Viral

FOODMASKU: KREASI MAKANAN ‘NYELENEH’ TAPI UNIK

Kelakuan orang-orang kreatif semasa pandemi emang nggak ada habisnya. Sekarang muncul seorang seniman yang suka merangkai makanan jadi masker di wajahnya. Cekidot, Civs!

title

FROYONION.COM - Nama Antonius Wiriadjaja atau yang lebih dikenal sebagai FoodMasku cukup tenar dalam beberapa waktu ke belakang. Seniman asal Indonesia yang sekarang tinggal di New York ini memproduksi konten absurd dan nyeleneh di internet, di mana doi mem-post selfie dirinya yang merangkai masker wajah yang terbuat dari makan siangnya.

Arti dari nama ‘FoodMasku’ berasal dari sebuah pun (permainan kata-kata) dari 2 bahasa, yaitu Food + Mask + U di Bahasa Inggris, dan dari Bahasa Jawa itu Food Masku atau ‘Makanan Kakakku’.

Ide tentang FoodMasku ini sendiri muncul di bulan April 2020, awal masa lockdown di New York, di mana Covid-19 memaksa Antonius buat membatalkan serangkaian pertunjukan seninya. 

Di satu malam, doi pernah zoom meeting bareng sama teman-teman sesama seniman lainnya untuk membahas keadaan sulit yang mereka hadapi di masa pandemi, dan ada momen di mana salah satu temannya bercanda sambil pake face filter yang mengubah mukanya jadi berbentuk pickle

Antonius berpikir kalo lawakan temannya itu cukup menarik, jadi doi juga ikutan memasang daun kale di wajahnya dan ternyata membawa reaksi yang bagus dari temen-temennya juga.

Berawal dari candaan teman-temannya itu, Antonius mulai merangkai berbagai macam makanan jadi masker di wajahnya, dari yang masih dianggap ‘masuk akal’, sampe yang paling ‘absurd’, kayak tortilla, lasagna, sampe ke mie instan sekalipun.

Masker Nasi Tumpeng & Hotdog Style. (Credit: Akun Instagram @foodmasku)

Inspirasi Antonius dalam membuat karya unik kayak gini juga berasal adalah dari Melati Suryodarmo, seorang seniman seni rupa pertunjukan asal Surakarta. Salah satu act yang paling terkenal dari Melati bernama “Butter Dance”, di mana Melati melakukan tarian dengan memakai sepatu heels di atas tumpukan butter, dan seringkali terjatuh tapi selalu berusaha untuk bangkit dan berdiri lagi.

Act of resilience yang ditunjukkan Melati ini jadi inspirasi penting buat Antonius untuk tak kenal lelah dan selalu meng-upload karyanya secara konsisten setiap hari di Instagram.

Antonius merupakan mantan mahasiswa Fulbright US di Indonesia. Berkat konten yang doi sering upload, banyak media luar negeri yang membahas figurnya, termasuk yang paling keren, FoodMasku pernah dibahas di sebuah artikel yang berjudul “five art accounts to follow on Instagram now.” oleh New York Times.

"Gue dapet pesan dari orang-orang yang bilang betapa sukanya mereka terhadap masker gue, dan gue merasa sangat senang ada di sini,” kata Antonius, dikutip dari artikel oleh cbc.ca.

Antonius juga bilang kalo dirinya bukan orang yang jago masak. Selama 7 tahun tinggal di New York, doi nggak pernah memasak makanan untuk dirinya sendiri. Dan FoodMasku mampu membuatnya melakukan sesuatu yang bermanfaat selama lockdown semasa pandemi di rumah. (*/)


 

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Garry

Content writer Froyonion, suka belajar hal-hal baru, gaming, dunia kreatif lah pokoknya.