Tech

SEKARANG KALIAN BISA JUAL BELI DAN CEK KESEGARAN IKAN LEWAT APLIKASI FISHKU

Aplikasi Fishku dapat mempertemukan nelayan dengan pembeli. Selain itu, pengguna juga bisa memeriksa kesegaran ikan dengan lebih mudah lewat Fishku.

title

FROYONION.COM - Aplikasi Fishku merupakan karya anak bangsa yang berdiri sejak Juni 2022. Aplikasi ini menyediakan dua fitur andalan, yaitu e-commerce untuk melakukan jual beli ikan secara online, dan freshness detector untuk memeriksa kesegaran ikan.

Fishku berfokus pada sektor perikanan. Machine learning pada aplikasi tersebut memungkinkan pengguna untuk memeriksa kesegaran ikan lewat tampilan insang, mata dan daging ikan.

Muthia Farah Hanifa (22) selaku CEO Fishku Indonesia menyampaikan bahwa Fishku telah melakukan workshop kepada nelayan di sejumlah daerah. 

Pada kesempatan tersebut, Fishku memberikan sosialisasi terkait cara penggunaan dan apa saja keuntungan menggunakan aplikasi Fishku.

“Kami generasi muda menginginkan perubahan di Indonesia. Setelah meriset dan mendata, ternyata sektor perikanan merupakan salah satu sektor yang bisa menunjang perekonomian kalau dimaksimalkan pengembangannya,” ucap Muthia.

Muthia beranggapan bahwa sektor perikanan merupakan sleeping giant alias potensi besar yang masih bisa dikembangkan. Akhirnya Fishku pun berupaya untuk turut memberikan dampak positif bagi Indonesia lewat terjun ke sektor perikanan.

Kelayakan taraf hidup nelayan turut dipertanyakan oleh Muthia. Dengan komoditas perikanan di Indonesia yang sangat besar, dia mengharapkan kehidupan nelayan yang lebih makmur. 

Figo Alsistani (22), Product Manager Fishku mengatakan bahwa Indonesia memiliki sumber daya laut yang sangat besar. 

Peran nelayan dalam hal ini juga sangat membantu. Penyediaan sumber protein hewani, dan pemenuhan demand yang besar oleh masyarakat atas makanan satu ini, dari mana lagi kalau bukan dari nelayan.

“Ikan sangat tinggi demand-nya, tapi pencarinya kok belum bisa mendapat kehidupan yang layak. Padahal mereka menunjang masyarakat Indonesia untuk bisa menyantap makanan sehat,” ucap Figo. 

Figo mengharapkan semoga aplikasi Fishku mampu meningkatkan kehidupan mereka supaya lebih baik lagi. 

Fishku turut mengenalkan manfaat teknologi di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Kali Baru, Jakarta Utara dan TPI Depok, Yogyakarta. Nelayan setempat pun akhirnya mengerti cara menggunakan Android dan memanfaatkan internet.

Aplikasi Fishku turut bekerja sama dengan Xendit untuk melakukan pembayaran dan Roket Indonesia JNE untuk melakukan distribusi ikan. Pengguna pun kini bisa melakukan pembayaran lewat Gopay, Dana serta Virtual Account.

Fishku sendiri merupakan aplikasi lulusan program Bangkit 2022. Sejumlah 15 aplikasi terbaik akan mendapat pendanaan untuk perilisan, Fishku berhasil menjadi salah satu dari 15 aplikasi tersebut.

Program Bangkit mempertemukan anggota tim untuk bersama-sama menciptakan aplikasi. Masing-masing tim terdiri dari 3 orang dengan kemampuan machine learning, computing dan android untuk membuat aplikasi.

Bangkit pun mengenalkan para peserta dan lulusannya dengan mitra Bangkit, Google, dan main partner lainnya. Kalian bisa dapatkan aplikasi Fishku di Play Store.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada pihak Bangkit karena telah menyokong kamu sampai sini,” ucap Muthia. “Kami mendapat bimbingan dari awal, lalu diberi pelatihan, sertifikasi, dan diberi kesempatan untuk maju. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Fadhil

Content writer Froyonion, suka pameran seni dan museum, sesekali naik gunung