Tech

KAMERA PERISKOP, TEKNOLOGI ANYAR DI IPHONE 15

Apple biasanya merilis seri iPhone terbaru di bulan September. Sambil menunggu rilisnya si iPhone 15, kalian bisa simak beberapa rumornya di sini.

title

FROYONION.COM - Kehadiran iPhone 15 tak disangka-sangka menjadi perbincangan warganet akhir-akhir ini. iPhone 15 diprediksi akan menggunakan desain yang menarik. Dirumorkan ponsel ini mengusung teknologi kamera periskop, yang akan diberikan khusus untuk yang seri Pro. 

Kamera periskop merupakan teknologi kamera zoom optik yang memiliki keunggulan tingkat akurasi dan ketajaman yang lebih baik. Sebagaimana kita tahu, zoom biasanya 'mengorbankan' kejelasan foto. Hasilnya jadi blur dan 'pecah'. Dengan teknologi kamera periskop ini, kita bisa mengambil foto tanpa pecah. 

Dengan kamera periskop kalian dapat membesarkan objek dengan detail yang lebih jelas saat preview mode dan hasil akan sesuai juga dengan preview mode

Membahas soal isi daya, menurut ChargerLab, semua model iPhone 15 nanti akan mendukung pengisian 15 watt fast wireless charging dengan mengusung standar terbuka Qi2. 

Dilansir dari Forbes.com, Apple sebelumnya membatasi standar pengisian nirkabel hanya sampai 7,5 watt. Dengan aksesori Magsafe berlisensi dari Apple, iPhone nantinya bisa dicas dengan kekuatan 15 watt. 

Rumor lainnya yang tak kalah menarik ialah bahwa iPhone seri 15 akan memakai USB-C sesuai anjuran dari Uni Eropa. Diwartakan dari Detik, pengguna iPhone seri terbaru ini kemungkinan tidak bisa asal colok dengan kabel USB-C di pasaran. Nah!

Sementara itu, berdasarkan rumor di Weibo, Apple sedang mengembangkan tipe USB-C yang dikhususkan untuk iPhone seri terbarunya yaitu seri 15. Rumor tersebut muncul dari pengguna Weibo yang mengaku sebagai pakar Integrated Circuit (IC) dengan pengalaman 25 tahun dalam mengembangkan prosesor Intel Pentium. 

IC sendiri adalah sebuah chip semikonduktor yang berfungsi untuk berbagi informasi antar perangkat. Seluruh aksesoris resmi Apple dan aksesori buatan pihak ketiga dengan sertifikat buatan iPhone alias (MFi) Made for iPhone mempunyai IC yang akan mengonfirmasikan keaslian komponen yang digunakan. 

Dari rumor yang beredar,  dikatakan port USB-C dan kabel charger untuk iPhone seri 15 akan memiliki autehenticator chip yang mungkin akan membuat penghalang kepada aksesori non-Apple. 

Jadi misal, jika Anda punya kabel pihak ketiga yang tidak memiliki sertifikat MFi, maka jika dihubungkan ke perangkat Apple terbaru akan muncul peringatan ‘This accessory is not supported’. Intinya, Apple bakal bisa menjual aksesoris orisinalnya lebih banyak dengan taktik ini. 

Berbekal pengisian nirkabel berkecepatan tinggi, standar terbuka dengan kemampuan pengisian menggunakan kabel USB-C merupakan sejumlah kelebihan yang benar-benar baru di iPhone 15 nanti. Sebagaimana kita ketahui, iPhone hingga seri 14 sekarang masih bertahan dengan port lightning

Untuk spesifikasi yang lainnya, iPhone 15 ini akan menanamkan prosesor A17 Bionic yang digadang-gadang akan lebih cepat dan hemat daya dari pendahulunya yaitu A16 Bionic yang tertanam di iPhone 14. 

Masih dilansir dari Forbes, iPhone 15 Pro dan Pro Max akan seperti pendahulunya iPhone 14 Pro dan Pro Max yang memiliki  ukuran layar 6,12 inci dan 6,69 inci. Sedangkan, sekarang yang dipasarkan Apple masing-masing 6,1 inci dan 6,7 inci. 

Sedangkan, bahan body iPhone 15 ini dikabarkan akan dibuat dari Titanium. Namun, bisa saja body Titanium ini hanya hadir  untuk yang varian lebih tinggi, misal seri Pro. 

iPhone 15 akan hadir dalam beberapa versi. Selain yang versi biasa, juga akan ada versi Plus, Pro, Pro Max, dan versi Ultra.

Untuk kejelasan lebih lanjut mungkin kita bisa menunggu iPhone 15 ini rilis di September 2023 nanti. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Roni Jonok

Pengangguran yang kebanyakan freelance, kalau lagi edgy bertransformasi jadi freelance yang kebanyakan nganggur. Bisa fotografi, videografi dan desainer grafis tingkat dasar sesekali nulis kalo lagi butuh duit.