Tech

NEXPAGE JADI SALAH SATU SOLUSI NYATA TANGANI MINAT BACA MASYARAKAT INDONESIA YANG RENDAH

Label ‘minat baca rendah’ sudah menempel pada masyarakat Indonesia bertahun-tahun.Turut berkontribusi nyata, NexPage rupanya dapat menjadi salah satu solusi dari minat baca masyarakat Indonesia yang rendah.

title

FROYONION.COM - Sebagai generasi muda Indonesia, kita mengemban tugas berat untuk memajukan Tanah Air kita. 

Salah satunya adalah meningkatkan minat baca masyarakat kita, khususnya para anak muda. 

Pepatah saja bilang kalau ‘Buku adalah jendela dunia’. Maka bagaimana mau memajukan bangsa jika anak mudanya saja malas membaca?

Sayangnya lagi, menurut riset yang dilakukan oleh UNESCO, Indonesia menduduki peringkat kedua terendah dalam literasi dunia. Maka perlu adanya solusi yang beragam untuk meningkatkan minat baca masyarakat Indonesia. 

Menjawab keresahan ini, NexPage hadir untuk menjadi pemecah masalah tersebut. 

NexPage adalah startup asal Singapura yang berfokus memberikan layanan ringkasan buku non-fiksi yang dapat diakses dengan berlangganan aplikasinya. 

Resmi diluncurkan di Indonesia pada Desember 2022 lalu, CEO NexPage, Tan Zhi Rong, mengatakan bahwa dengan potensi yang dimiliki oleh Indonesia dari segi ekonomi dan jumlah penduduk, masyarakatnya juga berhak mendapatkan pengetahuan yang tanpa batas. 

Oleh sebab itu, NexPage meluncurkan aplikasi dan kontennya dalam Bahasa Indonesia agar dapat diakses oleh seluruh masyarakat Indonesia. Berbicara tentang hal ini, tim Froyonion.com sempat mewawancarai Stanley Toh sebagai perwakilan dari NexPage Singapura. 

“Respon masyarakat Indonesia rupanya sangat positif sejak NexPage diluncurkan. Setiap harinya ada pengguna baru yang mendaftar dan berlangganan di aplikasi kami. Kami melihat rupanya minat masyarakat untuk mengakses bacaan tanpa batas cukup tinggi,” jelasnya saat diwawancarai secara daring pada Senin (13/3) lalu. 

Menurutnya, dari 20 kategori ringkasan buku non-fiksi yang ditawarkan, bacaan bertema biografi dan pengembangan diri adalah yang paling diminati. Hal ini mengindikasikan bahwa masyarakat Indonesia sesungguhnya punya semangat untuk berkembang dengan belajar dari kisah-kisah sukses orang lain. 

Fakta ini juga turut membuktikan bahwa masih ada masyarakat Indonesia yang punya minat cukup tinggi untuk membaca. 

Hanya saja keterbatasan fasilitas seperti distribusi buku yang berkualitas dengan tema yang beragam belum merata di seluruh daerah di Indonesia, serta kecenderungan masyarakat modern yang lebih banyak lihat HP dibanding buku cetak, jadi beberapa alasan mengapa sebagian masyarakat kita enggan baca buku

“Kami percaya semua orang berhak mendapatkan ilmu dan pengetahuan tanpa adanya keterbatasan bahasa. Maka kami menyediakan berbagai bacaan yang ringkas dari banyak buku-buku berkualitas. Hal ini memungkinkan masyarakat Indonesia untuk membaca buku dari penulis dari berbagai negara. Di NexPage, kami berusaha untuk menghilangkan limitasi-limitasi yang mengurungkan niat orang untuk membaca,” jelas Stanley.

Ringkasan-ringkasan buku di NexPage juga memungkinkan penggunanya membaca satu buku tebal hanya dalam hitungan menit saja. Tak heran jika NexPage sangat cocok untuk kalian dengan keseharian yang sibuk dan sulit mencari waktu-waktu luang untuk membaca buku. 

Sebut saja kalian ingin membaca buku Atomic Habits-nya James Clear setebal 352 halaman. Kalau biasanya buku ini bisa dihabiskan dalam waktu 1 minggu, dengan NexPage kalian bisa menghabiskannya dalam 30 menit-1 jam saja. 

Bayangkan saja, kita bisa membaca ratusan buku dalam satu minggu hanya dengan Rp35.000/bulan atau Rp349.000/tahun. Tapi kalau kalian daftar sekarang, kalian bisa mendapatkan 7 hari free trial dengan mengunduh aplikasi NexPage di Play Store dan App Store. 

“Karena semua orang adalah lifelong learners, maka NexPage hadir untuk seluruh masyarakat Indonesia,” tutup Stanley sekaligus mengakhiri wawancara tertulisnya dengan tim Froyonion.com. (*/) 

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Grace Angel

Sehari-hari menulis dan mengajukan pertanyaan random ke orang-orang. Di akhir pekan sibuk menyelami seni tarik suara dan keliling Jakarta.