Trends

SEDERET SINGKATAN ‘GANJAR-MAHFUD’ YANG PANTIK KAMPANYE KREATIF DI MEDIA SOSIAL: DARI GAMA SAMPAI GOFUD?

Kata Bu Puan sih ‘Gama’, tapi kalau jadi ‘Go-Fud’ catchy juga ya? Yuk, kita intip kampanye kreatif yang ‘nggak sengaja’ terjadi di media sosial tentang pasangan Capres dan Cawapres ini.

title

FROYONION.COM- Hari ini (18/10) Ketua Umum PDI-P, Megawati Soekarnoputri, mengumumkan Calon Wakil Presiden yang akan menjadi pasangan Ganjar Pranowo untuk Pemilu 2024.

Mahfud MD adalah nama yang terpilih. Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) ini dirasa cocok dan mampu untuk menjadi ‘duet’ yang kuat bersama dengan Ganjar. 

Tentu pengumuman ini diikuti dengan berbagai respon masyarakat–dari cuitan di Twitter hingga karya kreatif berupa poster. Nah ngomong-ngomong soal poster, rupanya nama ‘Ganjar-Mahfud MD’ cukup memantik diskusi menggelitik di media sosial.

Hal ini berkaitan dengan singkatan nama mereka. Apakah itu GaMa? Jamah? Atau singkatan lainnya? Yuk, kita intip celetukan-celetukan kreatif netizen terkait hal ini!

CANDAAN PUAN: GAMA

Dilansir dari Detik News, Puan Maharani, Ketua DPR RI, sempat nyeletuk kalau singkatan Ganjar-Mahfud MD adalah ‘GaMa’. Celetukan itu ia lontarkan karena kabarnya belum ada singkatan resmi yang diputuskan bersama. Namun, tampaknya singkatan ‘GaMa’ ini sudah cukup menyebar di media sosial lewat. 

Singkatan ‘Gama’ yang diambil dari celetukan Puan Maharani. (Sumber: Instagram)

Walau begitu, tampaknya netizen masih belum puas dengan singkatan ini. Terlebih karena biasanya akun media sosial PDI-P kerap membuat singkatan kreatif seperti tagar ‘MEnangkanGAnjar’ yang tetap memiliki unsur nama Ibu Megawati di dalamnya.

Tatkala itu–jika boleh berekreasi–kira-kira inilah singkatan lain yang bisa diadaptasi oleh pasangan Ganjar-Mahfud MD.

OPSI 1: GOFUD

Diduga pertama kali dicetuskan oleh akun Twitter @DickyAlfandy, singkatan ‘GoFud’ jadi salah satu yang trending di media sosial. 

‘Go’ sendiri diambil dari nama Ganjar sedangkan ‘Fud’ diambil dari nama Mahfud. Singkatan yang memiliki unsur relatable yang sangat tinggi bagi masyarakat Indonesia ini lantas jadi bahan diskusi netizen. 

Poster Go-Fud sebagai nama singkatan untuk Ganjar dan Mahfud MD.
Poster GoFud sebagai nama singkatan untuk Ganjar dan Mahfud MD. (Sumber: Twitter)

Karena selain catchy, singkatan ‘GoFud’ yang adalah pelesetan dari layanan pesan-antar makanan ‘Go-Food’ dirasa lucu dan mudah diingat. Tentu hal ini adalah unsur yang dicari agar masyarakat mudah mengingat pasangan Capres dan Cawapres satu ini. 

OPSI 2: Bakmi GM

Singkatan satu ini dicetuskan oleh akun Instagram @lucasnanawi yang terinspirasi dari salah satu merek bakmi paling legendaris di Indonesia.

Singkatan ‘Bakmi GM’ untuk pasangan Ganjar dan Mahfud. Lucu juga ya? (Sumber: Instagram @rezakbar

Tanpa mengubah nama merek yang sudah melekat di ingatan masyarakat Indonesia, ‘Bakmi’ kemudian diartikan sebagai ‘Barisan Anak Muda Indonesia’ dan ‘GM’ adalah singkatan dari ‘Ganjar Mahfud’.

Nggak kalah unik dari GoFud, singkatan yang masih bertemakan makanan ini juga kreatif dan unik, ya? Barangkali kalau PDI-P mau mengadaptasi, bisa sowan dulu ke Lucas serta membuat logo baru agar nggak dikira plagiat~

Munculnya singkatan-singkatan unik ini tak disangka-sangka malah jadi kampanye kreatif yang tidak direncanakan oleh PDI-P. Antusias masyarakat dalam berdemokrasi dipadukan dengan setetes kreativitas, menciptakan perbincangan ringan di tengah suasana politik yang sedang berlomba-lomba untuk memenangkan hati rakyat. 

Selain unik, kreatif, dan lucu, tentunya celetukan netizen tentang singkatan nama ini adalah cerminan kalau sebenarnya kampanye politik juga bisa dibuat lebih kreatif. Seperti halnya poster pemilu yang bisa didesain kekinian dan jingle partai yang jadi sound joget di TikTok, begitu juga dengan hal ini. 

Tak lebih dari wadah ekspresi dan tak kurang dari suara rakyat, kira-kira beginilah cara masyarakat kreatif Indonesia mengungkapkan sisi kreatif dan demokratisnya. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Grace Angel

Sehari-hari menulis dan mengajukan pertanyaan random ke orang-orang. Di akhir pekan sibuk menyelami seni tarik suara dan keliling Jakarta.