Tech

APA IYA NGECAS HAPE SAMPAI 100% BISA BIKIN BATTERY HEALTH BERKURANG?

Tahukah kamu kalau pengisian baterai HP sampai 100% nggak dianjurkan loh! Berapa sih pengisian daya yang dianjurkan? Yuk simak artikel berikut Civs!

title

FROYONION.COM - Di zaman yang serba canggih ini, smartphone merupakan salah satu perangkat yang penting bagi setiap orang, mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa. Apalagi di masa pandemi saat ini. Hampir di tiap kalangan ketergantungan terhadap gadget yang satu ini. 

Untuk menunjang aktivitas kita tersebut, pastinya dibutuhkan perangkat yang memadai pula dong. Salah satu perawatan yang paling dasar banget buat smartphoneadalah dengan mengisi daya baterai ponsel. Tapi, tahukah kamu kalo ternyata mengisi daya baterai HP sampai 100%, ternyata nggak dianjurkan loh. Kenapa tuh?

Sebagian dari kita menganggap kalo mengisi daya baterai HP sampai 100% itu akan membuat HP semakin awet. Tapi justru itu cara yang salah Civs, pengisian sampai 100% dapat mengakibatkan battery health berkurang dan bahkan membuat HP cepat rusak. Apalagi kalo ngecanya sampe ditinggal tidur semaleman.

Dilansir dari Kompastekno.com, penggunaan baterai lithium-ion pada ponsel saat ini menjadi alasan utamanya. Jadi, bahan baterai yang kita pakai saat ini adalah lithium-ion. Yang mana jika dibandingkan dengan teknologi baterai terdahulu, lithium-ion ini memiliki banyak keunggulan. Daya baterai akan lebih cepat terisi, tahan lama dan memiliki kepadatan daya yang lebih tinggi. Masa pakai baterainya pun lebih lama serta kemasannya lebih ringan. Makanya, teknologi lithium-ion menjadi pilihan terbaik untuk baterai smartphone saat ini.

Dari berbagai keunggulan tadi, menurut Isidor Buchmann, CEO & Founder Cadex, perusahaan yang bergerak dalam bidang produksi perangkat penguji baterai smartphone, baterai dengan teknologi lithium-ion ternyata tidak suka terisi penuh dan hangat. Semakin sering kamu mengisi ulang daya baterai hingga 100%, maka semakin cepat pula masa pakainya berkurang. Karena baterai lithium-ion pada dasarnya hanya dirancang untuk menampung setidaknya 80% dari kapasitas aslinya.

Kondisi lain yang dapat mengurangi battery health HP adalah meninggalkan HP pada tempat yang bertemperatur tinggi. Tempat yang bertemperatur tinggi tersebut dapat mempengaruhi kapasitas baterai. Terlalu lama membiarkan HP dalam keadaan mati total juga nggak baik untuk baterai dalam jangka panjang. 

Terus, gimana dong biar baterai HP bisa lebih awet dan nggak mudah rusak? Berikut tipsnya.

1.    TIDAK MENGISI DAYA BATERAI SAMPAI 100%

Kebiasaan kita kalo ngeliat baterai belum 0% nggak akan berhenti dimainin. Nah selanjutnya jangan lagi ya Civs. Karena pengisian daya baterai yang dianjurkan adalah kondisi baterai di atas 20% dan di bawah 80%.

2.    HINDARI MENGGUNAAN PONSEL SAAT MENGISI DAYA

Saat sedang asyik-asyiknya main game, eh tiba-tiba ada notif baterai habis. Pastinya rada kesel ya. Tapi jangan lagi Civs, penggunaan smartphone saat mengisi daya secara bersamaan dapat membuat HP menjadi cepat panas. Nah suhu panas yang dihasilkan dari HP tadi membuat baterai bekerja lebih keras. Jika dibiarkan dalam jangka waktu lama, maka kapasitas baterai HP kamu jadi lebih cepat habis Civs.

3.    GUNAKAN CHARGER ORIGINAL

Kualitas charger yang kita gunakan juga dapat mempengaruhi ketahanan baterai HP. Emang sih sekarang banyak banget yang ngejual charger murah, tapi sebaiknya jangan tertipu sama harga yang murah aja ya, mending pake yang ori walaupun harganya lebih mahal biar HP kamu nggak cepat rusak.

4.    MENGAKTIFKAN FITUR OPTIMIZED CHARGING

Sebagian besar smartphone punya fitur ini Civs. Pengoptimalan pemakaian baterai sederhana dapat dilakukan dengan mengatur pencahayaan layar ke tingkat minimal atau menggunakan dark mode pada layar ponsel agar baterai lebih hemat. Kamu juga bisa membatasi aplikasi berjalan dalam background

Nah itulah tadi anjuran untuk pengisian daya baterai yang baik biar HP bisa jadi lebih awet. Tetap jaga kesehatan baterai ponsel ya Civs, walaupun nggak ada yang nge-chat :’) (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Annisa Paramadina Rahmi

Mahasiswa nyambi freelancer