Tekno

ALASAN 'YOUTUBE MUSIC' SUPERIOR

Selain lagunya yang hampir semua ada, YouTube music punya fitur pencarian yang bisa diandalkan. Buat lo yang sering lupa judul lagu, aplikasi ini mungkin bisa menjawab rasa penasaran lo hehe.

title

Pernah atau sering ngalamin nggak, tiba-tiba denger lagu di jalan terus ingat nadanya tapi nggak tau judul sama liriknya? Atau lo mau denger lagu yang lo suka tapi nggak tau penyanyinya siapa. Duh bete banget, pasti penasaran sampe coba cari di internet eh nggak ketemu juga.

Mungkin ada yang pernah coba tanya ke temen lo? Entah lo nyanyi sambil bergumam atau nyanyi sedapet lirik lagu yang lo cari? Apa jawaban temen lo? Hehe dipastikan mereka juga bingung, malah gatau apa yang lo nyanyiin. Pengen rasa penasaran ini dilupakan gitu aja, berharap nunggu dan akhirnya inget lagi.

Lo pasti tau kan aplikasi streaming musik punya YouTube. Namanya YouTube Music yang sekarang udah berhasil jadi pesaing Spotify, Joox dan platform musik lain. Gue coba cari tau nih secara keseluruhan nggak ada yang beda sama platform musik yang ada Civs, tapi menurut gue, YouTube Music bisa bantu menjawab rasa penasaran lo sama lagu yang lo cari.

Di YouTube Music ini, ada optimasi pencarian yang mungkin belum bisa dilakukan sama platform streaming musik lain. Entah saking friendly-nya dengan pengguna atau bagaimana, YouTube Music lebih memahami penggunanya.

MENJAWAB RASA PENASARAN LAGU YANG LO CARI

Dari beberapa kasus yang gue temukan, YouTube Music bisa menjawab rasa penasaran lo yang gampang lupa sama sebuah lagu. Lupa sama judul, lupa lirik atau lupa nada. Beda kalau lo lupa semua atau nggak pernah denger lagu itu ya hehe.

Fitur pencarian lagu di YouTube Music sempat jadi perhatian nih di media sosial. Gara-gara saking canggihnya, sampai beberapa pengguna Twitter mencoba memastikan untuk mencari sebuah lagu dengan kata-kata seadanya dan hasilnya justru tepat alias nggak meleset.

Pengguna mencari di kolom pencarian dan mengetik ‘badak dan ikan’ hasil penelusuran nggak mengecewakan, usulannya benar dan muncul lagunya Shawn Mendes yang judulnya Treat You Better. Kalo dipikir-pikir lirik ‘Treat You Better’ sama ‘badak dan ikan’ nggak ada hubungannya. Tapi di lagu tersebut memang ada lirik ‘better than he can’ karena pendengar kita kreatif, lirik tersebut terdengar ‘badak dan ikan’.

Nggak cuma itu Civs, lo pasti tau kan lagu Coldplay yang judulnya Hymn for The Weekend. Lagu ini muncul ketika pengguna yang nggak tau judul tapi tau liriknya, dan menuliskan di kolom pencarian ‘oa oa lalalala’. Lucunya lagu tersebut muncul paling atas.

Kerennya lagi nih, platform ini bisa menerjemahkan keinginan pengguna yang lupa judul, lirik bahkan nada, tapi inget video klipnya. Kayak salah satu pengguna Twitter dengan username @Rehanadi30 yang membagikan tangkapan layar dan memberitahu pengguna lain. Dia mencoba mengetik di kolom pencarian ‘Ariel dikejar Dian Sastro’ dan dengan tepat muncul judul lagu Menghapus Jejakmu ciptaan Noah. Emang sih kalau lo inget video klip lagu ini, Boriel lagi diikutin sama Dian Sastro dari belakang.

Setuju nggak kalau pencarian YouTube Music emang canggih? Dan cocok buat pengguna yang jarang hapal judul lagu. Sedikit pengetahuan lo tentang sebuah lagu, mungkin platform musik ini bisa bantu lo Civs.

Oiya ada yang tau nggak kenapa YouTube Music bisa melakukan pencarian kayak gitu? Dari beberapa sumber yang gue dapet, ternyata YouTube Music yang dikembangkan oleh YouTube dan merupakan anak perusahaan dari Google punya algoritma canggih. 

CANGGIHNYA ALGORITMA YOUTUBE

Mengutip Kompas.com, algoritma YouTube Music memang bisa menilai suatu musik yang punya kualitas baik dan bisa merekomendasikan kepada pengguna. YouTube music sendiri punya metadata yang membuat pengguna bisa menemukan apa yang mereka cari, mulai dari judul, keywords, sampai deskripsi sesuai dengan yang dicari oleh pengguna.

Lalu, di dalam algoritma ini terdapat berbagai fitur, salah satunya fiturnya yaitu fitur search atau pencarian yang memungkinkan penggunanya menemukan sebuah musik. Nah di sini lo bisa cari dengan memasukkan kata-kata yang berkaitan dengan musik tersebut. Kayak yang kasus di atas, nggak tau judul dan lirik, cuma mengetik kata-kata seadanya yang berkaitan dan hasil pencarian akan memperlihatkan beberapa musik yang relevan. 

Melalui algoritma YouTube, musik teratas yang ditampilkan merupakan musik-musik yang memiliki relevansi, interaksi, dan kualitas terbaik dan terkait dengan kata-kata yang dimaksud. Makanya meski dengan mencari di kolom pencarian dengan kata-kata seadanya lo bisa temukan lagu yang lo cari. Menurut lo gimana Civs? Youtube Music kira-kira bantu banget ngga cari lagu yang buat lo penasaran?

Product Manager YouTube Music, Brandon Bilinski bilang kalo YouTube Music dilengkapi dengan fitur pencarian ala Google, yang memungkinkan penggunanya mencari konten musik lewat kata kunci apa pun di aplikasi tersebut. Jika pengguna tidak tahu judul lagu yang ingin mereka dengar, misalnya, maka mereka bisa mencari berdasarkan lirik lagu tersebut.

"Kami menggunakan Google Smart Search untuk menelusuri dan memahami apa yang ingin pengguna cari," katanya. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Abdurrahman Rabbani

Cuma buruh tinta yang banyak cita-cita.