Tech

MENGULIK KECANGGIHAN HYUNDAI IONIQ 6 YANG RESMI DIJUAL DI INDONESIA

Hyundai melengkapi jajaran model listriknya yang dipasarkan di Indonesia dengan meluncurkan Ioniq 6 yang memiliki banyak kecanggihan.

title

FROYONION.COM - PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menambah jajaran mobil listrik dengan menghadirkan Ioniq 6. Mobil listrik terbaru Hyundai ini diluncurkan pada pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang.

Ioniq 6 adalah kendaraan listrik dengan fitur ramah lingkungan dan teknologi canggih yang menawarkan kebebasan bergerak. Peluncuran Ioniq 6 semakin mengukuhkan Hyundai sebagai game-changer di industri otomotif Indonesia, mengakselerasi ekosistem elektrifikasi di Tanah Air.

Hyundai IONIQ 6. (Sumber foto: Hyundai Motor Indonesia, Donny)

BACA JUGA: KUPAS HABIS MOBIL LISTRIK SEBAGAI SOLUSI KRISIS IKLIM

WooJune Cha, Presiden Direktur HMID, mengatakan, Progress for Humanity sebagai visi besar perusahaan merupakan dasar dari setiap inovasi yang Hyundai hadirkan untuk mobilitas masa depan yang berkelanjutan.

"Berlandaskan visi tersebut, Ioniq 6 hadir sebagai langkah nyata Hyundai untuk memperkuat kepemimpinannya dalam elektrifikasi kendaraan dan solusi mobilitas cerdas. Hadirnya Ioniq 6 pun menjadi bagian dari upaya berkelanjutan kami dalam mendukung pemerintah untuk mendorong percepatan elektrifikasi industri otomotif di Indonesia," ujar WooJune Cha, dalam keterangan resminya.

WooJune Cha menambahkan, melalui pengenalan model baru ini, kami menyediakan berbagai pilihan kepada konsumen Indonesia, sehingga mereka dapat memiliki lebih banyak opsi dalam memilih kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi mereka.

A black car with its front end and its front bumper

Description automatically generated with medium confidence
IONIQ 6. (Sumber foto: Hyundai Motor Indonesia, Donny)

Fransiscus Soerjopranoto, Chief Operating Officer HMID, menambahkan, Ioniq 6 merupakan buah dari konsistensi Hyundai dalam berinovasi dan mendobrak batas untuk merancang desain mobil modern, khususnya untuk kendaraan listrik.

"Maka dari itu, Ioniq 6 hadir sebagai mobil listrik murni Hyundai paling aerodinamis dan paling efisien daya saat ini. Lengkap dengan eksterior yang futuristis, interior yang lapang, serta pengembangan teknologi yang advance, Ioniq 6 memberi pengalaman berkendara terbarukan yang tak dapat ditemukan di kendaraan lainnya untuk Awaken Your World,” kata Fransiscus.

BACA JUGA: PENELITI BAGIKAN TIPS PILIH MOBIL LISTRIK YANG WORTH TO BUY

IONIQ 6
IONIQ 6. (Sumber foto: Hyundai Motor Indonesia, Donny)

Model terbaru dalam seri Ioniq ini memadukan estetika, efisiensi, dan fungsionalitas dengan tema desain "Ethical Uniqueness". Ioniq 6 juga mewujudkan komitmen konsumen-sentris Hyundai Motor terhadap efisiensi energi dan tanggung jawab lingkungan. Terinspirasi oleh mobil konsep Prophecy EV Hyundai, Ioniq 6 menampilkan garis-garis sederhana, bersih, dan bentuk aerodinamis yang disebut oleh desainer Hyundai sebagai efisiensi emosional.

Mewarisi konsep Electrified Streamliner, Ioniq 6 memiliki tampilan yang sporty dan modern, menawarkan solusi mobilitas cerdas dengan desain eksterior yang ramping dan futuristik. Mobil listrik ini memiliki koefisien drag terendah dari semua kendaraan Hyundai, yakni 0,21. Sehingga, menjadikannya salah satu kendaraan listrik sepenuhnya paling aerodinamis hingga saat ini.

The interior of a car

Description automatically generated
Sumber foto: Hyundai Motor Indonesia, Donny

Tidak hanya pada siluet mobil, detail eksterior lainnya juga menonjolkan aspek aerodinamis. Salah satunya adalah gagang pintu yang tersembunyi. Gagang pintu ini telah dirancang dengan cermat untuk meningkatkan aerodinamika kendaraan. Gagang pintu rata dengan bodi saat mobil terkunci, juga memastikan keamanan Ioniq 6. Aspek ini diuntungkan dari tampilan stylish Ioniq 6 dengan pelek berukuran 20 inci.

Tampilan Ioniq 6 yang mewah dan futuristik juga tercermin dari desain pencahayaan Parametric Pixels pada lampu depan dan lampu belakang, serta lampu rem Parametric Pixel yang dipasang tinggi pada spoiler belakang. Sistem Parametric Pixel tidak hanya menambah estetika desain, tetapi juga menjadi simbol yang menerangi masa depan elektrifikasi di industri otomotif Indonesia.

The inside of a car

Description automatically generated
Sumber foto: Hyundai Motor Indonesia, Donny

Hyundai melanjutkan komitmen berkelanjutannya untuk menghadirkan fungsionalitas dan estetika ke dalam aplikasi interior, terutama pada pewarnaan kendaraan. Cat berpigmen untuk body cladding Ioniq 6 terbuat dari sampah ban yang sudah didaur ulang.

Interior Ioniq 6 terinspirasi dari bentuk kepompong (cocoon). Mobil listrik ini dirancang mengutamakan kenyamanan dan keleluasaan penggunanya. Dengan platform Electric Global Modular Platform (E-GMP), Ioniq 6 menawarkan kenyamanan maksimal di dalam kendaraan.

The back seats of a car

Description automatically generated
Sumber foto: Hyundai Motor Indonesia, Donny

Jarak sumbu rodanya sepanjang 2.950 mm, sehingga membuat interiornya lebih lapang dibanding mobil listrik lainnya. Secara keseluruhan, dimensi Ioniq 6 memiliki panjang 4.855 mm, lebar 1.880 mm, dan tinggi 1.495 mm, serta jarak terendah ke tanah 141 mm, yang menghasilkan kenyamanan dan kestabilan selama perjalanan.

Ruang kaki juga lebih lega dan lantai mobil yang sepenuhnya rata membuat penumpang bisa lebih santai dalam melakukan perjalanan. Lapangnya interior Ioniq 6 juga semakin maksimal dengan tombol-tombol fisik pada pintu depan yang ditiadakan untuk memberikan ruang yang lebih banyak terhadap penyimpanan barang. Interior pada baris depan Ioniq 6 juga dilengkapi dengan bridge-style open console. Konsol ini bisa diatur untuk meletakkan perangkat atau menyimpan barang bawaan.

Ioniq 6 menawarkan kenyaman maksimal di tiap kursi. Pada baris depan, penumpang akan dimanjakan dengan fitur Relaxation Comfort Seat, di mana posisi bantalan kursi, sandaran kursi, dan penyangga kaki dapat diatur sesuai preferensi penggunanya.

Jadi, pengguna bisa mendapatkan posisi duduk yang lebih santai dan lebih nyaman. Kemudian, kursi pengemudi dan kursi penumpang depan juga sudah dilengkapi dengan pengaturan elektrik 10 arah, lumbar support, memory function, pendingin dan pemanas kursi, sehingga pengguna bisa tetap menjaga postur tubuh dan kenyamanan tetap sempurna selama berkendara.

A car with the hood open

Description automatically generated
Sumber foto: Hyundai Motor Indonesia, Donny

Selain interior yang lapang, interior mobil listrik ini juga tampil elegan berkat kehadiran Dual Color Ambient Lighting. Dengan fitur tersebut, penggunanya bisa memilih profil pencahayaan di dalam kendaraan sesuai suasana hati dan selera dari 64 opsi warna dan 6 tema warna ganda yang tersedia. 

Layaknya bagian eksterior, interior Ioniq 6 juga menerapkan aspek berkelanjutan lewat penggunaan berbagai bahan ramah lingkungan. Ioniq 6 menggunakan material dari hasil daur ulang botol PET, serta komponen alami berbasis tebu dan jagung dalam membuat berbagai elemen, seperti jok, headlining, dan karpet. Seluruh permukaan panel interior pintu dan setir pada Ioniq 6 juga dilapisi dengan cat berbahan alami dari minyak ekstrak tanaman bunga kubis dan jagung.

Ioniq 6 dibekali baterai 77,4 kWh dan dua motor dengan sistem penggerak semua roda. Tenaga yang dihasilkan sebesar 239 kW dan torsi 605 Nm. Tenaga maksimal tersebut juga memungkinkan Ioniq 6 melesat dari 0 hingga 100 km/jam hanya dalam waktu 5,1 detik, dengan kecepatan maksimal 185 km/jam. Performa tertinggi didukung dengan penggunaan tenaga yang baik untuk jarak jauh.

Berdasarkan hasil pengujian World Harmonized Light Vehicle Test Procedure (WLPT), Ioniq 6 mampu menempuh jarak hingga 519 km dengan sekali pengisian daya, dengan konsumsi energi 16,9 kWh/100 km. Konon, Ioniq 6 adalah salah satu mobil listrik paling bertenaga di pasaran. Berdasarkan pengukuran tersebut, Ioniq 6 diklaim apat melakukan perjalanan dari Jakarta ke Magelang dengan sekali pengisian penuh.

A car parked in a showroom

Description automatically generated
Sumber foto: Hyundai Motor Indonesia, Donny

Dibekali teknologi fast charging DC hingga 800V, mengisi baterai Ioniq 6 dari 10 persen hingga 80 persen hanya membutuhkan waktu 18 menit menggunakan supercharger 350 kW. Sementara untuk fast charging 50 kW, membutuhkan waktu 73 menit. Untuk pengisian menggunakan charging AC standar 7 kW, butuh waktu 12 jam dari nol hingga penuh.

Salah satu fitur unggulan dari Ioniq 6 adalah Vehicle-to-Load (V2L), seperti yang sudah disematkan juga pada Ioniq 5. Fitur ini berfungsi untuk mengalirkan daya hingga 3.600 watt, sehingga bisa digunakan untuk menghidupkan perangkat elektronik rumahan.

A car with a black roof

Description automatically generated
Sumber foto: Hyundai Motor Indonesia, Donny

Teknologi canggih lainnya juga melengkapi interior Ioniq 6, seperti layar jead unit berukuran 12,3 inci dengan tampilan head up. Kemudian, untuk memanjakan telinga para penggunanya, disematkan sistem audio 8 BOSE Premium yang dikombinasikan dengan amplifier eksternal.

Tidak lengkap rasanya jika mobil listrik tidak dibekali dengan teknologi Advanced Driver Assistance Systems (ADAS). Pada Ioniq 6, teknologi ADAS disebut dengan Hyundai SmartSense. Teknologi ini meliputi banyak fitur keselamatan aktif, seperti Intelligent Front Lighting System (IFS), Forward Collision Avoidance Assist 2 (FCA 2), Blind Spot Avoidance Assist (BCA), Blind Spot Monitoring (BVM), Peringatan Pengemudi (DAW) dan Peringatan Keberangkatan Kendaraan, Lane Keeping Assist Assist (LFA), Lane Keeping Assist - Line/Curb (LKA -L/R), Parking Assistance Assist (PCA-R), Collision Avoidance Assist, Rear Cross Traffic (RCCA), Peringatan Penumpang Belakang (ROA), Safe Exit Warning (SEW), Smart Cruise Control (SCC) dengan fungsi Stop & Go , dan Surround View Monitor (SVM).

A car parked in a dark room

Description automatically generated
Sumber foto: Hyundai Motor Indonesia, Donny

Kemudian, disematkan juga fitur canggih lainnya untuk meningkatkan keselamatan berkendara, seperti Electronic Stability Control (ESC) yang meliputi Anti-lock Braking System (ABS), Brake Assist System (BAS), Electronic Brake-force Distribution (EBD) , Hill-Start Assist Control (HAC), Multi Collision-Avoidance Brake (MCB), Traction Control System (TCS), dan Vehicle Stability Management (VSM). Belum lagi, ada fungsi pendukung lainnya seperti Emergency Stop Signals (ESS), High Speed ​​Lane Assist (MSLA), Blind Spot Warning - Front/Side/Rear (PDW-F/S/R), pemantauan tekanan ban . System (TPMS)) dan Virtual Engine Sound System (VESS).

Hyundai Ioniq 6 hadir dengan lima warna pilihan, yakni Gravity Gold Matte, Nocturne Gray Matte, Abyss Black Pearl, Serenity White Pearl, dan Biophilic Blue Pearl. Mobil listrik ini dibanderol dengan harga Rp 1.197.000.000 (OTR Jakarta).

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Donny Antoro

Seorang penulis, pecinta otomotif, sering kali menyatukan keduanya.