Trends

SILENT PRODUCTIVITY: TREND PARA FREELANCERS DAN REMOTE WORKERS YANG BEKERJA DI PERPUSTAKAAN

Jika dulu perpustakaan identik dengan kalangan pelajar dan mahasiswa saja, kini perpustakaan juga menarik para pekerja lepas. Kenapa mereka memilih perpustakaan, bukan cafe estetik lagi? Simak penjelasan di balik tren tersebut di sini.

title

FROYONION.COM – Kebutuhan tempat kerja yang proper dan nyaman jelas menjadi kebutuhan pekerja di era sekarang. Bukan hanya untuk alternatif pilihan tempat kerja karyawan kantoran tapi juga untuk mereka yang freelancer atau remote workers. Tidak bisa dipungkiri, selama ini café masih menjadi pilihan mayoritas banyak orang untuk bekerja secara remote

Namun ternyata sekarang ini telah muncul tren terbaru yakni bekerja secara remote di perpustakaan. Nyatanya perpustakaan dianggap memiliki banyak keunggulan dan juga manfaat ketika dipilih sebagai tempat bekerja. Apa saja keunggulan dan manfaatnya? Langsung saja simak penjelasannya di bawah ini! 

LINGKUNGAN KERJA YANG TENANG DAN FOKUS 

Tidak bisa dipungkiri kebutuhan tempat kerja yang nyaman dan juga tenang adalah kebutuhan primer bagi setiap pekerja. Sayangnya, tempat alternatif untuk bekerja seperti Café seringkali tidak bisa menghadirkan kondisi tersebut. Khususnya ketika kondisi café sedang ramai pengunjung yang jelas akan menimbulkan kebisingan. 

BACA JUGA: PERPUSTAKAAN UMUM KHUSUS PEROKOK ITU PENTING DAN PERLU

Cerita akan menjadi lain ketika menjatuhkan pilihan tempat bekerja di perpustakaan yang lebih bisa diandalkan. Alasannya karena perpustakaan menawarkan lingkungan kerja yang jauh lebih tenang sehingga lebih memudahkan untuk fokus bekerja. Bahkan ketika kondisi sedang ramai pengunjung pun, perpustakaan akan tetap tenang karena peraturan untuk tidak menimbulkan keributan. 

AKSES SUMBER DAYA DAN REFERENSI 

Keunggulan perpustakaan jelas karena menyediakan akses ke berbagai sumber daya seperti buku, jurnal maupun materi referensi lainnya. Inilah yang akan sangat bermanfaat bagi untuk mendukung pekerjaan ataupun proyek yang sedang dikerjakan freelancer maupun para remote workers. 

Bahkan kadang, perpustakaan memiliki sumber referensi yang langka dan juga sulit didapatkan di tempat lain. Jelas akan sangat membantu dalam menyelesaikan pekerjaan yang membutuhkan referensi atau sumber data yang lebih spesifik. 

INTERNET CEPAT DAN KONEKSI STABIL 

Kebutuhan internet yang cepat dan juga stabil jelas adalah kebutuhan mutlak bagi setiap pekerja. Untungnya, kebutuhan tersebut sudah dimiliki perpustakaan yang biasanya memiliki koneksi internet yang cepat dan juga stabil. Keuntungan ini jelas akan lebih memudahkan pekerjaan bagi setiap freelancer maupun remote workers.

Apalagi di beberapa perpustakaan,  bagi mereka yang memiliki kartu keanggotaan biasanya akan mendapatkan ruangan khusus. Ruangan khusus ini biasanya memiliki suasana yang jauh lebih nyaman dan juga koneksi internet yang jauh lebih kencang. Sangat membantu proses bekerja menjadi lebih mudah sekaligus efektif. 

MENGATASI RASA ISOLASI 

Trend WFH atau Work from Home memang banyak sekali menawarkan keuntungan yang bisa didapatkan. Mulai dari efektifitas waktu dan juga biaya yang bisa didapatkan. 

Namun, tidak bisa dipungkiri juga kalau WFH ini seringkali menimbulkan efek perasaan terisolasi karena minimnya interaksi dengan orang lain. Solusi untuk masalah tersebut adalah dengan memilih tempat bekerja yang meminimalisir rasa terisolasi tersebut. 

Salah satu alternatif tempat bekerja untuk mengatasi rasa isolasi tersebut adalah di perpustakaan. Alasannya karena perpustakaan menyediakan interaksi sosial yang terbatas namun tetap berkualitas. Efeknya para pekerja tetap bisa fokus bekerja tanpa harus merasakan kesepian yang berlebihan. 

Dengan semua manfaat dan keunggulan tersebut, tidak heran jika perpustakaan menjadi trend baru sebagai lokasi bekerja favorit. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Ridho Agung

Penulis sekaligus fan One Piece nomor dua di Indonesia. Nomor satunya Uus soalnya.