Trends

JKT48 GELAR KONSER 11th ANNIVERSARY, INI MOMEN YANG MENCURI PERHATIAN FANS SELAMA ACARA

Ternyata bukan debut Gen 11 yang membuat fans terkejut, tetapi momen lain yang justru lebih menarik perhatian. Apa saja itu?

title

FROYONION.COM - JKT48 menyelenggarakan konser perayaan 11 tahun di Semarang pada tanggal 17 Desember 2022. Konser yang bertajuk JKT48 11th Anniversary: Flying High tersebut berhasil menarik atensi fans untuk menyaksikannya, baik secara offline maupun online. Bahkan, tagar #JKT4811thAnnivConcert menjadi trending in Indonesia di Twitter selama pertunjukkan berlangsung.

Konser yang bertempat di Marina Convention Center Semarang tersebut menjadi konser perayaan ulang tahun JKT48 kedua yang diselenggarakan di luar Jawa Barat. Sebelumnya, konser perayaan ulang tahun JKT48 pernah dilakukan di Surabaya, Jakarta, Tangerang, dan Bandung.

Bagi gue yang mengikuti perjalanan sebelum konser dan menyaksikan langsung secara live streaming, banyak momen yang menarik perhatian fans dan penonton. JOT  (JKT48 Operational Team) dan member JKT48 terlihat mempersiapkan konser ini dengan matang dan menyiapkan unsur-unsur surprise di pelaksanaannya.

Salah satu surprise yang disiapkan JOT, menurut gue adalah debut stage Gen 11. Seperti yang diketahui, kalau Gen 11 baru diperkenalkan di JKT48 Halloween Event pada tanggal 31 Oktober 2022 lalu. Ditambah lagi dari “dirahasiakannya” keikutsertaan Gen 11 ke Semarang, di mana para member Gen 11 update kegiatan mereka seolah-olah tidak akan ikut konser. 

Namun, ternyata keikutsertaan Gen 11 ke Semarang sempat bocor, setelah salah satu membernya memposting rekannya yang berulang tahun dan terlihat sedang di perjalanan seperti member-member seniornya. Sehingga, para fans sudah mengetahui dan tidak terkejut lagi saat Gen 11 hadir untuk perform di konser 11 tahun JKT48.

Meskipun kehadiran Gen 11 tidak lagi menjadi surprise di konser JKT48 11th Anniversary, tetapi ternyata kejutan hadir dari momen lain yang terjadi selama acara berlangsung. Apa saja momen yang mencuri perhatian fans dan penonton itu? Berikut ulasannya!

1. HADIRNYA OLLA JKT48 

Olla JKT48 adalah salah satu member yang berasal dari Gen 7. Kehadirannya di konser JKT48 11th Anniversary menjadi kejutan tersendiri bagi fans dan penonton. Hal itu karena Olla masih dalam masa berkabung setelah ditinggal wafat ayahnya pada tanggal 14 Desember 2022.

Melihat kondisi Olla saat itu, para fans dan penonton tidak menyangka bahwa Olla akan tetap hadir di konser. Fans dan penonton dikejutkan oleh kehadirannya saat perform membawakan lagu Seventeen bersama 6 member lain. Hal itu sontak membuat para fans terkejut dan bersorak untuk Olla.

Foto Olla JKT48 setelah konser JKT48 11th Anniversary (sumber: Twitter/@F_OllaJKT48)
Foto Olla JKT48 setelah konser JKT48 11th Anniversary (sumber: Twitter/@F_OllaJKT48)

Suasana semakin menjadi haru ketika tangis Olla pecah pada saat membawakan lagu Di Tempat yang Jauh pun. Tak sedikit member lain dan penonton ikut terlarut dalam kesedihan. Seruan penyemangat untuk Olla pun menggema sesaat lagu selesai dibawakan.

Performance Olla di konser JKT48 11th Anniversary mencuri perhatian warganet, bahkan nama Olla sempat menjadi trending topic di Twitter selama konser berlangsung. Banyak warganet yang memberikan ucapan penyemangat dan salut atas profesionalisme Olla yang tetap perform, meskipun sedang berduka.

2. PENAMPILAN SOLO CHRISTY JKT48 

Momen lain yang menarik perhatian fans dan penonton JKT48 berikutnya adalah penampilan solo Christy JKT48. Christy membawakan lagu Bibir dari Plastik dan berhasil memikat penonton dengan dance-nya yang sexy dan energik. 

Penampilannya itu membuat para fans dan penonton kaget sekaligus kagum karena berlawanan dengan image “dedek”-nya yang melekat selama ini. Bahkan nama Christy sempat menjadi trending topic di Twitter saat konser berlangsung karena banyaknya fans yang membahas penampilannya.

Foto Christy JKT48 setelah tampil membawakan lagu Bibir dari Plastik (sumber: Instagram/@jkt48.christy)
Foto Christy JKT48 setelah tampil membawakan lagu Bibir dari Plastik (sumber: Instagram/@jkt48.christy) 

Sebelumnya, lagu Bibir dari Plastik pernah dibawakan oleh ex-member JKT48 Gen 1, Jessica Veranda, pada JKT48 Live in Concert tahun 2015. Tujuh tahun berselang, lagu ini kembali dibawakan di konser oleh Christy, member JKT48 Gen 7.

3. PENGUMUMAN DARI IBU GM, MELODY LAKSANI

Salah satu yang paling ditunggu oleh fans di setiap konser JKT48 adalah pengumuman tentang masa depan JKT48. Pada konser 11 tahun ini, pengumuman disampaikan oleh General Manager Teater yang juga ex-member JKT48 Gen 1, Melody Laksani. 

Ada tiga pengumuman yang disampaikan pada konser tersebut, di antaranya sebagai berikut.

Pertama, pengumuman mengenai renovasi teater JKT48 di mall FX Sudirman. Pembaharuan wajah teater tersebut akan dilaksanakan pada tanggal 26 Desember 2022 sampai 14 Januari 2023. 

Kedua, setlist Cara Meminum Ramune akan menjadi pertunjukan pembuka setelah proses renovasi teater selesai pada tanggal 15 Januari 2023.

Ketiga, pengumuman mengenai event Personal Meet and Greet Festival. Menurut gue, pengumuman ini menjadi angin segar bagi fans yang ingin bertemu secara langsung dengan oshi-nya. Hal itu karena pada event ini, fans dapat mengobrol secara langsung dan personal. Meskipun tidak bisa bersentuhan langsung seperti pada event Handshake, tetapi setidaknya fans bisa lebih dekat dengan oshi setelah sebelumnya hanya bisa lewat video call saja.

4. TIDAK ADA MEMBER YANG MENGUMUMKAN GRADUATION

Nah, gue yakin ini adalah bagian yang paling ditunggu-tunggu oleh fans, baik yang menonton secara langsung ataupun online, yaitu momen salam “Seno!” di penghujung acara. Banyak fans yang overthinking setiap kali kata “Seno!” diucapkan para member di akhir pertunjukkan. Pasalnya, di momen itulah biasanya member akan graduation, mengumumkan keputusannya.

Penampilan JKT48 saat membawakan lagu Jejak Awan Pesawat (sumber: Twitter/@officialJKT48)
Penampilan JKT48 saat membawakan lagu Jejak Awan Pesawat (sumber: Twitter/@officialJKT48)

Overthinking fans semakin bertambah mengingat pengumuman grad di konser pernah juga dilakukan oleh ex-member sebelumnya. Di antaranya, Beby Chaesara, mantan kapten JKT48 yang mengumumkan lulus di konser 8th Anniversary dan Gaby Warouw, Gen 1 JKT48 terakhir, di konser JKT48 10th Anniversary Kick Off.  

Namun, semua kekhawatiran dan overthinking dari fans terbayar lunas, karena tidak ada satu pun member JKT48 yang mengumumkan kelulusannya di akhir pertunjukkan. Artinya formasi JKT48 sekarang akan tetap seperti saat ini dengan deretan senior yang masih bertahan, seperti Shani, Sisca, Gracia, Feni, dan Jinan. 

Nah, itulah beberapa momen yang menarik perhatian fans JKT48 pada perayaan konser JKT48 11th Anniversary: Flying High. Bagi gue yang baru mengikuti JKT48 lagi setelah sempat vacuum, bisa bertahan selama 11 tahun sebagai Idol Group di Indonesia merupakan hal yang luar biasa. Angkat topi untuk semua member, staf, dan fans yang selalu menghidupkan JKT48 dan pastinya, selamat ulang tahun JKT48! (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Fakhrizal M

Punya cita-cita jadi penulis dan blogger. Suka nyobain coffeshop baru di pinggir jalan.