Tekno

CINDRUM: METAVERSE KARYA INDONESIA

Kata orang, hidup di masa depan itu namanya nggak mindful dan halu. Tapi, kalo bikin karya yang bisa berpengaruh ke perkembangan negara,  masih bisa dibilang halu nggak?

title

FROYONION.COM - Lo pasti udah nggak asing dengan istilah crypto, NFT, metaverse, dan sebagainya kan? Emang sejak tahun lalu, pembahasan soal hal-hal tersebut lagi anget-angetnya. Yang tadinya kripto diblokir di Indonesia, sekarang udah mulai longgar bahkan dijadikan instrumen investasi. Non Fungible Token (NFT) yang dulunya dibilang nggak meyakinkan, sekarang makin menunjukkan taringnya dari kalangan seniman sampe orang biasa. 

Metaverse juga sama. Buat yang belom tahu metaverse itu apaan, metaverse  adalah dunia berbasis virtual-realitas yang memungkinkan penggunanya untuk berinteraksi dengan orang lain hingga bermain seperti halnya di kehidupan nyata. 

Pernah nonton anime ‘Sword Art Online’? Nah, kayak gitu bayangan metaverse. Sebuah dunia virtual yang bisa kita kunjungi hingga tinggali. 

Dari anime itu kan kesannya kayak seru banget ya bisa berinteraksi di metaverse? Hal ini jadi bikin manusia bertanya-tanya, penasaran, dan akhirnya menjadikan metaverse itu menjadi kenyataan lewat virtual reality game. 

Tapi, kayaknya kurang afdol ya kalo metaverse cuma terwujud dalam bentuk game. Dengan segudang kemungkinan yang bisa terjadi di metaverse, ada lebih banyak hal yang bisa kita lakukan di sana. 

Coba bayangin, gimana kalo kita bisa jual-beli, pesen makan, bahkan sampe pesen barang dan dianter sampe rumah lo, hanya lewat metaverse

Percaya deh, semua ini bisa aja diwujudin sama CINDRUM. 

DARI INTERAKSI SAMPE JUAL BELI

CINDRUM adalah sebuah metaverse yang memungkinkan untuk penggunanya untuk melakukan apa aja yang ada di dunia nyata, ke dunia virtual. Dengan moto Bridging Your Fantasy and Reality, CINDRUM menjadi salah satu metaverse buatan Indonesia.

Metaverse CINDRUM sendiri udah bisa lo unduh di Google Play Store saat ini. Di dalam CINDRUM, tersedia beberapa maps yang tersedia seperti lobby, shopping mall, gallery, arcade, lounge, dan permainan squid game. Iya, ada permainan squid game yang viral itu di dalem CINDRUM. 

Masing-masing maps yang tersedia ini punya fungsinya masing-masing. Misalnya, kalau di shopping mall berguna untuk tempat jual beli yang nantinya penjual bisa beneran jualan di sini. Adapun semua transaksi yang dilakukan memakai token CIND yang ada di dalam blockchain Ethereum. 

Beda lagi sama gallery yang wujudnya lebih mirip museum. Di gallery, para pengguna bisa banget memasang karya NFT-nya untuk kemudian juga bisa dilelang di CINDRUM. 

Di dalem CINDRUM lo bukan hanya bisa berinteraksi dengan pengguna lain, tapi juga bisa menghasilkan duit di metaverse ini. Bahkan nggak usah repot-repot, jalan-jalan di CINDRUM aja udah bisa dapet CIND loh, Civs. 

“Di CINDRUM akan sangat memungkinkan untuk penjual bisa jualan produknya di CINDRUM. Ke depannya, akan sangat memungkinkan juga untuk produk itu bisa sampe ke depan lo di dunia nyata,” jelas Dego, Community Manager di CINDRUM. 

foto tangkapan layar dari metaverse cindrum
Beberapa tempat yang tersedia di metaverse CINDRUM (Foto: CINDRUM)

BANTU PEMASARAN UMKM

Saat ini CINDRUM memang masih dalam tahap pengembangan yang prosesnya terlihat sure and steady. Bahkan menurut Dego, CINDRUM juga bisa membantu pengembangan Indonesia khususnya di bidang ekonomi. 

“Kami rasa CINDRUM juga bisa membantu UMKM di Indonesia untuk bisa memasarkan produknya ke kancah internasional. Karena, lewat metaverse kita bisa ketemu siapa saja dan dari mana aja. Poin plusnya, karena pakai CIND, transaksinya juga jadi transparan karena bisa dilihat di blockchain,” kata Dego dengan antusias. 

Hal ini juga jadi salah satu keunggulan bertransaksi menggunakan crypto karena seluruh transaksi akan terlihat dengan transparan serta bisa diakses siapapun lewat blockchain. Kalau masih bingung, coba nonton video di bawah ini. 

Selain jual-beli, berbagai aktivitas lain juga bisa lo lakukan di CINDRUM. 

Sebut saja pengen nikah tapi nggak mau nyewa gedung gede yang menghabiskan ratusan sampe miliaran Rupiah? Nikah di CINDRUM aja. 

Nggak pengen kuliah tatap muka apalagi ketemu sama dosen yang killer? Kuliah lewat CINDRUM aja.

Pengen meeting sama klien tapi mager ketemuan karena lo di Jakarta dan klien lo di Jerman? Bisa meeting lewat CINDRUM juga. Nggak kayak meeting pada umumnya yang cuma memunculkan video kotak-kotak, di CINDRUM lo bisa meeting pake 3D avatar yang bebas lo kostumisasi sesuka lo. 

Kerja pun berasa lagi main, Civs. 

Intinya, sangat besar kemungkinan-kemungkinan yang bisa terjadi dan hal yang bsia lo lakukan di CINDRUM. Rencananya, tahun 2024 CINDRUM udah bisa digunakan secara menyeluruh oleh semua orang, Civs. 

Kita tungguin dan dukung aja supaya proyek CINDRUM ini bisa cepet beres. Jadi nggak sabar punya dunia virtual baru yang tentunya bakal seru (*/Foto: dok. Cindrum) 

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Grace Angel

Content writer Froyonion, tukang nulisnya Bang Roy dan supplier permen kantor