Trends

DARI LAYAR LEBAR KE LAYAR GAWAI: PESONA ESTETIKA WES ANDERSON ALA MASYARAKAT TIKTOK

TikTok sedang dibanjiri video pendek yang menampilkan estetika warna dan pengambilan gambar ala Wes Anderson. Kegiatan sederhana di tempat biasa disulap menjadi video pendek yang indah dan menarik dengan rumus-rumus estetika yang lekat dengan film-film karya Wes Anderson. Lalu, siapa sebenarnya Wes Anderson?

title

FROYONION.COM - Apakah FYP-mu dipenuhi dengan orang-orang yang mengunggah video pendek dengan warna color grading yang mencolok disertai #wesanderson pada caption? Atau kamu sudah ikut meramaikan FYP dengan ikut mengunggah video pendek dengan color grading mencolok seperti film-film Wes Anderson? Tapi, apakah kamu tahu siapa dan kenapa tren ini melekat dengan sosok Wes Anderson?

Wesley Wales Anderson, atau akrab dikenal sebagai Wes Anderson adalah seorang filmmaker ternama asal Amerika Serikat. Ia memulai karirnya sebagai pembuat film pada tahun 1996, dengan merilis film pertamanya Bottle Rocket. Sejak saat itu, ia aktif untuk memproduksi film-film layar lebar, termasuk beberapa di antaranya adalah film animasi. Sejak saat itu pula ia konsisten untuk membuat film dengan rumus estetikanya tersendiri. Nilai-nilai estetika tersebutlah yang belakangan ini sedang banyak digandrungi dan berseliweran di TikTok.

Bisa dikatakan jika cukup jarang kita menemukan video pendek di TikTok yang menampilkan video lengkap dengan color grading, kecuali dari akun-akun sinefil atau para pengguna TikTok yang memang suka berbagi informasi dan edukasi tentang film. Wajar saja, karena TikTok memang fokus kepada video pendek yang menghibur tanpa harus melalui proses pengambilan gambar yang kompleks seperti film.

Namun, belakangan ini banyak pengguna TikTok yang rela memberi usaha lebih untuk memperindah videonya dengan menambahkan color grading dan menggunakan teknik pengambilan gambar tertentu, agar menyerupai dan terasa seperti dalam dunia film-film Wes Anderson.

Meski begitu, ternyata tidak semua orang mampu mereplikasi estetika ala Wes Anderson dengan cukup baik dan akurat. Terdapat beberapa pengguna yang belum tahu dan paham nilai estetika yang melekat pada Wes Anderson dan apa sebenarnya tren #wesanderson itu.

Jadi, apa saja hal-hal dan estetika yang sering diasosiasikan dengan Wes Anderson?

1. PALET WARNA PASTEL DAN VIBRANT COLOR GRADING

Warna menjadi satu hal yang paling mencolok dari beragam style yang melekat pada Wes Anderson. Dalam hal ini, ia konsisten untuk menggunakan palet warna pastel untuk setiap filmnya. Ia juga menerapkan color grading yang begitu vibrant atau cerah. Sehingga dalam kebanyakan filmnya, color grading yang diterapkan terasa sangat mencolok.

The Grand Budapest, salah satu film tersukses dari Wes Anderson dapat menjadi salah satu referensi palet warna pastel yang manis. Sedangkan, The Royal Tenenbaums dapat menjadi salah satu contoh film Wes Andderson yang memuat color grading cerah dan mencolok.

Maka, untuk memeriahkan tren #wesanderson, kamu bisa menggunakan pakaian dan tempat-tempat yang memuat warna pastel dan beri color grading yang cerah, agar kamu dapat menghadirkan dunia Wes Anderson dalam video TikTok kamu!

2. TRACKING SHOTS DAN WHIP PAN

Wes Anderson cukup sering menggunakan dua teknik pengambilan gambar ini untuk membuat transisi di filmnya. Maka dari itu, tak heran jika tracking shots dan  whip pan begitu melekat dengan sosok Wes Anderson. Kamu bisa menemukan penggunaan teknik ini di seluruh film Wes Anderson, contohnya pada film Fantastic Mr. Fox, Moonrise Kingdom, dan The Grand Budapest Hotel.

Tracking shots adalah salah satu sebuah teknik pengambilan gambar yang digunakan untuk menyorot pergerakan dari karakter dalam film. Lewat pengambilan gambar seperti ini, penonton dapat ikut merasakan pergerakan-pergerakan yang dilakukan oleh setiap karakter dengan lebih nyata.

Sedangkan Whip Pan adalah pergerakan cepat kamera secara horizontal, baik ke kanan maupun ke kiri secara cepat sehingga terkadang terdapat efek blur di pergerakannya. Lewat camera movement ini, film terasa lebih hidup, karena teknik pengambilan gambar yang digunakan juga secara tidak langsung memberi tension pada sebuah adegan film.

Jadi, untuk membawa dunia Wes Anderson ke video pendekmu, kamu bisa menggunakan teknik-teknik ini untuk menciptakan transisi dari scene ke scene dalam video pendekmu!

3. FRAMING YANG SIMETRIS DAN OVERHEAD SHOTS

Satu hal yang sangat lekat dengan Wes Anderson selain pemilihan warnanya, ialah framing yang simetris. Penonton dari film-filmnya akan selalu disuguhkan scenes yang ditata dengan sangat simetris. Selain memberi nilai estetika, hal ini membantu para audiens untuk dapat fokus pada subjek, yang selalu berada tepat di tengah layar.

Tak berhenti di situ, Anderson juga kerap kali memberikan detail adegan dengan menggunakan overhead shots untuk menunjukkan benda dari arah atas atau bird view. Tak jarang, ia juga mengkombinasikan framing yang simetris dengan overhead shots yang membuat penonton dapat langsung fokus pada objek yang sedang dipegang oleh karakter dalam film.

Oleh karena itu, jangan lupa untuk memastikan subjek atau objek dalam video pendekmu selalu berada di tengah layar dan simetris. Selain berada di tengah, kamu juga bisa menggunakan komposisi lain yang tetap menunjukkan kesimetrisan pengambilan gambar untuk videomu!

Dari sekian banyaknya aspek-aspek sinematik dan estetik yang dibangun oleh Wes Anderson, hal yang paling menarik adalah kemampuan Anderson untuk menggabungkan warna cerah dengan cerita yang pilu. Wes Anderson mampu menciptakan film yang pilu dengan dekorasi estetika hangat dan colorful. Tak heran jika palet warnanya menjadi sebuah ciri khas yang melekat dan digemari banyak penonton.

Hal tersebut dapat dilihat dari pakaian merah mencolok Chas di The Royal Tenenbaums, suasana kremasi di The Darjeeling Limited, serta warna color grading dan bantalan peti mati yang terdapat di The Grand Budapest Hotel.

Tak hanya perkara warna, kegemarannya untuk menggunakan framing yang simetris juga memperindah gambar yang diambil sekaligus memudahkan penonton untuk semakin fokus dengan sebuah scene.

Nah, sudah kenal siapa itu Wes Anderson? Sudah siap memeriahkan tren #wesanderson di TikTok?

Jangan takut untuk salah ya! Meski tidak mudah untuk memahami atau mereplikasi estetika ala Wes Anderson, yang paling penting dari tren ini, tidak lain dan tidak bukan adalah kebahagiaan kamu ketika berbagi ke pengguna TikTok yang lain! (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Arvy

Musisi kamar mandi, suka Reality Club dan 1975