Tech

3 FITUR SPOTIFY YANG MUDAHKAN LO BERINTERAKSI

Dengan makin berkembangnya era digital, aplikasi streaming musik ga lagi hanya digunakan untuk mendengarkan musik aja, melainkan untuk bersosial dengan dengan orang-orang di sekitar.

title

FROYONION.COM - Salah satu resolusi yang ingin gua capai di tahun 2023 ini adalah memperluas relasi dan lingkup pertemanan. Dan seiring berjalannya waktu, cara bersosial atau menemukan teman baru di era sekarang ga melulu menuntut kita untuk melakukan pertemuan secara fisik.

Kemajuan teknologi dan ditambah dengan adanya pandemi Covid-19 beberapa tahun belakangan ini, membuat manusia untuk menemukan berbagai inovasi-inovasi baru yang memungkinkan kita tetap terhubung dengan teman atau relasi kita meskipun terbatas oleh jarak dan waktu. 

Penggunaan media sosial menjadi cara paling awam untuk bersosial di era digital sekarang. Berbagai platform media sosial seperti Instagram, Twitter, TikTok, dan lain sebagainya bisa dibilang menjadi cara kita untuk membangun hubungan dengan orang-orang yang sudah maupun belum kita kenal. 

Tapi, pernahkah lo kepikiran untuk menggunakan platform lain selain media sosial yang disebut di atas?

Pernahkah lo kepikiran untuk menggunakan aplikasi streaming musik sebagai salah satu alternatif untuk membangun hubungan dengan orang lain? 

Dengan semakin berkembangnya era digital ini, berbagai aplikasi streaming musik tidak hanya digunakan untuk mendengarkan lagu saja. Dan menurut gua, salah satu aplikasi streaming musik yang memberikan kita kesempatan untuk berinteraksi dengan orang lain adalah Spotify. 

1. FITUR FOLLOW 

Salah satu fitur yang ditawarkan oleh Spotify selain fitur-fitur yang punya kaitan untuk mendengarkan lagu atau musik adalah fitur follow. Melalui fitur ini, lo bisa memfollow musisi yang lo suka agar ga ketinggalan karya-karya terbaru mereka. Selain memfollow musisi yang lo suka, melalui fitur ini lo pun bisa memfollow user Spotify lainnya. 

Mulai dari user yang lo kenal seperti, teman, keluarga, atau rekan kerja, sampai ke orang yang ga lo kenal tapi karena playlist lagunya lo suka, akhirnya lo pun follow dia agar ga ketinggalan playlist terbaru yang akan dibuat atau untuk dijadikan referensi musik. 

Melalui fitur follow ini, setidaknya cara lo untuk memperluas lingkup pertemanan pun jadi makin bervariasi. Ketika lo jenuh untuk bersosial dengan media sosial konvensional seperti Instagram, Twitter, dan lain-lain, Spotify memberikan alternatif buat lo untuk mengenal orang-orang baru melalui kesamaan genre musik.

Dan ga jarang, gua ngeliat anak-anak muda jaman sekarang mencantumkan akun Spotify mereka di bio media sosial mereka. Karena, bisa dibilang mutualan di Spotify adalah sebuah langkah awal untuk bersosial melalui platform lain di luar media sosial, dalam hal ini adalah platform streaming musik. 

2. FITUR FRIEND ACTIVITY

Setelah lo saling follow-followan dengan orang yang lo ingin kenal di Spotify, lo akan diberikan kesempatan untuk mengetahui lagu apa yang sedang atau terakhir kali mereka dengar. Dan melalui fitur ini, kesempatan lo untuk mengenal orang tersebut lebih dalam akan terbuka lebar. 

Jujur aja Civs, lo pastinya pernah menjumpai situasi di mana lo ga tau cara untuk memulai sebuah obrolan. Dan biasanya, salah satu basa-basi yang paling sering digunakan untuk memulai obrolan adalah dengan menanyakan genre atau musisi favorit orang yang ingin kita ajak ngobrol. 

Dengan mempunyai modal awal yaitu mengetahui lagu apa yang lagi mereka dengarkan, kesempatan lo untuk membangun obrolan yang lebih berkualitas dan lebih panjang pun akan semakin terbuka lebar. 

Emang membuka obrolan dengan menanyakan genre musik yang disuka adalah hal klise, tapi nyatanya banyak orang yang yang merasa senang ketika menemukan orang yang memiliki selera musik yang sama dengan mereka.

Dengan menggunakan fitur friend activity setidaknya kita bisa mengorek informasi mengenai musisi atau genre musik orang yang ingin kita ajak ngobrol lebih dalam. Sehingga, kita dapat memberikan kesan yang baik kepada orang tersebut dan obrolan mengenai musik pun ga cuma menjadi sekadar basa-basi aja. 

3. FITUR SPOTIFY COLLABORATIVE PLAYLIST

Setelah lo udah saling memfollow, mengetahui genre musik yang mereka suka, Spotify memberikan kesempatan lo untuk membuat playlist bersama mutual lo di Spotify. 

Dan bisa dibilang, fitur ini adalah fitur yang paling interaktif yang dimiliki oleh Spotify. Fitur ini memungkinkan lo untuk membuat playlist musik dengan orang lain. Dan lebih kerennya lagi, siapapun bisa ikut menambahkan lagu ke dalam playlist tersebut selama mereka memiliki link invitation untuk mengakses playlist tersebut. 

Melalui fitur ini, seenggaknya lo bisa membuat playlist bersama pacar lo dengan membuat playlist yang berbau romansa, lo bisa membuat playlist bernuansa persahabatan dengan teman-teman lo, atau bahkan lo bisa membuat playlist dengan tema keluarga dengan keluarga lo. 

Dari sinilah yang membuat gua berpikir bahwa Spotify bukan lagi sekadar aplikasi streaming musik aja. Kita sebagai user, diberikan kesempatan untuk saling berinteraksi dengan user lain di Spotify. 

Meskipun ga bisa digunakan untuk ngobrol, tapi setidaknya kita diberikan kesempatan untuk mengenal orang baru melalui selera musiknya, mencari topik obrolan melalui musik yang mereka suka, dan kita pun diberikan kesempatan untuk berkolaborasi menciptakan playlist bersama orang-orang yang memiliki ketertarikan musik yang sama.

Sehingga, makna musik sebagai cara untuk bersosial atau memulai obrolan bukan lagi hal klise yang digunakan untuk basa-basi aja. Tapi bisa dijadikan obrolan jangka panjang untuk mengenal seseorang lebih dalam. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Radhytia Rizal Yusuf

Mahasiswa semester akhir yang hobi menonton anime dan memiliki ketertarikan dalam berbagai budaya populer seperti, anime, J-pop, K-Pop