Tech

BIKIN KONTEN JADI LEBIH ASIK, DENGAN TOOLS INSTAGRAM YANG UNIK

Zaman sekarang semua orang sudah mulai memanfaatkan media sosial untuk keperluan bisnis atau konten mereka, salah satunya adalah instagram. Biar akun instagram lo lebih menarik, lo bisa memanfaatkan tools-tools yang ada agar manajemen kontennya lebih bagus.

title

FROYONION.COM - Setiap hari semakin banyak orang memanfaatkan media sosial untuk keperluan bisnis atau buat mereka yang ingin jadi kreator konten. Apalagi menurut data dari We Are Social, salah satu perusahaan media sosial asal Inggris, menyebutkan jumlah pengguna aktif media sosial di Indonesia sebanyak 191 juta orang pada Januari 2022. Jumlah itu telah meningkat 12,35% dibandingkan pada tahun sebelumnya yang sebanyak 170 juta orang.

Salah satu media yang saat ini sedang ramai digunakan untuk keperluan bisnis dan kreator konten adalah instagram. Instagram merupakan platform dengan jumlah pasar yang sangat besar. Hal tersebut membuka peluang yang luas bagi para pebisnis dan konten kreator untuk menawarkan produk atau jasanya kepada banyak orang, yang mana hal tersebut tidak bisa dijangkau melalui platform lainnya misal dengan memasang iklan di jalan raya atau billboard.

Hal ini menjadi peluang yang sangat menjanjikan di sektor industri kreatif pastinya, apalagi buat lo anak muda yang sekarang sedang mengembangkan bisnis di instagram atau sedang membangun platform digital sebagai kreator konten . Pastinya sangat membutuhkan bagaimana optimasi akun instagram agar lebih profesional dan enggak asal-asalan. 

Nah, untuk mencapai hal tersebut lo juga harus tahu dong tools yang bisa membantu meningkatkan optimasi akun Instagram lo supaya bisa semakin menambah value, atau nilai dari akun lo. Supaya akun instagram bisnis yang sedang lo kelola punya insight, reach dan engagement yang lebih meningkat, bisa menjangkau banyak orang, dan menghasilkan cuan. Berikut beberapa hal yang harus lo perhatikan:

1. MANAJEMEN KONTEN

Buat lo yang punya akun bisnis hal ini akan sangat membantu agar postingan lo lebih tertata rapi dan enggak asal posting aja, salah satunya dengan membuat kalender konten. hal ini juga bisa membantu lo agar lebih mudah menganalisa traffic dan engagement mana dari konten lo yang banyak disenangi orang. 

Lo bisa membuat kalender konten dengan memanfaatkan Google Spreadsheet dan lo bisa menggunakan Creatorstudio.com tools yang bisa lo gunakan untuk membuat jadwal postingan di Instagram. Dan tools ini juga bisa memberikan data analisis mana dari konten lo yang lebih disukai banyak orang. 

Sebelum mempostingnya lo juga bisa preview dengan double check atau triple check dulu postingan yang akan naik agar enggak salah upload, intinya sih teliti. Website ini juga sangat mudah digunakan dan pastinya dapat diakses secara gratis.

2. TULIS HASHTAG

Buat lo generasi milenial pasti udah enggak asing lagi dengan yang namanya hastag, hastag merupakan cara untuk memperluas jangkauan postingan lo. Jadi ketika lo menggunakan hashtag untuk feed dan story, maka postingan itu akan muncul di halaman untuk hashtag. Pengguna instagram lain mereka bisa melihat postingan yang diberi hashtag meskipun belum mengikuti akun milik kita. 

Selain itu, hashtag juga merupakan cara yang ampuh untuk membangun komunitas online dan menjalin relasi dengan orang yang memiliki minat sama. Masalahnya saat ini masak lo masih menggunakan hastag #lfl #lfb kelihatan alay banget kan! Lo bisa pakai cara yang lebih uptodate melalui All-hashtag.com untuk melakukan riset hastag apa yang cocok untuk konten atau produk yang lo tawarkan.

3. BUAT FILTER

Salah satu cara yang bisa lo coba untuk mengembangkan bisnis maupun ngebranding konten lo agar lebih menjangkau banyak kalangan, lo bisa manfaatin dengan cara membuat filter. Zaman sekarang filter itu udah kayak hal wajib karena disetiap foto maupun postingan, kebanyakan pasti akan menggunakan filter terlebih dahulu. 

Nah, disini lo bisa memanfaatkan software yang bisa digunakan di PC maupun smartphone yang bernama SPARK AR STUDIO untuk membuat filter instagram stories yang unik dan membuat brand atau konten lo lebih mudah dikenali banyak orang.    

4. STIKER GIPHY

Membuat stiker untuk brand lo sendiri di Instagram story tentu akan sangat berguna. Soalnya hal ini bisa lo jadikan media untuk branding produk atau konten yang lo punya. Kalau lo memiliki stiker sendiri pastinya akan lebih menarik banyak orang untuk kepo dengan bisnis atau konten yang lo miliki.

Banyak brand besar di Indonesia juga memiliki stiker sendiri sebagai media promosi mereka, Froyonion juga punya stiker sendiri dan lo juga bisa mengikutinya dengan mendaftar di situs GIPHY.com untuk membuat GIF stiker khusus brandmu.

5. DESAIN KONTEN

Hal penting yang membuat brand atau produk lo dilirik orang adalah bagaimana menyajikan kontennya, apakah eye catching, dan memiliki keunikan sendiri. Hal itu tidak lepas dari bagaimana lo menampilkan konten yang lo buat. Untuk membuat konten, sekarang lo enggak harus memiliki skill yang expert banget, lo cukup memanfaatkan aplikasi yang bisa digunakan di smartphone untuk ngonten. 

Misalnya untuk keperluan ngedit video lo bisa menggunakan Power Director, CapCut, Kinemaster, VN sedangkan untuk keperluan desain feed lo bisa memanfaatkan Canva. Sedangkan untuk keperluan edit foto bisa menggunakan VSCO jika kurang, bisa menambahkan teks untuk keperluan typography dengan aplikasi Phonto.

Sebenarnya sekarang sudah bukan zamannya untuk alasan enggak bisa ngonten, semua orang bisa banget ngonten dan mengembangkan bisnis nya di Instagram. Apalagi sekarang banyak banget software yang bisa membantu kreativitas lo, tinggal gimana lo bisa memanfaatkannya dengan baik apa enggak gitu, Civs. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Muhamad Irfan Kusbiantoro

Warga sipil biasa yang kebetulan menjadi mahasiswa sastra arab tapi selalu merasa salah jurusan