Trends

MENILIK PROSPEK 5 PROFESI YANG SEDANG TRENDING DI DUNIA DIGITAL KREATIF

Adanya peluang pekerjaan dan kesempatan di masa depan, sebaiknya lo lebih mempersiapkan diri. Semakin ke sini, semakin banyak macam-macam profesi. Beberapa profesi di bawah ini, siapa tahu bisa jadi pilihan lo?

title

FROYONION.COM - Lo pasti ingin punya profesi tetap dengan prospek yang mantap kan di masa depan? Apalagi, kalo profesi tersebut sesuai dengan passion diri lo atau sesuai dengan jurusan yang pernah lo ambil selama kuliah. Karena kalo lo udah merasa sesuai, kemungkinan lo bakal merasa enjoy dalam menjalaninya.

Di abad ke 21 yang memasuki era digitalisasi ini, banyak perusahaan yang harus beradaptasi agar tetap bisa berkompetisi. Diperlukannya penyesuaian era demi keberlangsungan bisnis, mengakibatkan perusahaan membutuhkan sumber daya manusia yang punya kriteria skill tertentu dan kompeten disesuaikan dengan kondisi saat ini.

Ada beberapa profesi yang gue sebut sebagai profesi masa kini yang lagi menjamur dan lagi banyak dibutuhkan sama perusahaan. Dirangkum dari berbagai sumber, beberapa profesi di bawah ini punya prospek yang cukup menjanjikan dan tentunya bisa lo jadikan sebagai pilihan.

1. Data Analyst

Data analyst saat ini menjadi profesi yang lagi populer di kalangan milenial dan gen z yang lagi banyak dilirik sama perusahaan. Gimana nggak banyak dilirik? pasalnya selera, perilaku, dan tren saat ini cepat banget mengalami perubahan. Jadi, bagi segala sektor bisnis hal-hal ini akan diidentifikasi dan dianalisis dengan melalui sebuah data yang didapatkan dari internet. Melalui proses analisis data ini, hasil yang diperoleh akan dianggap lebih akurat dengan waktu yang lebih efisien.

Job desc utama seorang data analyst adalah membaca, meriset dan menganalisis data dari internet dengan menggunakan tools tertentu. Profesi data analyst perlu memiliki literasi data yang tinggi, ketika lo menjadi seorang data analyst kerjaan lo nggak akan terlepas dari analisis data, mengumpulkan data, mengumpulkan laporan dari hasil analisis, dan tentunya harus bisa mengembangkan dan memelihara database tersebut.

Prospek profesi data analyst bisa dibilang menjanjikan di masa depan, karena setiap era akan terus mengalami perubahan. Nggak cuma di dunia bisnis, profesi data analyst juga bisa merambah ke dunia akademis. Kemampuannya dalam mengolah data yang akurat dan efisien dapat membantu dalam melakukan riset penelitian, dan tentunya ini bisa jadi sumber cuan yang menjanjikan Civs!

Kalo lo punya latar belakang akademik dari ilmu yang berkaitan dengan statistika, sains data, teknik informatika dan ilmu IT lainnya, lo sangat berpeluang untuk bisa berprofesi sebagai seorang data analyst. Namun, latar belakang pendidikan bukan menjadi hal yang akan diprioritaskan ya, tetap saja punya skill yang relevan akan lebih dipertimbangkan.

2. Digital Marketer

Pemasaran yang menjadi aspek penting dalam dunia bisnis, di era saat ini harus beralih ke ranah digital. Mau nggak mau perusahaan yang akan memasarkan produk atau jasanya harus mampu beradaptasi di tengah kondisi digitalisasi. Cara pemasaran yang mungkin tadinya masih konvensional, sekarang harus beralih dengan cara digital.

Profesi digital marketer menjadi profesi yang berkaitan dengan pemasaran digital alias digital marketingJob desc utama profesi digital marketer adalah membantu perusahaan menyusun strategi digital marketing yang tepat sasaran agar bisa menjangkau target yang lebih luas melalui kanal internet berbasis digital.

Skill yang harus dimiliki seorang digital marketer yaitu mampu mengupayakan berbagai media digital untuk tujuan marketing dan branding. Seorang digital marketer harus bisa mengoptimalkan kanal internet berbasis digital seperti situs web, media sosial, hingga Search Engine Optimization (SEO) dan sebagainya.

Di ranah digital marketing, masih ada beberapa profesi yang lebih spesifik lagi seperti SEO specialist, social media specialistcopywritercontent writercontent creatorKey Opinion Leader (KOL) specialist, dan lainnya. Istilah-istilah profesi tersebut bakal lo temukan ketika terjun di dunia digital marketing dan tentunya ini jadi peluang buat lo ya Civs!

3. Business Development

Mengembangkan sebuah bisnis  sebagai orientasi perusahaan nggak bisa sembarangan, apalagi di era digitalisasi seperti saat ini. Dibutuhkan kemampuan dan strategi khusus yang dapat membantu mengembangkan sebuah bisnis. Maka profesi business development menjadi profesi yang juga lagi banyak dicari oleh perusahaan.

Profesi business development punya job desc utama yaitu membantu mengembangkan bisnis perusahaan dengan strategi tertentu untuk mendapatkan keuntungan jangka panjang yang punya fokus utama terhadap pelanggan, pasar, dan relasi bisnis. Keuntungan jangka panjang ini berkaitan sama pendapatan dan citra perusahaan.

Kalo lo berprofesi sebagai seorang business development, kerjaan lo akan berkutat pada riset pasar, mencari peluang pelanggan baru, riset perkembangan, hingga harus memahami produk kompetitor, dan masih banyak hal lain yang berkaitan dengan pengembangan bisnis.

Profesi business development punya prospek yang layak diperhitungkan di masa depan. Seorang yang berprofesi sebagai business development punya peranan penting bagi keberlangsungan bisnis jangka panjang.

4. Web Developer

Hampir setiap perusahaan punya situs webnya masing-masing. Bagi perusahaan, situs web atau yang lebih dikenal dengan istilah website berperan penting sebagai sumber informasi bagi para user (pengguna internet). Demi keberlangsungan bisnis, pengelolaan dan pengembangan sebuah website menjadi hal yang akan diperhatikan.

Web developer menjadi profesi yang mampu menjawab kebutuhan tersebut. Web developer punya job desc utama dalam membuat, mengelola dan mengembangkan sebuah website menggunakan bahasa pemrograman dengan istilah coding seperti HTML, CSS, dan lainnya.  Melalui coding, web developer akan memastikan jalannya kode pada website, memastikan kode tersebut bekerja dengan baik, dan menjaga basis data.

Ketika lo membuka sebuah website, lo akan menemukan berbagai macam tampilan seperti tata letak halaman dan gaya isi yang ada di dalam situs. Nah berbagai tampilan tersebut adalah hasil pekerjaan web developer.

Untuk memudahkan penyajian informasi, maka profesi web developer lagi banyak dicari-cari nih Civs belakangan ini. Perusahaan akan gencar mencari rekrutan yang siap mengembangkan laman situs webnya. Sebagai muda-mudi masa kini, mungkin profesi ini cocok buat lo jadikan pilihan.

5. UI/UX Designer

Berbagai aplikasi yang terunduh di gadget lo pasti punya fitur masing-masing dan tampilan yang berbeda. Nah, fitur dan tampilan di sebuah aplikasi tersebut adalah hasil pekerjaan dari profesi UI/UX Designer. Profesi UI/UX designer adalah profesi yang berfokus pada produk dan user berbasis teknologi.

Profesi ini memiliki perbedaan istilah tapi saling keterkaitan. UI adalah User Interface yang punya job desc membuat keputusan tampilan visual produk secara keseluruhan seperti merencanakan tampilan yang estetik pada aplikasi ataupun website. Sedangkan UX adalah User Experience yang punya job desc merancang interaksi dengan menciptakan layanan, produk, dan teknologi yang dibutuhkan para user.

Skill yang dibutuhkan dari keduanya pun berbeda. UI akan lebih condong kepada skill desain grafis dan desain branding, sedangkan UX lebih membutuhkan skill riset dan analisis. Keduanya punya tanggung jawab dalam memahami kebiasaan para user yang menjadi dasar dalam menciptakan sebuah produk untuk memberikan kemudahan dari para penggunanya.

Di era digitalisasi, pekerjaan ini juga punya prospek jangka panjang Civs untuk dijadikan sebagai profesi. Karena UI/UX designer berperan penting ketika produk akan diluncurkan dan digunakan di tengah kompetisi digitalisasi. 

Nah Civs, beberapa profesi yang sudah disebutkan di atas bisa lo jadikan sebagai rekomendasi pilihan. Siapa pun punya peluang dan kesempatan untuk berprofesi tersebut. Setiap profesi tentu punya value yang berbeda. Semakin lo berpengalaman, semakin mudah lo untuk naik jabatan. 

Kalo lo bukan seorang yang berjenjang pendidikan, untuk menunjang kemampuan lo biar jadi rekrutan, lo bisa ikutan kelas, kursus atau bootcamp  bersertifikasi yang banyak ditemukan di berbagai platform media sosial. (*/) (Photo Credit: Ono Kosuki)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Muhammad Tegar Rayandra

Mengaku akademisi komunikasi yang suka nulis sana-sini. Suka content writing dan public speaking.