Tekno

REKOMENDASI TWS GAMING DI BAWAH 200 RIBU, PAS BUAT KANTONG PELAJAR

Saat ini, ada banyak banget produk TWS gaming dengan berbagai merk yang menawarkan kualitas terbaik. Berikut beberapa referensi buat lo yang lagi nyari TWS gaming dengan harga terjangkau dan kualitas yang nggak kalah sama TWS mahal.

title

FROYONION.COMPerkembangan perangkat audio saat ini sudah meningkat ya, Civs. Dari yang tadinya cuma untuk dengerin musik, sekarang udah berkembang untuk menunjang kegiatan lain, seperti bermain game. Perkembangan tersebut tidak hanya dari segi fungsinya, tetapi juga bentuk serta ukurannya. Kalo dulu kita biasa pake headphone sebagai perangkat untuk bermain game, sekarang kita bisa menggunakan perangkat yang lebih sederhana, dan juga mudah dibawa kemana aja. Teknologi tersebut bernama TWS, Civs.

TWS atau True Wireless Stereo merupakan hasil pengembangan dari earphone berkabel menjadi nirkabel yang membutuhkan koneksi bluetooth. 

Buat lo yang bingung nyari TWS murah dan berkualitas dengan harga di bawah 200 ribu, berikut rekomendasi yang cocok. Cuss, simak ada apa aja!

LENOVO XT92

TWS keluaran Lenovo ini udah mempunyai support bluetooth versi 5.1, sehingga bisa mendukung sebagian besar perangkat bluetooth dan konsumsi daya yang lebih rendah. Untuk dayanya nggak usah khawatir, kasing dari TWS Lenovo XT92 ini, memiliki daya sebesar 500 mAh, lo bisa mengisi penuh daya TWS lo sampai dengan 5 kali. Untuk earbudsnya sendiri memiliki daya 40 mAh. Cocok banget buat yang hobi nge-game dan juga dengerin musik sampai 8 jam.

Lenovo XT92 TWS Earbud Gaming Earphone Bluetooth Latensi Rendah Headphone  Bluetooth Nirkabel 5.1 Headset Kontrol Sentuh|Earphone & Headphone| -  AliExpress
Tampilan Lenovo XT92 (Foto : www.newegg.com)

Kalo lo tipe yang gampang banget keringetan, tenang aja, soalnya TWS ini udah memiliki teknologi tahan air. Lenovo XT92 ini juga punya unit drive ganda 10 mm, jadi lo bisa nikmatin musik atau main game dengan suara bass dalam yang kuat.

TWS ini memiliki tingkat latensi yang rendah, Civs. Latensi rendah tersebut berfungsi untuk mengurangi kebisingan saat menggunakannya. Jadi lo nggak bakal terganggu sama suara-suara dari luar sehingga mendukung lo untuk memiliki pengalaman main game yang lebih baik. 

Nggak ketinggalan teknologi sensor touch dari Lenovo XT92 ini udah mendukung high and low volume setting, previous or next song setting, receiving call, dan rejecting call setting. Untuk charging plug-nya udah pake charger type C juga. TWS ini sendiri dibanderol dengan harga mulai dari 150 sampai dengan 199 ribu aja, Civs.

VOULAO GM-1

Volau GM-1 ini cocok untuk kalian yang suka main PUBG atau Mobile Legend, Civs. Soalnya TWS ini memberikan pengalaman gaming yang imersif dalam suara surround dan juga stereo imersif dengan masa pakai baterai yang tahan lama, suara yang nyaring, bass yang kaya, mid jernih, hingga treble yang seimbang.

Tampilan Voulao GM-1 (Foto : Voulao Indonesia)
Tampilan Voulao GM-1 (Foto : Voulao Indonesia)

Untuk mengisi dayanya, lo cuma butuh waktu 1 jam sampai daya TWS terisi penuh. Kasing dari TWS ini sendiri bisa tahan sampai dengan 35 jam loh, jadi lo bisa ngisi earbudsnya 2 sampai 3 hari. Untuk port pengisian daya, TWS keluaran Voulao ini udah pake Type C.

Selain nge-game, lo juga bisa pake TWS ini buat dengerin musik, menjawab atau menolak panggilan telepon, mengatur volume, next dan previous lagu dengan touch sensor pada earbudsnya. TWS yang bisa digunakan dengan jarak transmisi sampai 10 meter dan support di smartphone android maupun iOs ini bisa lo dapetin dengan harga 180 ribuan aja, Civs.

X6 TWS GAMING EARBUDS

TWS yang satu ini punya tampilan yang unik, Civs. Terdapat indikator daya LED pada kasing dari TWS X6 ini yang mana dapat memudahkan penggunakanya untuk mengetahui presentasi daya baterainya. Jika dilihat sekilas, tampilannya juga mirip-mirip sama tamagotchi, mainan jadul jaman kecil dulu.

Tampilan X6 TWS Gaming Earbuds (Foto : www.shopluxtt.com)
Tampilan X6 TWS Gaming Earbuds (Foto : www.shopluxtt.com)

Yang lebih menarik lagi, TWS ini udah punya versi bluetooth 5.1 yang minim delay. Selain itu, TWS ini udah menggunakan Type-C untuk mengisi daya baterainya. Untuk Wireless Profile-nya udah cukup banyak, yakni A2DP/HFP/HSP/AVRCP cukup lengkap untuk TWS gaming dengan harga 170 ribuan. 

Lo juga bisa menggunakan earbuds ini sampai dengan jarak 10 meter, Civs. Untuk pengisian daya baterai casing-nya butuh waktu 2 jam sampai dengan daya penuh. Dengan waktu segitu, lo bisa pake earbuds ini selama 5 jam dan casing-nya sendiri bisa tahan sampai dengan 3 hari. 

Kelemahan dari TWS ini yaitu jika dipakai untuk game FPS seperti PUBG  terasa sedikit delay. Akan tetapi, untuk game MOBA seperti Mobile Legend masih terbilang playable dan minim delay.

ZNT GAMEPODS MAX

Sekilas, tampilan dari TWS Gamespods Max ini mirip dengan burung hantu, Civs, kalo lampu indikator dari earbuds-nya menyala dan terlihat transparan saat di-charge. TWS ini menjadi salah satu yang paling dicari oleh para gamers, soalnya selain sisi desainnya yang unik dan menarik, TWS ini punya kualitas suara yang baik. Apalagi kalo dipake buat main game, delay-nya cuma di kisaran 0,1 detik aja, Civs. 

Tampilan ZNT Gamepods Max (Foto : ZNT Official Store)
Tampilan ZNT Gamepods Max (Foto : ZNT Official Store)

TWS ZNT Gamepods Max sendiri merupakan versi upgrade dari pendahulu sebelumnya, yakni ZNT Gamepods. TWS ini cocok untuk kalian yang suka main PUBG atau Mobile Legend dengan koneksi yang stabil. Dilengkapi dengan teknologi noise cancelling yang dapat mengurangi kebisingan.

TWS ini memiliki dua mode antara lain gaming mode dan juga music mode. Untuk mengaktifkan gaming modenya, lo cuma perlu menyentuh sensor pada earbuds sebanyak empat kali. Sebaliknya, untuk mengembalikan ke music mode juga lakukan hal serupa.

Untuk mengisi daya baterai casing-nya yang memiliki daya 500 mAh, lo cukup charge selama 1 – 1,5 jam aja. Daya tahan baterai earbudsnya sendiri bisa tahan sampai dengan 5 jam.

Sayangnya versi bluetooth dari TWS ini masih menggunakan bluetooth versi 5.0. Walaupun masih menggunakan versi 5.0, tapi tingkat delay dari ZNT Gamepods Max ini sangat rendah banget, sehingga membuat pengalaman bermain game jadi lebih nyaman. Untuk harganya sendiri dibanderol mulai dari 170-250 ribuan aja, Civs.

Itu dia beberapa rekomendasi TWS gaming sebagai referensi buat lo yang lagi nyari TWS murah dengan kualitas yang bagus, Civs. Yang mana nih yang paling cocok buat kalian? (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Annisa Paramadina Rahmi

Mahasiswa nyambi freelancer