Trends

REKOMENDASI SPOT EPIC JEPRET FOTO KEMBANG API KHAS AKHIR TAHUN DI JAKARTA

Kembang api identik dengan momen pergantian tahun. Makanya situasi ini jadi keren buat lo abadikan. Gue bakal kasih beberapa rekomendasi spot buat foto kembang api di Jakarta nih Civs.

title

FROYONION.COM - Sebentar lagi tahun 2022 bakal berakhir dan berganti jadi lembaran baru di tahun 2023 nih Civs. Biasanya buat merayakan pergantian tahun, bakal banyak perayaan pesta kembang api yang jadi seremoni besar dan dirayakan banyak orang. Momen itu biasanya bakal terjadi pada 31 Desember akhir pukul 23.59 dan berganti jadi 1 Januari 00.01 keesokan harinya. 

Pesta kembang api emang jadi semacam ciri khas paling dinanti tiap akhir tahunnya. Banyak lokasi yang menyelenggarakan pesta tersebut sehingga jadi sebuah tontonan yang menarik buat disaksikan. Nggak jarang makanya pergantian tahun ini membuat orang berbondong-bondong buat turun ke jalan raya dan menyaksikan kembang api.

Suara bising dan hiruk-pikuk suara ledakan kembang api itu juga bakal turut mewarnai momen pergantian tahun. Nah makanya momen ini jadi bagian yang berharga banget buat diabadikan. 

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan memotret foto kembang api keren tersebut sebagai kenangan. Dalam tulisan ini, gue mau ngasih beberapa rekomendasi spot yang bikin foto kembang api lo jadi makin keren. Solanya, spot itu jadi hal yang penting banget buat menentukan angle sehingga gambar lo nantinya punya nilai yang kuat.

Tapi sebelum itu, lo yang punya keinginan buat jepret foto kembang api harus pastiin bawa alat-alat lengkap yang mumpuni. Salah satu yang paling gue rekomendasiin adalah tripod, soalnya lo bakal mengambil gambar dengan teknik ‘slow shutter’. Tripod bakal membantu lo banget buat mengurangi blur dalam gambar yang terjadi gara-gara tangan lo tremor. 

Kalau bisa, lo juga harus bawa lensa dengan wide dengan focal length yang rendah jadi pandangan gambar lo nanti lebih lebar dan menghasilkan foto landscape yang ciamik. Tapi balik lagi sih, ini nanti tergantung kebutuhan dan konsep foto yang mau lo ambil. Jadi jangan lupa juga buat bikin perencanaan yang matang sebelum turun ke lapangan buat motret. 

1. MONAS

Nah, ini salah satu spot yang paling mainstream tapi tetap worth it buat photo hunter kunjungi. Tiap tahun, pasti ada acara kembang api yang diadakan di sekitar kawasan Monas ini sehingga bakal jadi tempat yang asyik banget buat lo datengin. 

Di sini, lo bisa ambil ide gambar landscape dari dalam kawasan ataupun luar kawasan Monas. Tentunya dengan subjek utamanya tugu monas yang nggak boleh kelewatan cuy. Pengambilan gambar ini mungkin bisa lo lakuin dengan low angle. Tapi itu tergantung konsep apa yang mau lo bawa nantinya, sih.  

Pencahayaan di sekitar Monas biasanya bakal jadi epic banget soalnya bakal ada cahaya lampu yang mempercantik tugu itu. Belum lagi, sistem pencahayaan di sekitar kawasan tersebut yang sudah dipercantik bikin foto yang lo ambil makin bersinar ala-ala citylight gitu.

Jurus pamungkasnya ada saat kerlap-kerlip kembang api mulai bertebaran di langit sekitaran Monas. Cahaya itu yang nantinya bikin foto landscape di sekitar monas itu jadi lebih berwarna. 

2. BUNDARAN HI

Di sini lo juga bisa ambil gambar landscape dengan keralap-kerlip kembang api yang ciamik juga nih Civs. Dengan sudut pandang Bundaran HI sebagai objek foto utamanya, lo bisa manfaatin momen kembang api muncul buat mempercantik spot tersebut.

Nggak cuma itu, lalu lalang dari kendaraan yang lewat di sekitar lokasi tersebut juga bisa lo manfaatin dengan teknik slow shutter saat ngambil gambar. Lampu-lampu dari kendaraan bakal bikin ornamen pencahayaan di foto lo makin keren nantinya.

Kalau misalnya lo mau hunting ide foto selain landscape pun juga bisa di sini Civs. Dari tahun ke tahun, biasanya Bundaran HI selalu ramai pengunjung sih saat detik-detik jelang pergantian tahun. Nah, lo bisa manfaatin banyak momen keakraban pengunjung di sini dengan background kembang api yang menyala. 

3. CITYSCAPE VIEW

Ide berikutnya yang nggak kalah bagus adalah menggunakan cityscape view. Mungkin lo bisa datang ke beberapa restoran ataupun apartemen yang punya rooftop buat lo manfaatin ambil gambar di sana. 

Dengan begitu, lo bisa meng-capture gambar secara lebih luas dari atas sana. Nah biasanya gambar cityscape ini akan makin bagus kalau dipadukan sama kerlap-kerlip kembang api yang meledak di langit. Perpaduan itu semakin lengkap dengan gemerlap lampu-lampu dari gedung tinggi yang ada di ibu kota negara ini. 

Beberapa titik lokasi yang pasti keren banget lo ambil gambar cityscape itu ada di sekitaran Jalan Thamrin, Jalan Gatot Subroto, Jalan Sudirman, SCBD, Kuningan, dll. Tapi ingat, biasanya lokasi-lokasi tersebut perlu dapat izin dari pengelola atau pihak-pihak tertentu yee Civs. 

Tapi kalau lo mau capture gambar cityview dari angle bawah pun sebenarnya sekarang ini masih sangat memungkinkan lho. Salah satu yang bisa lo lakuin adalah dengan nemuin lokasi landskap yang luas dengan pemandangan gedung-gedung tinggi di Jakarta.

Nah, gue punya satu rekomendasi lokasi yang bisa jadi referensi lo. Waduk Kebon Melati yang berada di dekat Stasiun BNI City atau Waduk Setiabudi Barat. Dari kedua lokasi itu, lo bisa melihat pemandangan gedung-gedung pencakar langit lengkap dengan refleksi cahaya kemerlap yang dipantulkan dari air di waduk tersebut. 

4. PANTAI ANCOL

Terakhir buat lo yang mungkin bingung mau ke mana lagi buat hunting foto di akhir tahun, Pantai Ancol bisa jadi referensi yang mutakhir buat lo. Di sini, banyak konsep foto yang bisa lo ambil dengan memanfaatkan situasi langit yang kosong dan sedikit objek di sana. 

Hamparan pasir yang bertebaran di pantai juga bisa bikin gambar lo makin menarik diikuti dengan banyaknya pengunjung yang lalu lalang beraktivitas di lokasi tersebut.

Salah satu yang mungkin bisa jadi andalan buat inspirasi lo jepret foto di sini adalah dengan mengambil gambar dengan teknik siluet pada objek. Kalau lo lagi mau ngegambarin momen keceriaan pergantian tahun, lo bisa pakai pengunjung di sekitar sana yang lagi bermain bersma sebagai objeknya.

Dari gambar itu lo bisa padukan objek tersebut dengan background langit yang dihiasi nyala kembang api. Atau nggak lo bisa tetap ngambil gambar menarik dengan memotret objek-objek alami di sekitar lokasi, misalnya pohon-pohon tinggi atau payung yang tertancap di pasir sebagai penanda biasanya kalau lo lagi ada di pantai. 

Nah Civs, ayo siapin gear terbaik lo buat hunting foto keren di akhir tahun! (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Michael Josua

Cuma mantan wartawan yang sekarang hijrah jadi pekerja kantoran, suka motret sama nulis. Udah itu aja, sih!