Tech

BUAT WEBSITE SEMAKIN MUDAH DENGAN WEB BUILDER

Berikut adalah beberapa website builder yang bisa lo manfaatin untuk ngebangun website bisnis toko online, blog atau bahkan website portofolio lo dengan cara yang lebih mudah tanpa perlu paham codang-coding. Mari simak selengkapnya, Civs!

title

FROYONION.COM - Dengan cepatnya informasi dan majunya sistem teknologi saat ini, menjadikan beberapa pekerjaan-pekerjaan manusia khususnya pekerja kreatif dan industri media kreatif bisa dibilang semakin dimudahkan, seperti inovasi website builder ini contohnya. 

Tapi apa si website builder,Civs?

Singkatnya website builder adalah suatu software/web yang memungkinkan lo untuk mencoba membuat website apapun dengan cara yang lebih instan tanpa perlu memerlukan keahlian coding-mengcoding. Sebab dalam penggunaan web builder sendiri memang diperuntukan untuk membuat website dengan cara yang lebih mudah dan cepat tanpa perlu pusing menggunakan cara-cara manual. Ada banyak sekali software web builder dengan berbagai jenis dengan segala kelebihan dan kekurangan.

Dan biasanya software atau aplikasi ini biasa disediakan oleh perusahaan layanan web hosting dengan berbagai macam, baik berbayar ataupun gratisan.

Namun, banyak juga yang menyediakan layanan web builder ini secara gratis dengan berbagai bentuk template yang bisa kita gunakan. Kita hanya perlu pilih template yang ada, kemudian kita bisa custom template dengan cara drag and drop sesuai dengan kebutuhan dan desain yang kita mau, dan terakhir kita bisa langsung hosting dan online-kan website kita saat itu juga. Tetapi di samping itu memang biasanya kita diharuskan untuk upgrade jika menginginkan fasilitas-fasilitas lebih seperti design template lain mungkin yang lebih eksklusif atau keuntungan nama domain gratis dan lain sebagainya.

MANFAAT WEBSITE BUILDER 

Dengan segala kemudahan yang diberikan, ada banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan menggunakan web builder untuk membangung website kita lebih menarik, berikut manfaatnya ;

Pertama, kita bisa menghemat waktu dan biaya. Dengan cepatnya proses pembuatan website melalui web builder, karena hanya perlu drag and drop saja dengan design template yang disediakan, jadi kita lebih bisa menghemat dan nggak banyak ngebuang-buang waktu bikinnya. Misalnya kita bisa sesuaikan design template dengan tren anak muda Indonesia atau budaya anak muda Indonesia. 

Selain itu, dengan biaya pembuatan dan maintenance yang relatif lebih murah karena kita nggak perlu bayar jasa seorang web programmer, jadi kita bisa lebih menghemat biaya untuk mengalokasikan dana ke hal-hal lain yang lebih bermanfaat mungkin. Semisal untuk development produk atau lain sebagainya. 

Kedua, mudah digunakan/ user friendlyWebsite builder memang dibuat dan didesain bukan hanya untuk profesional aja, tapi juga mudah digunakan untuk orang awam yang nggak begitu mengerti dunia web programming. 

Ketiga, nggak harus mesti paham dengan bahasa pemrograman. Kalian nggak harus mesti paham tentang bahasa-bahasa pemrograman seperti HTML, CSS, PHP ataupun JavaScript untuk membuat website. 

Ketimbang mengeluarkan cost yang cukup banyak untuk membuat sebuah website sederhana maupun profesional lebih baik kita manfaatkan teknologi web builder ini dengan sebaik mungkin bukan?

Keempat, banyak design template yang bisa digunakan. Banyaknya design template yang tersedia, membuat kita hanya perlu mengganti sesuai keinginan kita aja dan website kita juga nggak bakal kalah keren dengan website profesional lain.

Nah, selanjutnya gue akan kasih kalian rekomendasi website builder yang bisa kalian gunakan dengan gratis, berikut di bawah;

CONTOH 5 WEB BUILDER YANG BISA DICOBA TAHUN 2022

Pertama, lo bisa coba WordPress yakni sebuah website/ aplikasi dekstop yang bisa dibilang cukup populer sebagai tools untuk membuat website dengan mudah serta efektif dengan hasil berbentuk file dan merupakan layanan website instant. Bisa dibilang website-website di Google juga hampir seluruhnya dibuat dari WordPress ini, seperti blog pribadi hingga portofolio pribadi maupun website bisnis. 

Dalam mengembangkan dan membuat website di WordPress bisa dibilang cukup gampang loh, Civs. Lo hanya perlu mengkombinasikan plugin page builder seperti Elemator dan Divi untuk mendukung dalam membangun website lo. Lo bisa cek di sini  https://wordpress.com/id/ .

Kedua, Weebly. Ini juga termasuk website builder gratis yang mudah digunakan dengan user interface-nya yang simpel sehingga nggak perlu banyak waktu untuk mempelajari. Di Weebly juga banyak sekali design template yang bisa kita gunakan. Selain menawarkan pembuatan website secara gratis weebly juga dilengkapi dengan Content Management System (CMS) dan sistem autosave, jadi lo nggak perlu takut kehilangan projek website lo karena datamu pasti sudah otomatis di-save oleh sistem. Lo bisa coba di sini https://www.weebly.com/ 

Alternatif ketiga adalah Wix yang juga lumayan populer untuk membuat atau mengembangkan sebuah website saat ini, dengan berbagai template yang bisa digunakan secara gratis serta memiliki pengoperasian yang cukup mudah pada saat mengatur desain tampilan hingga memiliki berbagai widget yang bisa kita gunakan sesuai kebutuhan kita membuat website builder ini cukup banyak digunakan. Kalian bisa coba untuk membuat website blog, portofolio, maupun website lain di sini https://www.wix.com/mystunningwebsites/illustration

Keempat ada Squarespace, sebuah website builder yang bisa dibilang sangat responsif dan cukup mudah dipakai karena kita nggak perlu ngerti coding namun kita tetap masih bisa membuat website yang nggak kalah keren dari website lain serta yang menarik yaitu Squarespace bisa kita operasikan melalui mobile phone seperti Android maupun iOS loh, Civs. Dan tersedia berbagai macam design template yang bisa kita gunakan ditambah dengan ada fitur SEO serta fitur toko online yang bisa membantu untuk proses jual beli. Lo bisa cek di sini https://www.squarespace.com/ 

Terakhir adalah Zyro yang juga termasuk website/ software yang bisa lo coba di tahun 2022 ini untuk mengembangkan dan membangun website sesuai kebutuhan lo nih, Civs. Dengan berbagai design template yang menarik lo juga bisa bersaing dengan web-web lain tanpa perlu paham bahasa pemrograman. Lo bisa coba website-nya di sini https://zyro.com/id.

Nah, jadi itu kurang lebih sejumlah website yang bisa lo coba di tahun 2022 ini. Ada yang lo tahu tapi belum masuk di daftar ini? Komen di bawah deh. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Tegar Widodo

Freelancer