Tekno

3 KAMERA 4 JUTAAN BUAT FOTOGRAFER DAN VIDEOGRAFER DI MUSIM NIKAHAN

Fotografer dan videografer adalah salah satu pekerjaan yang harus bermodalkan skill dan pengalaman. Mereka juga harus dibekali dengan seperangkat kamera yang bagus.

title

FROYONION.COM - Panggilan-panggilan! Untuk para fotografer dan videografer nih, beberapa minggu lagi lo bakalan memasuki bulan Juni alias bulannya nikahan, yang nantinya fotografer dan videografer akan dicari-cari.

Buat lo yang tahun 2022 ini mau terjun ke dunia fotografi dan videografi, berikut ada rekomendasi kamera mirrorless buat lo seharga 4-5 jutaan yang worth it untuk buat lo pakai sebagai fotografver dan videografer.

Langsung aja nih, Civs. 

1. Sony A6000 

Kamera Sony A6000 emiliki layar LCD Xtrafine 90 derajat untuk melihat gambar melalui LCD besar.
Kamera Sony A6000 emiliki layar LCD Xtrafine 90 derajat untuk melihat gambar melalui LCD besar. (Sumber: Shopee.co.id)

Camera mirrorless serbaguna yang tidak hanya bisa memenuhi kebutuhan fotografi tetapi juga dapat memenuhi kebutuhan videografi. Kamera ini dibekali dengan sensor Exmor APS HD CMOS berukuran APS-C 24 MP dan didukung dengan prosesor gambar Bionz X yang mampu menghasilkan gambar diam beresolusi HD nih Civs. Prosesor gambar ini juga dapat menangkap dan menghasilkan video yang terang di dalam keadaan low light yang ditandai dengan ISO sebesar 25600. Dan bisa menangkap video hingga 1080p 60fps nih, Civs.

Memiliki layar LCD Xtrafine 90 derajat untuk memudahkan penggunanya memantau gambar melalui LCD besar. Juga dibekali dengan layar bidik kecil digital, yang memungkinkan pengaturan triangle exposure-nya kedalam layar kecil tersebut. Dibekali dengan Wi-Fi, Bluetooth, dan transfer dengan port usb type Micro B. Dan lensa bawaannya 24mm-75mm/f 3.5-5.6 nih Civs. Udah proper banget buat pengambilan gambar normal.

Harga dari Sony A6000 itu sendiri, ketika artikel ini dibuat kisaran 5-6 jutaan dalam kondisi 95% dan shutter count 10.000 kebawah. Idaman buat videografer banget loh Civs. 

2. Fuji Film X-A5

Kamera Fuji X-A5 sudah mimiliki fitur touch screen dan cocok untuk kalian yang suka vlogging.
Kamera Fuji X-A5 sudah mimiliki fitur touch screen dan cocok untuk kalian yang suka vlogging. (Sumber: Jd.id)

Dibekali dengan layarnya yang bisa diangkat 180 derajat, kamera ini sangat cocok untuk kalian yang suka vlogging nih, Civs. Selain dengan layarnya, kamera ini juga unggul dalam fungsi LCD nya, yaitu sudah touch screen. Sangat memungkinkan kita apabila mau mengambil atau memfokuskan kepada objek, Civs.

Berukuran sensor sama dengan A6000 yaitu sensor berukuran APS-C CMOS 23x17 mm beresolusi 24 MP. Tapi hanya bisa merekonstruksi cahaya kedalam ISO hanya kisaran 200 sampai 12800 saja. 

Fuji mah, buyutnya para kamera. Memang benar, dan hasil jepretan dari setiap kamera Fuji tidak bisa kita anggap biasa-biasa aja. Karena kamera Fuji memiliki karakter tersendiri dalam membawakan model gambar yang berbeda dari merk kamera lainnya. Karakternya tergolong halus dalam shapes-nya dan cenderung memiliki warna dengan angka saturasi agak tinggi. 

Bodynya yang compact dan cocok sekali untuk kalian para traveller nih Civs. Karena pasti teman-teman mengingkinkan tidak hanya fungsionalnya saja tetapi juga dengan gayanya juga kan? Ngaku haha.

Kamera Fuji Film X-A5 pada saat artikel ini dibuat, kisaran dalam harga 4,5-5 jutaan aja untuk kamera dalam keadaan 95% ke atas.

3. Canon M100 

Canon M100 memiliki sensor 24,2 MP dan ISO kamera mencapai 25.600.
Canon M100 memiliki sensor 24,2 MP dan ISO kamera mencapai 25.600. (Sumber: Liputan6.com)

Canon EOS M100 merupakan kamera mirrorless Canon dengan ketajaman video Full HD. Didukung dengan ISO sebesar 100-25600, mirrorless Canon EOS M100 ini dilengkapi pula dengan viewfinder Electronic dan sensor CMOS APS-C. 

Sensor Canon M100 lebih tinggi jika dibandingkan dengan kamera jajarannya, yaitu 24,2 MP. Kepekaannya tentu tidak diragukan lagi, nilai ISO yang dimiliki kamera ini mencapai 25600. Jadi tak hanya detail dalam pemotretan dengan cahaya natural, tetapi juga tetap powerful digunakan dalam indoor atau keadaan minim cahaya. Selain masih terlihat detail, noise yang muncul juga akan berkurang karena nilai ISO yang tinggi.

Dibekali dengan Touch Screen LCD 180 derajat yang mampu memanjakan kalian yang suka dengan sua foto selfie nih Civs. Fitur nirkabelnya meliputi Wi-Fi, NFC dan Bluetooth. Dengan type USB Micro B untuk penggunaan dengan kabelnya. Udah mantep banget nih Civs.

Harga Canon EOS M100 dipatok dengan harga mulai dari 8 jutaan dirilis Agustus 2017. Kini harga Canon EOS M100 yang termurah adalah 4 jutaan saja dengan kondisi second hand. 

Nah, udah ada 3 jenis kamera yang bisa Civs pertimbangkan untuk nantinya kalian pilih. Selain dengan harga yang terjangkau, kamera-kamera tersebut juga masih sangat layak digunakan untuk komersial. 

Penggunaan berbagai macam alat tambahan juga sangat membantu bahkan sangat berpengaruh terhadap hasil yang kita ciptakan nantinya. Misal kita mengambil foto diruangan yang gelap, sebagai fotografer dan videografer sudah sewajarnya memiliki insting untuk bagaimana agar foto atau video yang mereka tangkap, menghasilkan hasil yang bagus juga. Dengan menambahkan lighting contohnya. Dengan mengganti lensa juga bisa, dan sebagainya Civs.

Namun semua kembali lagi kepada bagaimana kebutuhan para fotografer dan videografer tersebut. Apabalia mereka membutuhkan alat yang lebih proper lagi, mereka tentunya bisa meng-upgrade alat mereka pada tingkat kualitas, fitur, dan fungsi yang lebih proper. 

Terima kasih sudah menyempatkan waktu untuk membaca. Jangan lupa share ilmu pengetahuan lo kepada mereka yang membutuhkannya, Civs! (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Satria Dwi Atmaja

Orang biasa-biasa aja yang suka nyari duit. Semangat untuk hidup dan untuk melanjutkan hidup dengan baik, adalah moto utama.