Trends

JUAL BELI SCREENSHOOTAN IPHONE CARA NYELENEH UNTUK MENCARI VALIDASI

Dibanding meningkatkan values dan mencari validasi lewat barang, mending lo asah skill dan potensi diri biar akhirnya bisa diakui orang.

title

FROYONION.COM - Internet nyediain apapun yang lo butuhin, semua kebutuhan mulai dari sandang, pangan, sampai papan pun bisa lo dapetin di internet. Makanya lahir berbagai aplikasi ecommerce yang ngebantu lo buat nyari apa yang lo butuhin. Anak muda awamnya adalah pengguna dari ecommerce, meskipun para orang tua juga beberapa udah banyak yang sering belanja di ecommerce nyatanya pengguna ecommerce masi didominasi oleh anak muda.

Lo pun harus akuin Civs, kalau lo pernah membeli barang-barang random yang bikin lo ngebatin “ngapain sih gua beli ginian”. Hal tersebut wajar terjadi, karena dengan adanya ecommerce secara ga langsung akan menciptakan sifat konsumtif dan impulsif. Tapi, pernahkah lo kepikiran untuk membeli sebuah screenshootan Iphone di ecommerce kesayangan lo semua?

Lo ga salah baca, yes beli screenshootan. Nyatanya kalau lo search di berbagai ecommerce mulai dari yang hijau ataupun orange lo bakal nemuin orang-orang yang jualin screenshootan Iphone. Ya, hal yang lu anggep bisa lu lakuin sendiri nyatanya mulai diperjualbelikan oleh banyak orang. 

TREN JUAL BELI SCREENSHOOT IPHONE

Keeksklusifan Iphone di Indonesia ga bisa kita raguin. Banyak orang yang bahkan rela beli Iphone terbaru meskipun harus nyicil. Karena ya balik lagi, Iphone seringkali dianggap sebagai barang mewah yang punya nilai eksklusivitas yang tinggi. Makanya banyak anak muda yang berusaha untuk memiliki Iphone, pun kalau mereka ga mampu untuk membelinya akan selalu ada cara yang membuat mereka seakan-akan memilikinya. 

Mulai dari theme di handphone yang seakan-akan membuat smartphone mereka memiliki tampilan ala Iphone, sampai membeli Iphone kw atau HDC udah jadi cara buat mereka yang maksa punya Iphone. Sampai di titik sekarang, ada orang yang menjual screenshootan Iphone buat gua menjadi bukti bahwa Iphone sangat diagungkan oleh masyarakat Indonesia. 

Gua pun mencoba mengecek beberapa ecommerce untuk memvalidasi apakah benar-benar ada yang menjual screenshootan Iphone, dan hasilnya emang beneran ada yang jualan screenshootan Iphone. Dengan harga dari 1000 Rupiah sampai 5000 Rupiah lo udah bisa dapetin screenshootan Iphone sesuai jenis screenshootan yang lo inginkan. Plus, dengan harga 5000 Rupiah, lo juga bisa dapetin screenrecord dari Iphone, penawaran yang menarik bukan?

Jelas bukan, karena gini dengan harga yang emang terbilang murah tapi sebenarnya bisa lo lakuin sendiri jelas ga worth it sama sekali. Tapi kenapa akhirnya hal tersebut sampai diperjualbelikan? Apa esensi dari screenshootan Iphone? 

NILAI EKSKLUSIVITAS IPHONE 

Seperti yang udah gua jelasin sebelumnya, Iphone dianggap sebagai barang yang eksklusif di mata orang Indonesia, karena harga yang mahal dan juga ga semua kalangan bisa punya. Padahal, kalau kita pikir-pikir lagi sebenernya handphone Android pun punya harga yang relatif mahal juga. Tapi kenapa akhirnya Iphone dianggap lebih eksklusif?

Mulai dari fitur, Iphone dianggap memiliki teknologi yang jauh lebih baik dibanding dengan smartphone lainnya. Beberapa fitur seperti, tingkat keamanan yang dianggap jauih lebih aman, user-interface yang dianggap lebih simple, mudah membedakan mana yang asli dan yang palsu, pembaruan OS yang terjamin, dan kualitas kamera yang dianggap lebih natural sehingga kalau update Instagram Stories ga ngeblur membuat Iphone dianggap lebih baik dari smartphone lainnya. 

Namun terlepas dari alasan teknis, buat gua yang menjadikan Iphone eksklusif adalah tentu harga dan juga branding Iphone sebagai barang mewah yang ga semua kalangan bisa punya. Karena, siapa yang ga suka barang mahal dan kemewahan? Harus lo akuin, dengan branding Iphone sebagai barang mewah lo ga bakalan nolak kalau misalnya ditawarin Iphone kan? 

Dari adanya hal tersebutlah yang membuat orang Indonesia, berlomba-lomba “memiliki” Iphone. Mulai dari membeli Iphone dari kualitas yang terlama yang sebenernya softwarenya udah ga up to date, membeli Iphone kw atau HDC, sampai ya kaya sekarang ini, beli screenshootan Iphone demi diakui kalau mereka punya Iphone. Selagi mereka memiliki “bukti” kepemilikan, buat mereka itu udah lebih cukup untuk memvalidasi diri bahwa mereka memiliki “Iphone”. Dan jelas buat gua fenomena ini udah ga sehat sama sekali. 

PUNYA IPHONE GA BIKIN LO SPESIAL

Pada dasarnya, adanya fenomena jual beli screenshoot Iphone adalah bukti bahwa banyak orang Indonesia yang haus akan validasi. Karena banyak orang yang menganggap bahwa kepemilikan Iphone akan membuat kita lebih eksklusif dan lebih diterima oleh masyarakat, padahal ya engga. 

Apa yang membuat pengguna Iphone spesial sebenernya bukan dari Iphonenya, tapi values yang dia punya. Iphone ga lebih dari sekadar alat komunikasi yang membantu mereka dan ya emang kebetulan harganya emang mahal. Jadi ketika lo berusaha untuk memiliki “Iphone” guna menaikan values diri lo, ya buat gua bakalan sia-sia.

Lebih baik lu meningkatkan kualitas diri lo ketimbang meningkatkan gadget lo. Ketika lo udah punya values yang tinggi orang ga bakal peduli handphone lu apa, mau Nokia 3310 pun buat mereka lo bakalan tetep eksklusif dan punya nilai tinggi. Ketimbang handphone lo Iphone tapi ga ada yang menarik sama sekali dari diri lo. 

Jadi, daripada beli screenshotan Iphone guna mencari validasi mending lo coba asah skill dan perkuat kualitas diri deh Civs, 5000 lumayan bisa buat lo beli jajanan pinggir jalan. Pun, kalau lo masih maksa pengen keliatan punya Iphone dengan cara beli screenshootan Iphone, mending lo belajar ngedit sendiri aja deh. Biar itung-itung nambah soft skill dengan belajar ngedit foto dan akhirnya bisa nambah kualitas dan potensi diri sendiri. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Radhytia Rizal Yusuf

Mahasiswa semester akhir yang hobi menonton anime dan memiliki ketertarikan dalam berbagai budaya populer seperti, anime, J-pop, K-Pop