Tekno

MENJADI MANAJER SEPAKBOLA MELALUI GAME TOP ELEVEN

Sebuah game online yang memberi wawasan menjadi manajer tim sepak bola profesional, game yang membutuhkan strategi jitu supaya dapat menjadi juara di akhir musim, detailnya di sini, Civs.

title

FROYONION.COM - Anak-anak muda jaman sekarang juga pasti mengenal game Top Eleven, permainan manajer online ini merupakan salah satu permainan yang cukup ramai di Indonesia. 

Game ini merupakan karangan dari “Nordeus”, mereka membuat game ini sekitar tahun 2010. Saat ini, Top Eleven merupakan game yang bisa di pasang atau di download pada android.

Permainan ini merupakan sebuah simulasi kita sebagai manajer profesional. Dengan membentuk tim sendiri, mengelola pembiayaan klub, sponsor, keuangan, dan lain sebagainya.

Game ini dapat dimainkan dengan teman-teman kalian yang berada di luar negeri juga lho Civs. Bermain Top Eleven dengan teman-teman tongkrongan kalian juga pastinya akan lebih asik ya Civs.

APA ITU TOP ELEVEN?

Top Eleven merupakan sebuah game yang dikarang oleh “Nordeus” pada tahun 2010 di Facebook, namun setelah melihat antusiasme orang-orang yang banyak, maka diputuskan pada tahun 2011, Top Eleven membuat versi mobile-nya untuk Android. Pada tahun 2013 memasang wajah Jose Mourinho sebagai maskotnya.

Dalam permainan ini, para pemain bisa mendapatkan tips dari karakter Jose Mourinho, tidak hanya itu, kita juga bisa menantangnya untuk bermain. Di tahun 2017-2018, tim Liga Primer Inggris juga sempat disponsori oleh Top Eleven.

Seperti Manajer pada umumnya, kita harus bisa membentuk tim yang bagus supaya dapat naik menuju level berikutnya. Saat ini, klub yang mengakhiri klasemen di urutan 1-8 berhak naik ke level berikutnya, sedangkan peringkat 9-14 harus tinggal di level tersebut.

Klub yang menempati peringkat 1-4 dapat mengikuti Liga Champions, sedangkan untuk peringkat 5-8 mengikuti Liga Super.

BERPERAN SEPERTI MANAJER SUNGGUHAN

Setiap manajer wajib menyusun formasi yang terdiri dari pemain inti dan cadangan. Posisikan pemain didalam lapangan dengan posisi yang sesuai dengan kemampuannya. Selain itu, pemain juga memiliki karakteristik yang berbeda-beda, sehingga jangan sembarangan menaruh mereka di posisi yang tidak sesuai, karena hal tersebut dapat mempengaruhi penampilan pemain maupun tim kita sendiri.

Dalam permainan ini, terdapat kode-kode posisi pemain tersebut, masing-masing berada di sebelah namanya, misalnya GK (Goalkeeper), CB (centre back), dan lain sebagainya.

Pada saat pertandingan, manajer juga dapat memberikan arahan kepada pemain yang ada di lapangan. Dengan memberikan bonus pada saat berlangsungnya pertandingan, bonus bisa di dapatkan pada saat manajer melatih tim pada menu latihan, dengan memilih jenis latihan yang akan dilakukan.

Bonus ini terdiri dari bonus menyerang, pertahanan, penguasaan, dan kondisi, bonus tersebut hanya diberikan pada saat pertandingan berlangsung, tetapi bila pada saat suatu pertandingan manajer tidak memberi bonus apapun, bonus tersebut tidak akan hangus.

Selain itu, manajer juga harus bisa melatih tim dengan baik, usahakan manajer menggunakan jenis latihan (drill) yang sesuai dengan strategi yang akan  diterapkan, jangan menekan pemain terlalu keras, karena hal tersebut dapat membuat para pemain kelelahan. Dalam pertandingannya terdiri dari beberapa turnamen, diantaranya adalah Liga, Liga Champions atau Liga Super, dan Piala Liga.

Sebagai pelatih, strategi yang digunakan juga harus berbeda-beda supaya permainannya tidak mudah dibaca oleh lawan. Kita harus mengetahui kapan kita harus menyerang maupun kita harus bertahan.

Membangun tim juga perlu formasi yang sesuai dengan kapasitas pemain kita, apabila tim kita tidak mempunyai seorang sayap, maka jangan paksakan untuk membuat formasi menggunakan sayap, karena setiap pemain sudah mempunyai keunggulan mereka masing-masing. Gunakan formasi serta strategi yang sesuai, sehingga kalian bisa menjadi juara dan mendapatkan hadiah yang diinginkan. 

Bermain Top Eleven juga dapat melakukan transfer pemain, cara yang paling mudah adalah dengan melakukan lelang. Kita dapat melelang pemain kita sendiri dan membeli pemain klub lain dari lelang tersebut. Cara membelinya dengan cara menggunakan keuangan klub serta token yang kita punya. Hal-hal tersebut perlu dikelola dengan baik, supaya klubmu tidak bangkrut. 

Kita juga dapat membangun sebuah stadion, pusat pelatihan, maupun fasilitas lainnya untuk klub kita sendiri. Dengan mengelola keuangan dengan baik, maka suatu saat pasti akan mempunyai stadion besar serta fasilitas-fasilitas yang baik juga, sehingga klub kita bisa menjadi lebih besar. 

WAJIB MENCOBA TOP ELEVEN

Kenapa saya katakan wajib? Karena Top Eleven versi Android ini sudah cukup banyak mendapat ulasan yang positif. Apalagi dengan adanya fitur 3D, menjadikan Top Eleven semakin menarik untuk dimainkan. Karena dari grafis dan permainannya menjadi lebih nyata. 

Apalagi Top Eleven sekarang memunculkan fitur cuaca, hal ini semakin membuat menarik, karena cuaca juga akan mempengaruhi gaya permainan dari pemain-pemain yang kita mainkan saat itu. Hal ini juga menjadikan sebuah tantangan untuk seorang Manajer (kita sebagai pemerannya), karena cuaca juga dapat merubah gaya permainan yang direncanakan sebelumnya.

Selain itu, kita sebagai pemain juga bakal disajikan dengan menyaksikan tahap perkenalan tim sebelum memulai pertandingan. Hal ini mirip seperti yang kita lihat di acara televisi sungguhan. Hal ini sungguh menjadikan suatu keseruan tersendiri untuk menikmati pertandingan yang akan dilakukan.

Kapan lagi coba Civs mencoba permainan ini? Kita berperan langsung sebagai pelatih serta mengelola tim sendiri, ini merupakan hal yang sangat asik untuk kita sebagai pecinta sepak bola. Apalagi dengan fitur-fitur yang diberikan, kita juga dapat membuat maupun memilih logo klub dengan kreativitas kita sendiri, serta memberi nama klub dengan bebas. Ini juga dapat mengeluarkan ide-ide kreatif kita sebagai anak muda.

Dengan bermain Top Eleven, kita juga bisa mengasah kemampuan melatih kita, sejauh mana kita dapat membuat tim kita berjaya.

Gimana Civs tertarik untuk mencobanya? (*/)

BACA JUGA: PELATIH-PELATIH BERKELAS DUNIA DATANG KE LIGA 1, INI EMPAT DAMPAK POSITIFNYA BAGI KLUB MAUPUN TIMNAS

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Yudha Persada

Seorang freelancer yang sedang mencoba mengembangkan skill menulis di Froyonion.com.