Tech

RESMI DILUNCURKAN, IPHONE 15 SERIES DIJUAL DENGAN HARGA TERMURAH RP12,2 JUTA

Apple meluncurkan smartphone premium terbarunya, yaitu iPhone 15. Seperti apa spek dan kualitasnya?

title

FROYONION.COM - Apple resmi meluncurkan iPhone 15 series dan perangkat lainnya dalam event ‘Wonderlust’ 13 September 2023 pukul 00.00 WIB di Apple Park, California. Fitur praktis ‘Dynamic Island’ yang hanya dimiliki secara eksklusif di iPhone 14 Pro, kini menjadi fitur standar seluruh varian iPhone 15.  Pecinta smartphone dengan ikon ‘apel tergigit’ ini pastinya tak sabar menjajal kecanggihannya. 

Dynamic Island merupakan widget mini seperti status bar yang ditempatkan pada bagian atas layar iPhone yang berfungsi sebagai reminder dan notifikasi yang dapat berubah secara dinamis sesuai dengan kebutuhan pengguna. Walaupun ditempatkan di atas, display fitur ini tak sedikitpun mengganggu posisi kamera depan karena lensa kamera tetap terlihat. 

Dalam kanal YouTube Apple terlihat bagaimana hanya dengan ‘sentuh’ dan ‘tahan’ pengguna dapat mengontrol berbagai aplikasi termasuk pemutar musik secara instan tanpa membuka dan mengaktifkan layar utama aplikasi milik pengguna. Fitur ini berpotensi sebagai fitur ‘penarik cuan’ bagi Apple sebab praktis dan mudah digunakan.

BACA JUGA: LAKUKAN LANGKAH INI JIKA IPHONE HILANG ATAU DICURI

Hadir dengan varian layar 6,1 inchi dan 6,7 inchi untuk iPhone 15 Plus dilengkapi layar Super Retina XDR berteknologi OLED (2556 × 1179 pixel)Ada 5 varian warna yang disediakan untuk iPhone 15 dan iPhone 15 Plus mulai dari hitam, biru, hijau, kuning dan pink. Khusus iPhone 15 Pro dan Pro Max tersedia 4 warna pilihan.

Vice President iPhone Product Marketing Kaiann Drance menyebut tingkat kecerahan puncak iPhone 15 mencapai 2000 nits dalam kondisi outdoor, dua kali lipat dari iPhone 14. 

Material casing terbuat dari alumunium dengan lapisan ceramic shield di bagian depan dan color-infused glass pada bagian belakang. Kapasitas memori internal juga sangat lapang mulai dari 128 GB - 512GB disertai sertifikasi IP68 untuk perlindungan perangkat dari debu dan air. 

Dapur pacu  iPhone 15 sendiri menggunakan A16 Bionic chip berjumlah 6-core CPU (2-core untuk performa dan 4-core untuk efisiensi). Apple mengklaim processor yang memiliki 16 miliar transistor dan 16-core Neural Engine ini lebih hemat 20% dan tentunya lebih cepat dari generasi sebelumnya. 

Apple menyematkan dual camera system untuk memaksimalkan kualitas gambar. Kamera utama memiliki resolusi 48MP dengan sensor shift optical image stabilization, sensor piksel berukuran 2-micron dan 100% pixel focus. Kamera depan dipersenjatai dengan 12MP dengan 2x telephoto yang mampu menangkap objek jarak jauh lebih jelas dan tajam. 

Selain itu, fitur focus and depth control dapat mengubah secara otomatis fokus objek foto sesuai dengan keinginan pengguna. Hal ini tentunya bisa dilakukan setelah pengguna melakukan pengambilan foto terlebih dahulu.

Sektor video pun tak kalah mewahnya. Kualitas 4K video dengan pilihan 24-60 fps disertai mode cinematic dan action. Kemampuan zoom in hingga 6x dengan format video HEVC dan H.264 yang setara dengan kamera spesialis video pada umumnya. 

iPhone 15 memiliki fitur keamanan terbaru diantaranya Emergency SOS via satellite. Fitur ini akan membantu mengirimkan pesan dan lokasi pengguna yang tersesat kepada call center Apple meskipun tanpa sinyal dan internet. 

Deniz Toeman selaku Vice President Hardware System Engineering menyebut fitur ini akan berdampak signifikan terutama sesaat setelah terjadi kecelakaan dan bencana alam. 

Bagaimana caranya? Hanya cukup dengan mengarahkan perangkat iPhone pengguna ke arah langit dan menunggu  lebih kurang 15 detik tergantung kondisi cuaca dan lokasi pengguna. 

Namun, sebelum kondisi darurat ini terjadi pengguna terlebih dahulu harus mengisi data-data yang diperlukan agar fitur ini berfungsi dengan baik. Sayangnya fitur ini masih tersedia di 14 negara yang tersebar di 3 benua, dan Indonesia belum termasuk di dalamnya. Selain itu, Apple hanya memberikan layanan gratis 2 tahun setelah melakukan aktivasi. 

Fitur keamanan canggih lainnya yaitu crash detection yang dapat mengirimkan pesan darurat dari kontak pengguna dan mengirimkan lokasi kecelakaan melalui 911. Kondisi ini hanya berlaku jika pengguna dalam posisi sedang berkendara. 

Fitur Roadside Assistance via satellite juga membantu pengguna apabila terjadi trouble pada kendaraan. Tiga fitur keamanan ini menjadi tools yang membantu pengguna dalam kondisi-kondisi darurat.

Apple melakukan perubahan dengan menjadikan USB type C sebagai prioritas pengisian baterai. Hal ini pastinya praktis karena charger iPhone 15 dapat mengisi daya yang ada pada Macbook, iPad dan perangkat yang sejenis. Apple tak menyebut secara spesifik kapasitas baterai. Namun, iPhone 15 didukung dengan baterai lithium-ion dengan kapasitas 80 jam untuk audio dan 20 jam untuk video.

Apple membanderol harga iPhone 15 mulai dari $799 (Rp12,2 juta) dan iPhone 15 Plus $899 (Rp13,8 juta). Khusus iPhone 15 Pro dibanderol mulai dari $999 (Rp 13,3 juta) dan Pro Max sekitar $1,199 (Rp17,2 juta). (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Muhammad Adib

Seorang PNS (Pegawai Ngeri Swasta), guru ngaji, sarjana komputer yang suka nulis