deddy Corbuzier. Gue penasaran kan, jadi gue coba buat nyari tau sebenernya apa sih yang lagi diributin sama netizen.

Nah setelah gue baca-baca dan nonton beberapa video yang beredar di internet, ternyata awalnya itu bermula ketika Deddy Corbuzier ngundang konten kreator TikTok Agung Karmalogy ke Podcastnya. 

Dalam Podcastnya tersebut, Deddy dan Agung ‘ngejulidin’ seorang bintang tamu yang videonya nggak mau ditayangin di Podcast Close The Door milik Deddy. Walaupun nggak disebutin secara terang-tarangan, tapi netizen menduga kalo sosok yang lagi diomongin sama mereka berdua adalah Meyden.

Podcast yang harusnya si Meyden dan Agung jadi bintang tamu tersebut batal tayang karena permintaan Meyden yang merasa ada yang sensitif di situ. Abis itu, Deddy syuting lagi, tapi kali ini sama Agung aja, nggak sama Meyden lagi. 

Yang bikin netizen jadi marah adalah isi dari Podcast tersebut yang dianggap gibah, soalnya Deddy dan Agung ngomongin masa lalu Meyden, sampai aib dia pun dibicarain dan naasnya ngomongnya sambil ketawa-tawa lagi.

Akun Instagram dari Deddy Corbuzier dan Agung Karmalogy jadi banjir hujatan netizen yang ngebelain Meyden.

Menanggapi hujatan dari netizen tersebut, Deddy dan Agung pun akhirnya buka suara melalui postingan Instagram mereka nih, Civs. Bahkan Deddy Corbuzier nantangin Meyden buat ngeupload video Podcast pertamanya. Tapi tetap aja Meyden nggak mau video tersebut sampai naik. 

“Pertama gak usah main play victims sama gue. Kedua kalau mau tau aslinya gimana bicaranya, fansnya minta deh ke orangnya izin tayangnya, ntar gue tayangin. Jadi paham siapa yang blunder, siapa yang ketawa, siapa yang play s***, Ok?” tulis Deddy di akun Instagram miliknya. 

Terlepas dari video asli yang dimaksud Deddy, tapi pointnya menurut gue adalah dia udah ngomongin anak orang yang usianya jauh di bawah dia, nggak terlalu kenal dan tau sama kehidupan orang tersebut bagaimana, dan jujur gue sendiri yang nonton nggak enak dengernya. Sebagai public figur, seharusnya dia bisa lebih mengayomi, bukan malah sebaliknya. 

Walaupun banyak yang ngebelain Meyden, tapi ada juga netizen yang menganggap kasus ini sebagai ajang pansos Meyden ke Deddy Corbuzier. Meyden pun menglarifikasi hal tersebut lewat live di TikToknya.

“Gue nggak pansos pas minta boomerang, gue cuma mau ngeliatin ke Bapak gue soalnya Bapak gue tuh ngefans banget (sama Deddy Corbuzier),” ujarnya sambil nangis. 

Nggak lama setelahnya, Agung Karmalogy juga buka suara terkait masalah ini. Agung juga udah minta maaf sekaligus bikin klarifikasi di akun Instagram dan TikTok-nya, Civs. Dalam klarifikasi tersebut, Agung membeberkan ada tiga point yang membuat Meyden meminta Podcast pertama untuk tidak ditayangkan.

Yang pertama, karena topiknya yang dianggap terlalu sensitif dan merendahkan. Menurut Agung, hal tersebut di luar kuasanya karena Podcast tersebut bukan miliknya, melainkan Deddy Corbuzier.

Yang kedua, Meyden bilang kalo dia nggak kenal sama Agung Karmalogy, untuk itu Meyden merasa nggak nyaman sama bintang tamu lain yang nggak dikenalnya.

Dan yang ketiga, Meyden merasa kalo interview yang dilakukan oleh Deddy Corbuzier lebih banyak ke Agung dibandingkan dengan Meyden sendiri. 

Terus masalah ngetawain Meyden, Agung menjelaskan bahwa dia sama sekali nggak berniat ngetawain kisah hidup orang apalagi sampai merendahkan. Dia cuma ketawa karena pengakuan dari Meyden sendiri yang pernah punya niat buat jual ke*****anan karena terinspirasi dari salah satu film action yang ia tonton. Itupun Agung nggak tahu detil kondisi Meyden saat itu. Untuk hal lain yang dia dan Deddy tertawakan, diakuinya hal tersebut nggak ada hubungannya lagi sama Meyden, melainkan udah ganti ke topik lain. 

Jadi gitulah ya Civs kira-kira. Sejauh yang udah gue liat, menurut gue mereka sama-sama salah. Si Meyden kalo curhat terlalu bablas nggak disaring-saring, trus juga seenaknya aja ngebatalin Podcast yang udah disepakatin sebelumnya secara sepihak tanpa mikirin Agung yang juga bintang tamu di situ. Deddy sama Agungnya juga kalo gibahin orang kelewatannya ngelebihin emak-emak. 

Tapi emang mungkin dari Deddy merasa dirugikan karena udah capek-capek ngundang tapi malah nggak tayang. Baiknya Deddy bicarakan baik-baik dengan bintang tamunya sambil berembuk biar Podcast yang pertama nggak ditayangin full atau mungkin ada part yang harusnya dipotong untuk bagian yang buruknya.

Terlepas dari itu semua, semoga permasalahan mereka cepet selesai dan nggak berlarut-larut ya, Civs. Seenggaknya bisa jadi pelajaran aja buat kita ya ges ya dari kasus mereka, kalo ngomong dipikir-pikir dulu, nggak usah terlalu oversharing ke orang lain apalagi menyangkut urusan pribadi. Disaring mana yang perlu diomongin dan mana yang nggak perlu. Jangan sampe masa lalu seseorang lo omongin apalagi dijadiin bahan bercandaan. Kita nggak tau gimana keadaan orang lain gimana. Cukup orang tau indahnya idup lo aja. (*/)

BACA JUGA: ‘DEA ONLYFANS’ DITANGKAP: NGGAK DITAHAN KEPOLISIAN, SAMPE KLARIFIKASI DEDDY CORBUZIER SOAL ‘CEPU’

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Annisa Paramadina Rahmi

Mahasiswa nyambi freelancer