Tech

SOCIAL SPY WHATSAPP: SEGAMPANG ITUKAH SADAP WHATSAPP ORANG LAIN?

Social Spy Whatsapp, akhir-akhir ini jadi bahan omongan nih Civs. Aplikasi ini katanya bisa sadap Whatsapp orang lain. Caranya bahkan gampang banget. Tapi bener nggak sih? Cekidot.

title

FROYONION.COM - Perkembangan teknologi saat ini nggak bisa dihentikan. Semakin hari semakin terus mengalami kemajuan yang signifikan, tentunya berlangsung dengan sangat cepat. Apalagi teknologi udah banyak ngebantu di kehidupan manusia.

Di era serba canggih ini, kita banyak menemukan potensi yang merugikan dari kecanggihan sebuah teknologi digital. Misalnya saja kasus penyadapan yang sering terjadi di sekitar kita. Seperti teman, keluarga atau pacar yang mengalami penyadapan aplikasi, biasanya Whatsapp.

Akibatnya bikin pusing tujuh keliling, kerugian materil jadi kemungkinan terbesar yang akan kita alami. Penyadap akan melakukan segala cara dari hasil operasinya untuk mendapatkan uang. Meski ada beberapa dari mereka menyadap sebatas iseng pengen tahu histori pesan, tapi ini kemungkinan kecil.

Aplikasi Social Spy WhatsApp belakangan kembali menjadi perbincangan di dunia maya. Social Spy ini diklaim bisa melakukan penyadapan nomor WhatsApp orang lain untuk mengetahui histori pesan dan lain-lain. Nah loh udah ada yang pernah nyoba stalking pake aplikasi ini ?

PERTAMA KALI COBA AKSES SOCIAL SPY WHATSAPP

Gue pun coba untuk masuk dan mengakses platform Social Spy Whatsapp ini via situs resmi mereka. Langkah-langkahnya terbilang sangat mudah. Bahkan muka tampilan website langsung disuguhi kolom isian bertuliskan ‘Enter phone number’ yang mau lo sadap.

Langkah pertama yang gue lakukan adalah mencari target. Gue minta nomor temen gue buat jadi bahan percobaan kali ini dan dia setuju. Langkah kedua, gue coba masukkan nomor tersebut di kolom yang disediakan. Nggak butuh waktu lama muncul tampilan proses verifikasi.

Perlu beberapa saat untuk lanjut ke tahap berikutnya. Tapi setelah sekian lama, nggak ada perubahan sama sekali Civs. Gue rasa aplikasi ini sebenarnya hanya scam atau penipuan.

BACA JUGA: “HARI PRIVASI DATA: MOMENTUM BIAR LO LEBIH HATI-HATI SAMA KEAMANAN DATA PRIBADI

Cara verifikasinya pun bukan untuk membuktikan diri sebagai manusia, tapi justru disuruh untuk menginstal beberapa aplikasi lain. Semacam aplikasi iklan yang mencari uang melalui klik atau pemasangan aplikasi yang mereka pasarkan.

Kalo menurut gue, buat menyadap Whatsapp orang lain nggak gampang sih, apalagi aplikasi ini udah nerapin keamanan tertinggi. Masa iya gampang banget ditembus gitu aja hehe.

GINI BIAR WHATSAPP LO NGGAK KENA SADAP

Meski begitu, kita patut waspada nih Civs. Kemungkinan kita disadap bisa banget nih. Maka itu perlu adanya cara mencegah penyadapan dan beberapa hal yang bisa kita lakukan.

1. Jangan Sembarangan Buka Link

Ini penting, jangan sembarangan buka link dari orang lain dan jangan bagikan kode OTP seandainya lo terima. Banyak kan biasanya dari grup keluarga atau temen lo yang bagiin link nggak jelas. Coba untuk lebih hati-hati ya!

2. Amankan Akun Whatsapp

Langkah untuk mengamankan akun Whatsapp biar nggak kena sadap, dengan verifikasi dua langkah yang harus dilakukan. Caranya mengaktifkan verifikasi dua langkah sebagai berikut:

Klik opsi titik tiga di kanan atas, terus ke Setting > Account > Two Step Verification. Lanjut lagi klik Enable. Masukin tuh enam kode rahasia yang lo pilih. Jangan lupa  Masukkan email buat memulihkan kata kunci jika pengguna lupa.

Selanjutnya, ada baiknya aktifkan pemindai sidik jari. Jadi nggak semua orang bisa akses akun Whatsapp lo, caranya  juga gampang banget. Buka Whatsapp, klik opsi titik tiga di kanan atas, lanjut klik privasi terus pilih kunci sidik jari dan lo aktifkan.

3. Hindari Jailbreak Ponsel

Nih buat yang biasa ngeroot ponsel atau ponsel yang udah lo jailbreak. Ternyata ponsel yang udah di-jailbreak bakal rentan banget nih Civs kena virus. Ketika lo coba buka aplikasi nggak resmi atau klik link scam, ponsel yang udah di-jailbreak nggak bakal bisa lagi tuh kasih keamanan di ponsel lo.

Ponsel lo jadi nggak bisa lagi lindungi dari virus. Jadinya bakal gampang banget kena alat mata-mata. Apalagi kalo lo sering buka situs-situs scam atau nggak sengaja klik link mencurigakan. Duh gue saranin jangan deh.

4.  Pake Alat Enkripsi

Ahli di bidang forensik digital, Dusan Petricko nyaranin kalo penyimpanan ponsel harus dienkripsi buat nutupin pintu peretas yang ngelakuin pelanggaran privasi.

“Jika perangkat Anda hilang atau dicuri, bahkan musuh yang lebih maju akan memiliki sedikit atau bahkan tidak ada kesempatan untuk mendapatkan data Anda,” kata Petricko melansir Kompas.com, Senin (25/4).

Kata Dusan alat enkripsi ini bisa ditemukan di beberapa aplikasi penyimpanan kok. Caranya juga nggak susah. Demi keamanan, jadi cadangkan data yang dienkripsi biar nggak ilang.

Tetep hati-hati Civs di era yang serba digital ini, jangan sampe kena sadap ya! (*/)

BACA JUGA: “TERJADI LAGI, KEBOCORAN DATA PRIBADI DIDUGA DIALAMI PELAMAR KERJA DI ANAK PERUSAHAAN PERTAMINA

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Abdurrahman Rabbani

Cuma buruh tinta yang banyak cita-cita.