Trends

ADA YANG SALAH DARI ORANG DEWASA MENONTON KINDERFLIX

Banyak orang dewasa turut menonton acara anak Kinderflix. Sebagian bermaksud menemani anak, sebagian yang lain menontonnya dengan niat yang tidak sepatutnya.

title

FROYONION.COM - KinderFlix adalah saluran YouTube untuk belajar online bagi anak usia dini. Namun, herannya komentar di media sosial Instagram dan TikTok KinderFlix malah digandrungi oleh mayoritas orang dewasa.

Bagaimana bisa konten belajar bagi target audiens anak usia dini, malah meleset menjadi tontonan favorit orang dewasa? Kalian dapat melihat bahwa konten media sosial KinderFlix dipenuhi oleh komentar tidak wajar orang dewasa usia 20 sampai 30-an.

KinderFlix memiliki 4 pembawa acara, yaitu Kak Nisa, Kak Zalfa, Kak Aldy, dan Om Kumis. Keempat host tersebut mengajarkan bayi/balita untuk bisa mengenal kata pertama yang bisa diucapkan, lagu interaktif, dan pelajaran lainnya.

BERMASALAH SEJAK DALAM PIKIRAN

Orang dewasa menonton KinderFlix untuk menemani anaknya belajar tentu tidaklah salah. Yang salah adalah kalau orang dewasa menonton konten tersebut dengan tujuan lain, misalnya melakukan sexualizing pada sosok pembawa acara perempuan, yang dalam semua video sudah tampil mengenakan pakaian tertutup.

Orang dewasa yang terang-terangan melakukan pelecehan seksual di kolom komentar media sosial KinderFlix seharusnya merasa malu, apalagi yang menggunakan foto profil dan nama asli. Pelecehan seksual di media sosial tidak dapat dibenarkan, pun yang terjadi di dunia nyata.

BACA JUGA: PELECEHAN SEKSUAL MELALUI GAME VIRTUAL REALITY

Pakaian tertutup dan sasaran audiens yang jelas-jelas para bayi/ balita ternyata tidak menghalangi laki-laki dewasa untuk melakukan pelecehan seksual di kolom komentar. Orang-orang dewasa yang harusnya sudah bijak dan bisa melakukan pengawasan terhadap anak malah menjadi sosok yang harusnya diawasi.

Hal ini turut membuka mata kita semua bahwa faktor utama terjadinya pelecehan ternyata bukanlah pakaian, tapi pikiran manusia yang tidak beres. Kejadian yang menimpa pembawa acara KinderFlix membuat kita sadar bahwa jenis manusia berbahaya seperti ini nyata adanya.

UNGKAPAN RASA SEDIH OLEH KINDERFLIX

Lewat media sosialnya, KinderFlix yang berdiri sejak awal September 2023, mengucapkan terima kasih atas dukungan penonton selama ini, sekaligus ungkapan rasa sedih atas seksualisasi yang terjadi baru-baru ini.

“Kak Nisa & Friends sangat berterima kasih untuk semua yang sudah selalu positif dan support Kak Nisa & Friends, tapi kita sangat sedih dengan adanya komentar yang bertujuan negatif (seperti seksualisasi),” ucap KinderFlix di AKUN media sosial resmi mereka. 

“Semoga video KinderFlix bermanfaat selalu untuk bermain dan belajar bersama KinderFriends ya!” tutupnya.

BACA JUGA: COWOK JADI KORBAN PELECEHAN SEKSUAL? EMANG BISA?

KinderFlix selaku kreator konten edukasi perlu mendapat dukungan untuk dapat terus menebarkan hal positif. Kalian bisa mendukung aktivitas edukasi tersebut dengan melakukan report pada komentar tidak senonoh pada konten mereka—yang jumlahnya bejibun. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Fadhil

Content writer Froyonion, suka pameran seni dan museum, sesekali naik gunung