Tech

TIKTOK: POTENSI TREN SHOPPERTAINMENT DI INDONESIA DIPREDIKSI CAPAI US$27 MILIAR

Berbelanja sekarang bisa sambil bersenang-senang menikmati konten yang menghibur. Selamat datang di era TikTok Shoppertainment yang menggerakkan ekonomi kreatif kita sampai miliaran dollar AS!

title

FROYONION.COM - Sadarkah kamu bahwa TikTok sekarang tak hanya dipakai sebuah aplikasi berbagi video, tapi juga sudah jauh berevolusi menjadi tempat belanja online yang menggabungkan hiburan serta bisnis dengan cara yang menyenangkan? Inilah yang dinamakan tren shoppertainment.

“Di Indonesia yang merupakan salah satu pasar terbesar TikTok di Asia-Pasifik, potensi perputaran uang dan keuntungan yang terjadi pada 2025 bisa mencapai jumlah US$27 miliar,” ungkap Shant Oknayan selaku Head of Global Business Solutions Tiktok untuk Asia Pasifik, Timur Tengah, Afrika, dan Asia Tengah dalam event Shoppertainment Summit 2023 Rabu (5/7) lalu.

Pernyataan Shant tersebut berdasarkan laporan riset Future of Commerce 2022 yang dirilis oleh Tiktok dan Boston Consulting Group (Agustus 2022).

“Berdasarkan studi Boston Consulting Group, 81 persen pengguna Tiktok di wilayah Asia Pasifik menyatakan bahwa konten video mempengaruhi pembelian mereka. Selama pandemi Covid-19 misalnya, fenomena #TikTokMadeMeBuyIt telah menghasilkan 60 miliar penayangan,” tambah Shant.

Sementara itu pada kesempatan yang sama, Head of Brand and Growth Partnership SEA TikTok Delilah Chan menyatakan value pasar shoppertainment di kawasan Asia Pasifik diproyeksikan mencapai 1 triliun dolar AS pada tahun 2025.

TREN BELANJA YANG MENGHIBUR

Melalui konsep shoppertainment ini, TikTok ingin menyuguhkan pengalaman berbelanja yang santai dan menyenangkan melalui konten yang menarik dan menghibur. 

Tak hanya belanja, para pengguna TikTok juga bisa tetap terhubung dengan content creators atau brands favorit mereka secara langsung, membangun komunitas, dan hubungan yang lebih dekat daripada pengalaman berbelanja lainnya.

Sebagai pionir tren shoppertainment, TikTok digadang-gadang akan menjadi masa depan commerce. Saat ini pun media sosial milik Bytedance tersebut telah merajai pembelian online yang mayoritas dilakukan oleh konsumen Gen Z. 

Sementara itu, Sitaresti Astarini selaku Head of Business Marketing TikTok Indonesia mengatakan, “Memadukan transaksi belanja dan hiburan adalah peluang bisnis yang besar di seluruh Asia-Pasifik, termasuk di Indonesia. Dengan hadirnya konsep shoppertainment ini, bisa menjadikan inovasi dalam mendukung kebutuhan dan perilaku konsumen yang terus berkembang.”

Masih menurut Sitaresti, kebiasaan berbelanja tentu harus terus beradaptasi guna mendukung kebutuhan dan perilaku konsumen yang terus berkembang, dan TikTok adalah tempat di mana konten dan commerce benar-benar bertemu.

KEDEKATAN EMOSIONAL

Mayoritas pengguna TikTok adalah generasi millenial dan tentunya, Gen Z. Kenapa TikTok menjadi tempat shopping yang diminati oleh Gen Z? Hal ini karena di TikTok, orang-orang bisa mengikuti, mengembangkan dan menciptakan interaksi dengan cara yang menyenangkan. 

Mereka tidak dipaksa untuk belanja atau merasa terpaksa untuk membeli sesuatu. Saat masuk ke TikTok mereka justru merasa direkomendasikan berbagai macam produk dan konten yang relate dengan kebutuhan mereka.

Saat live streaming, menonton konten bertema A Day In My Life dan konten video para kreator atau following, pengguna TikTok ini merasa mereka menjadi bagian dari sesuatu dan memiliki kedekatan emosional. Itulah kenapa TikTok menyarankan para pebisnis supaya tidak hard selling dan lebih mengedepankan sisi emosional.

Kemudahan berbelanja dan voucher diskon juga mempengaruhi consumer behavior. Di TikTok, fitur belanja berarti kreator dapat menambahkan tab toko ke profil mereka, yang dikenal sebagai ‘keranjang kuning’ juga sudah menjadi hal yang familiar, fitur ini bisa menyinkronkan dan menampilkan semua produk yang dijual di situs web dengan akun TikTok. User dapat membeli produk-produk ini dengan sangat mudah. Mereka tidak perlu mencari-cari, mereka cukup menyelesaikan prosesnya dari TikTok.

Tingkat keterlibatan (engagement rate) yang tinggi di TikTok bisa menguntungkan para sellers. Apalagi, konten atau iklan yang dikemas dengan menarik dan tidak terlihat ngiklan sama sekali. Promosi tersembunyi ini biasanya lebih berhasil menggaet banyak pembeli dan meningkatkan brand awareness.

DUKUNGAN LENGKAP UNTUK KREATOR

Untuk membantu para pemilik bisnis dan penjual meraup untung lebih banyak, TikTok menyediakan sejumlah alat (tools) kreatif di tiap tahap yang dijalani kreator konten.

Di tahap ide, kreator dibantu dengan adanya Creative Center. Di tahap produksi tersedia CapCut, TikTok Creator Marketplace, dan TikTok Creative Exchange. Lalu di tahap Optimalisasi disediakan Smart Fix, dan Smart Creative melalui TikTok Ads Manager. Terakhir di tahap evaluasi, diberikan alat Creative Diagnosis melalui TikTok Ads Manager.

Beberapa contoh fitur dan tools untuk membantu brand terhubung dengan kreator dan komunitas TikTok yang lebih luas untuk mendorong pembelian adalah TikTok Creator Marketplace, TikTok Creative Exchange, Video Shopping Ads, dan Live Shopping Ads. 

Shoppertainment Summit 2023 diselenggarakan di The Ritz Carlton Jakarta dan bisa juga diakses secara online melalui Zoom dan dihadiri oleh ribuan orang dari Asia Tenggara, baik pemilik bisnis, konten kreator sampai stakeholders. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Anisa Ramadhani

Sibuk menjalani dan menikmati hidup di dunia yang seru tapi fana ini. Menulis adalah salah satu dari hobi selain bersosialisasi, travelling dan ngecekin playlist Spotify orang lain.