Tech

SERTIFIKASI IT GRATIS DARI GOOGLE UNTUK MAHASISWA!

Bangkit Academy merupakan program Google Indonesia yang bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Budaya Republik Indonesia dengan memberikan sertifikasi serta peluang karir di bidang IT untuk para Mahasiswa.

title

FROYONION.COM - Siapa nih Mahasiswa IT ataupun bahkan non-IT yang lagi bingung membangun portofolio untuk mempersiapkan karir setelah perkuliahan? 

Bangkit Academy hadir pada tahun ketiganya setelah di tahun 2020 sukses melahirkan 219 alumni bersertifikasi Tensorflow, Mobile Android Development, dan Cloud Engineer. 

Bangkit Academy merupakan salah satu program yang bekerjasama secara langsung dengan Google Indonesia untuk membentuk generasi muda memiliki kemampuan IT dan berkontribusi kepada transformasi digital yang diterapkan di Indonesia.

PARTNER BANGKIT ACADEMY

Sumber: Google Developers Indonesia Blog: Bangkit 2022

Bangkit Academy ini, selain bekerjasama dengan Google Indonesia yang memberikan pembelajaran intensif serta sertifikasi gratis kepada pesertanya, Bangkit Academy juga bekerjasama dengan StartUp ternama di Indonesia, seperti GoTo (Gojek dan Tokopedia) serta Traveloka yang turut serta memberikan gambaran penting terkait keadaan lapangan penerapan teknologi pada produk-produk yang dimilikinya dengan secara langsung disampaikan oleh karyawan-karyawan terbaik mereka.

Di tahun ketiganya, Bangkit Academy konsisten dengan 3 jalur pembelajaran, yang pertama yaitu Pembelajaran Mesin (Machine Learning), Pengembangan Aplikasi berbasis Android (Android Mobile Development), dan SIstem Komputasi Awan (Cloud Computing). Ketiga jalur pembelajaran tersebut, memiliki kurikulum masing-masing dengan durasi belajar selama 900 jam dalam 20 pekan. 

Sumber: Bangkit 2023 - Dicoding Indonesia

Para mahasiswa/i tidak perlu khawatir, karena Bangkit Academy bekerjasama dengan Kemendikbud dalam program yang paling ngetrend di kalangan mahasiswa/i yaitu MBKM atau Merdeka Belajar Kampus Merdeka pada bidang Studi Independen. 

Pada program ini, mahasiswa diperbolehkan untuk mendapatkan 20 SKS dari program yang dipilih salah satunya pada Bangkit Academy ini, untuk mata kuliah yang akan di ubah menjadi SKS tentu saja mengikuti kebijakan universitas masing-masing namun tidak perlu khawatir Bangkit Academy telah berpengalaman melakukan konversi mata kuliah untuk dapat di rekomendasikan kepada pihak universitas kalian!

GAYA BELAJAR DI BANGKIT ACADEMY

Dengan metode daring yang tetap dipertahankan oleh Bangkit Academy, para peserta diberikan kurikulum yang terdiri dari: 

  1. Self-learning: pembelajaran sendiri menggunakan platform yang disediakan
  2. Live Class: bertemu dengan mentor-mentor profesional di bidangnya)
  3. Assignment (Tugas): bertujuan untuk melatih serta menguji pemahaman para peserta

Platform yang dimaksud di sini yaitu media yang disediakan oleh pihak Bangkit Academy untuk memenuhi dan melatih pemahaman peserta. Berikut platform yang digunakan:

  1. Coursera
  2. Dicoding
  3. GCP

Platform-platform di atas yang telah disediakan tentu saja bisa menghasilkan banyak sertifikasi-sertifikasi keahlian yang bisa kalian pajang di CV atau LinkedIn kalian!

Dengan pembelajaran serta praktik secara intensif, tugas serta beberapa tes yang dilalui selama menjalani Bangkit Academy ini bisa dijadikan portofolio sebagai bukti bahwa kalian pernah dan mampu mengerjakan tugas tersebut. 

Apa saja keuntungan mengikuti program ini?

Selain konversi 20 SKS, peserta Bangkit Academy juga mendapatkan keuntungan lain di antaranya yaitu memiliki kemampuan di bidang IT untuk menunjang karir di perusahaan-perusahaan teknologi saat ini.

Kesempatan untuk mempelajari dunia pekerjaan dengan project berskala nasional, memiliki kesempatan untuk bertemu serta belajar langsung dari ahli di bidangnya, dan yang terakhir yang paling dinantikan yaitu mendapatkan persiapan serta sertifikasi internasional dari Google secara GRATIS untuk setiap jalur belajar masing-masing. 

Sangat menguntungkan bukan untuk para mahasiswa/i? Apakah kamu tertarik? Yuk cek persyaratannya!

Apa saja persyaratan untuk mengikuti program ini?

Berikut persyaratannya:

  1. Mahasiswa aktif S1 (D4/S1) dari jurusan/fakultas apa saja di Universitas Indonesia yang terakreditasi minimal berada di semester 5
  2. Mahasiswa aktif (D3) minimal pada semester 4
  3. Memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan jelas dalam bahasa Inggris lisan dan tulisan
  4. Tidak diperlukan pengalaman teknis sebelumnya
  5. Berkomitmen untuk menyelesaikan semua modul kursus dan proyek yang mencakup hingga 900 jam pembelajaran online dalam 20 minggu (setara dengan 20 SKS/SKS)
  6. Memiliki unit laptop/komputer dengan spesifikasi minimal untuk jalur pembelajaran yang dipilih

Apa saja Hiring Partner dari Bangkit Academy?

Dari tahun ke tahun Bangkit Academy telah menggaet lebih dari 30 perusahaan sebagai hiring partner untuk setiap alumni Bangkit Academy, sungguh luar biasa bukan? 

Setelah mendapat sertifikasi secara gratis, kamu mendapat kesempatan untuk menjadi salah satu karyawan di StartUp ataupun perusahaan terkeren di Indonesia! Untuk informasi pendaftaran dapat mengakses laman resmi dari Bangkit Academy. (*/) (Photo credit: Julia M. Cameron)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Nadya Nur Fadhila

Seorang anak magang yang menjadikan belajar menjadi hobi