Tech

KENALIN GOOGLE PIXEL 7, ALTERNATIF BUAT LO YANG NYARI KAMERA BAGUS SELAIN IPHONE

Kebanyakan anak muda kalau mencari smartphone dengan kamera bagus ya larinya ke iPhone. Padahal ada smartphone terbaru dari Google, yaitu Google Pixel 7 dan Pixel 7 Pro.

title

FROYONION.COM - Berbicara mengenai smartphone yang cocok buat ngonten  untuk saat ini, pasti nggak bisa lepas dari IPhone, karena memang smartphone buatan Apple ini selalu menghasilkan produk-produk yang unggul dan ditunggu-tunggu oleh penggemarnya. 

Bahkan di Indonesia sendiri sampai ada tren tersendiri di TikTok, konten yang menurut gue agak annoying dan cringe juga sih, “Malu boss!! Temenan kok sama user Android” kalian pasti pernah melihat konten kayak gini mampir di FYP.

(Sumber foto: Google Store)
(Sumber foto: Google Store)

Hal ini menunjukkan bahwa orang Indonesia sangat menyukai produk Apple yang satu ini, cukup bisa mirror selfie ada logo apel kegigit bakalan dapat validasi dari tongkrongan. 

Padahal menurut gue ada smartphone dari Google yang baru dirilis di akhir tahun ini, yaitu Google Pixel 7 dan Pixel 7 Pro. Google meluncurkan dua ponsel ini pada Kamis, 6 Oktober 2022. Ponsel milik Google ini dibanderol di kisaran USD 600 atau sekitar Rp 9,1 jutaan. Sementara itu, harga Pixel 7 Pro akan dibanderol senilai USD 900 atau sekitar Rp 14 jutaan.

BACA JUGA: SMARTPHONE ROLLABLE SCREEN: GEBRAKAN YANG BIKIN PUSING PARA PENJUAL CASING HP

DESAIN KEREN SEPERTI ROBOCOP

(Sumber foto: Google Store)
(Sumber foto: Google Store)

Desain ini mengingatkan gue dengan helm Robocop Civs wkwkw. Hal itu dapat dilihat dari frame kamera belakang yang dibuat horizontal dan dipasang memanjang hingga ke sisi bodi, sehingga terlihat lebih menyatu dengan keseluruhan bodi.

Pixel 7 ini memiliki tiga kamera utama yang sangat canggih dan sangat cocok buat ngonten, dijamin anti burik burik kalau di upload di sosial media.

SKOR KAMERA TINGGI

Kualitas kamera Google Pixel memang dicap sebagai yang terbaik dibanding produk ponsel pintar lainnya juga terus dikembangkan. Google meningkatkan resolusi kamera belakang di Google Pixel 7 menjadi 50 MP, sehingga bisa menghasilkan gambar yang lebih tajam dibanding Google Pixel 6. Bahkan dilansir dari situs Dxomark yang merangking dan mengetes berbagai kamera smartphone,  posisi Google Pixel 7 lebih unggul dibandingkan iPhone 14 Pro Max.

(Sumber foto: dxomark)
(Sumber foto: dxomark)

Kedua seri ponsel, Pixel 7 dan Pixel 7 Pro, dilengkapi dengan sensor kamera depan, belakang, dan lebar yang sama. Satu-satunya perbedaan adalah lensa zoom di Pixel 7 Pro.

Perbedaan lain di Pixel 7 Pro adalah kapasitas memori, yang membuatnya bisa lebih mulus dalam mengoperasikan beberapa aplikasi sekaligus. Selain itu, resolusi displaynya lebih tinggi dengan tingkat refresh setara iPhone 14 Pro Max.

Google Pixel 7 Pro memiliki empat kamera, tiga di belakang dan satu sebagai kamera selfie-nya. Beda dengan smartphone Android kelas flagship yang menggunakan sensor Sony IMX 766, Google Pixel 7 Pro justru menggunakan kamera 50 MP bersensor Samsung ISOCELL GN1.

Dengan bukaan lensa yang besar, kamera 50 MP smartphone ini juga sensitif terhadap cahaya. Pantas saja kalau Google Pixel 7 Pro mengandalkan pemotretan malam sebagai salah satu fitur kamera unggulan. Makanya cocok banget buat lo yang suka bikin konten dengan HP.

FITUR AI YANG SANGAT KEREN

Ditambah, dengan adanya fitur Super Res Zoom yang dibantu AI (Artificial Intelligence) Google yang membuatnya dapat menangkap gambar dengan perbesaran digital sampai 30 kali dengan hasil yang menakjubkan. Sama dengan kamera utama.

Kemudian kamera selfie yang menggunakan sensor 10,8 MP, menurun dari sebelumnya 11,1 MP. Kendati menurun, Google mengklaim kalau kamera ini tetap menghasilkan foto selfie yang berkualitas tinggi karena sensor yang lebih terbaru.

Makanya buat pengguna iPhone harus kenalan dengan smartphone keluaran Google. Google baru saja merilis ponsel model terbaru mereka, Pixel 7 dan Pixel 7 Pro. Dua model ini adalah ponsel pertama Google yang menggunakan chip Tensor G2 buatan sendiri seperti chip A16 bionic punya Apple.

Dengan beralih dari chip buatan Qualcomm ke chip Tensor G2 buatan sendiri, Google mampu menawarkan fitur dan teknologi yang tidak bisa disediakan di smartphone sebelumnya.

Beberapa fitur yang dimaksud adalah fungsi kecerdasan buatan yang mendukung kekuatan zoom dan kualitas kamera serta teknologi penerjemahan real-time.

Untuk kapasitas penyimpanan, Pixel 7 dirilis dalam model 128 GB dan 256 GB. Pixel 7 Pro yang lebih mahal, tersedia dengan kapasitas penyimpanan 512 GB.

CARA BELI PRODUK GOOGLE PIXEL

Mungkin ini juga menjadi kekurangan kenapa Google Pixel masih sulit dijumpai di Indonesia, karena memang tidak dijual resmi di Indonesia. Alasannya karena pada smartphone tersebut memiliki sebuah fitur bernama Motion Sense. Fitur ini bekerja seperti halnya radar yang tertanam pada smartphone dari Google tersebut.

Fitur ini ternyata dianggap menyebabkan masalah yang membuat HP ini ditolak di beberapa negara. Penolakan tersebut karena adanya lisensi spektrum yang bekerja pada frekuensi mulai 60 GHz. Untuk bisa menggunakan fitur ini pada sebuah HP, maka vendor atau produsen harus meminta izin ke negara tujuan pasar.

Tapi lo bisa beli Google Pixel lewat Google secara langsung via online dan dikirim ke Indonesia. Atau lewat jasa berbagai website jastip luar negeri yang terpercaya seperti titipbeliin.com atau lewat grup Facebook yang cukup banyak komunitasnya. Cari aja Google Pixel gitu, banyak banget grupnya.

Mungkin Google juga belajar dari kasus seri Nexus sebelumnya yang tidak terlalu laku di pasar Indonesia (walaupun pernah menggandeng Samsung sekalipun), apalagi seri Pixel harganya sedikit lebih mahal dibandingkan Nexus, meskipun nggak terlalu tinggi juga.

Jadi gimana Civs udah kena genjutsu gue soal Google Pixel belum? kalau lo punya duit lebih bisa dengan nyobain Google Pixel 4 dulu yang harganya sekarang hanya sekitar 2-4 jutaan saja. Buat ngerasain sensasi Android asli dari Google. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Muhamad Irfan Kusbiantoro

Warga sipil biasa yang kebetulan menjadi mahasiswa sastra arab tapi selalu merasa salah jurusan