Viral

BUKAN KACANG BUSUK, INI SEGUDANG MANFAAT KESEHATAN NATTO

Akhir-akhir ini, FYP Tiktok lagi rame banget dengan adanya challenge makan natto yang dibuat oleh para content creators yang dikenal sering menciptakan tren anak muda Indonesia. Berbagai macam reaksi ditunjukkan mereka mengenai rasa dari makanan khas Jepang tersebut. Apa sih natto itu sebenernya?

title

FROYONION.COM - Berita industri kreatif indonesia emang nggak ada abis-abisnya dengan berbagai challenge. Akhir-akhir ini lagi ngetren tantangan makan natto yang katanya sih bikin mual karena baunya yang ‘aneh’, mirip kacang mau busuk, Civs. Plus udah ada lendir-lendirnya pula.

Tapi apakah emang natto itu nggak enak dan ga ada faedahnya? Kok orang Jepang enak-enak aja tuh makan natto? Yuk kita belajar dikit soal apa itu natto di sini.

Natto adalah salah satu makanan khas dari Jepang yang terbuat dari biji kedelai yang udah difermentasi. Biasanya oleh orang-orang Jepang, natto dimakan bersamaan dengan nasi yang masih anget dan dijadikan sebagai menu sarapan mereka. 

Karena bahan utamanya terbuat dari kedelai, pastinya natto ini kaya akan sumber protein. Ciri khas lain dari natto, baunya menyengat dan teksturnya lengket, serta punya rasa yang unik. Proses pembuatannya sendiri pun mirip-mirip sama pembuatan tempe yang udah familiar buat lidah kita, Civs.

EMANG HALAL?

Kalo diliat dari bahan dasarnya yang berasal dari biji kedelai yang difermentasi menggunakan bakteri Bacillus subtilis, natto halal kok untuk dikonsumsi. Nah kecuali kalo lo makannya dicampur sama shoyu, semacam kecap asin khas Jepang yang warnanya cokelat kehitaman. Nah, shoyu ini sendiri mengandung alkohol alami dari proses fermentasi dan uap panas saat proses memasak. Jadi buat umat Muslim dan anak-anak harus hati-hati ya dalam memilih shoyu sebagai campuran untuk makan natto ini. Tapi akhir-akhir ini udah banyak kok shoyu halal yang beredar di Jepang maupun Indonesia. 

Menurut fatwa MUI No. 01 Tahun 2010 tentang Penggunaan Mikroba dan Produk Mikrobial dalam Produk Pangan, mikroba Bacillus subtilis halal selama tidak membahayakan kesehatan dan terkena najis. Jadi, natto halal ya Civs!

VIRAL KARENA ‘BAU’

Lagi rame banget nih content creator yang ngebuat challenge makan natto di tiktok. Kebanyakan mereka yang udah nge-review natto, menunjukkan ekspresi yang tidak suka terhadap makanan yang satu ini. Apakah setidak enak itukah sebuah natto?

Secara visual, natto memang terlihat tidak terlalu meyakinkan karena teksturnya yang cenderung lengket dan berlendir. Tekstur yang lengket dan berlendir ini disebabkan karena adanya bakteri Bacillus subtilis yang memecah protein seperti asam glutamat. Asam glutamat tadi, kemudian berkembang saat kedelai direbus. Selain itu juga, natto memiliki aroma yang menyengat, ada yang bilang kalo bau natto itu mirip sama bau kacang busuk, itulah salah satu alasan kebanyakan orang tidak menyukai makanan yang satu ini. Buat lo yang baru pertama kali mengonsumsinya, pasti bakal aneh dan kemungkinan lo bakal langsung nggak suka. 

Walaupun banyak yang ngereview natto sebagai makanan yang enggak enak, tapi ada juga kok yang suka atau tim biasa aja sama makanan khas Jepang yang satu ini. Contohnya Tasya Farasya, doi bilang kalo rasa natto ini enggak seburuk seperti kata kebanyakan orang walaupun aromanya kurang ngenakin. Tapi tetep, Tasya tim yang biasa aja, nggak sampe yang huwek huwek ya Civs.

TIPS MAKAN BUAT PEMULA

Nah, buat Civs yang penasaran atau yang baru mau nyobain, ada sedikit tips biar aroma dari natto ini nggak terlalu menyengat.

Pertama, buka bungkus natto dengan menusukkan plastik ke ujung wadah styrofoam biar nggak banyak natto yang terbuang karena biasanya natto lengket di plastik pembungkusnya. Aduk natto searah jarum jam menggunakan sumpit sampai teksturnya berubah menjadi putih dan sedikit berbusa. Yang kedua, usahakan makannya pake nasi ya Civs biar baunya nggak terlalu menyengat. 

Selain sumber protein, natto juga banyak banget loh manfaatnya bagi kesehatan Civs, berikut beberapa manfaat natto bagi kesehatan tubuh :

1.     Natto dapat meningkatkan sistem pencernaan karena mengandung probiotik yang berperan untuk menangkal racun dan bakteri yang berbahaya bagi tubuh.

2.     Kaya akan vitamin K2 yang baik bagi kesehatan tulang. Vitamin ini juga dapat mencegah penumpukan kalsium di dalam arteri.

3.     Dapat mengurangi kadar kolesterol sehingga dapat menjaga kesehatan jantung dan membantu memperlancar peredaran darah.

4.     Membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh.

5.     Dapat menurunkan berat badan. Kandungan serat yang terdapat dalam natto dapat membuat lo kenyang dalam waktu lama. 

Sebenarnya natto ini rasanya enak Civs, cuma lidah kita aja yang nggak sejalan sama rasa dan aromanya. Mungkin orang Jepang atau negara lain juga bakal sama kayak kita kalo mereka nyobain makan duren kali ya. Walaupun begitu, yang paling penting kita nggak boleh ngereact berlebihan makanan khas negara lain ya Civs, nggak mau dong pastinya kalo makanan Indonesia juga digituin sama negara lain? (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Annisa Paramadina Rahmi

Mahasiswa nyambi freelancer