Tech

5 REKOMENDASI GAME ENTENG BUAT NEMENIN LO NGABUBURIT DI RUMAH

Ngabuburit gak harus melulu keluar rumah dan cari angin. Buat kaum mageran yang anti sama udara luar rumah juga bisa kok ngabuburit lewat main game.

title

FROYONION.COM - Di bulan penuh berkah ini kita dipertemukan kembali dengan sebuah tradisi lokal bernama ngabuburit. Biasanya, ngabuburit identik dengan kegiatan berupa jalan-jalan sore di luar rumah sampai mendekati waktu adzan magrib. 

Namun nggak sedikit dari kita yang sudah terbiasa dengan kehidupan terisolasi di dalam rumah semenjak pandemi COVID-19 melanda. Walau aturan PPKM sudah dicabut oleh pemerintah, tetapi rasa malas untuk menginjakkan kaki keluar rumah pasti akan selalu ada buat para kaum mageran.

Nah, buat kamu yang mau ngabuburit tapi mager dan ogah untuk keluar rumah, inilah  daftar rekomendasi 5 game yang bisa kita mainkan di rumah sembari menunggu bunyi adzan magrib pertanda waktu berbuka. 

Tentunya 5 game yang direkomendasikan ini memiliki system requirements yang nggak terlalu tinggi buat lo mainkan di PC ­low-end kamu.

1. PROJECT ZOMBOID

Kalo dilihat dari judulnya aja, kita bisa menyimpulkan sendiri isi dari game yang satu ini. Ya, Project Zomboid merupakan video game bertemakan zombie survival buatan developer indi The Inde Stone.

Kalo biasanya game-game bertema zombie survival selalu dibawakan dengan tampilan perspektif first-person, Project Zomboid ini justru hadir dengan tampilan perspektif isometric

Hal lain yang membedakan Project Zomboid ini dengan game-game bertema serupa adalah mekanisme permainannya yang kompleks banget, karena di game ini objektif utamanya bukan banyak-banyakan membunuh zombie, melainkan seberapa kuat lo bisa bertahan hidup di kota yang penuh dengan bejibun zombie.

Bertahan dari zombie di game ini bukanlah hal yang mudah dan sederhana. Ada banyak aspek di game ini yang bakalan mempengaruhi permainan lo. Mulai dari skillresources, sampai gear yang kamu punya bakalan mempengaruhi alur permainan kamu.

Yang lebih gokilnya lagi, game ini sangat mengutamakan hal-hal realistis yang mungkin terjadi di dunia nyata. Jadi, beberapa hal yang kamu ekspektasikan terjadi di dunia nyata, kemungkinan besar bisa terjadi di game ini.

Nggak berhenti di situ, game ini juga punya fitur multiplayer. Jadi, kamu juga bisa main bareng temen dan bekerja sama untuk bertahan hidup di game ini.

Sayangnya, game ini masih dalam status early access. Tapi walaupun demikian, menurut penulis game ini punya masa depan yang menjanjikan. Karena developernya juga cukup konsisten memberikan update-update yang menarik.

2. THE ESCAPISTS 2

Kalo di game sebelumnya mengharuskan kita untuk bertahan hidup di lingkungan kota penuh zombie, di game yang satu ini juga nggak jauh beda, kok. Sama-sama bertahan hidup, tapi yang satu ini di lingkungan penjara.

Nggak perlu repot-repot melakukan tindakan kriminal dulu agar lo bisa merasakan kehidupan di penjara. Cukup main game ini aja lo sudah bisa mendapatkan secuil gambaran mengenai kerasnya kehidupan dalam penjara. Walaupun nggak 100% mirip dengan kehidupan di penjara sungguhan, tapi sudah lumayan cukup buat merobek sedikit rasa penasaran.

Sesuai dengan judulnya, objektif dari game ini adalah membuat karaktermu kabur dari penjara.

Saat memainkan game ini, kamu akan dipertemukan dengan berbagai macam tantangan dan misi yang nantinya akan mengarahkan kamu menuju akhir cerita dari game ini. Strategi tentunya juga diperlukan, karena dapat berpengaruh terhadap seberapa cepat kamu akan menamatkan game ini.

Walaupun mempunyai setting tempat yang cukup menyeramkan, game ini hadir dengan tampilan grafis pixelated beserta sedikit unsur kartunis sebagai penghibur.

The Escapists 2 ini sekuel The Escapists. Tapi tenang aja, nggak ada alur cerita yang berhubungan dengan game sebelumnya. Malah, di game ini ada banyak banget improvement yang diberikan dari game sebelumnya.

3. SCIRBBLENAUTS UNLIMITED

Mungkin buat kamu yang baru tahu, seri game Scribblenauts akan terdengar asing di telinga lo. Maklum, karena memang game ini nggak terlalu populer di Indonesia. Tapi percayalah, setelah kamu tahu dan memainkan game ini, kemampuan bahasa inggrismu akan diasah lewat misi-misi yang ada di game ini.

Game ini bergenre puzzle, yang artinya untuk melewati suatu misi, lo diharuskan untuk memecahkan suatu teka-teki terlebih dahulu.

Mekanisme permainannya sangatlah sederhana. Kamu akan diberikan sebuah buku catatan atau notebook yang nantinya bisa kamu gunakan untuk menuliskan berbagai macam objek di dalamnya. Setelah menuliskan objek yang dibutuhkan, objek itu akan keluar dari notebook dan bisa kamu gunakan untuk menyelesaikan misi.

Di game ini kamu akan berfokus untuk membantu NPC-NPC dengan berbagai macam masalah yang mereka hadapi. Nah, di sinilah kemampuan bahasa Inggrismu akan diuji. 

Karena untuk menolong NPC yang memiliki masalah tertentu, kamu harus menuliskan objek yang dibutuhkan oleh si NPC itu dengan notebook dalam bahasa Inggris. Kamu bisa nulis apa aja yang ada di imajinasi, seperti naga, dinosaurus, mobil, pengacara, dll. Kamu juga bisa memberikan adjektif ke setiap objek yang akan kamu tulis.

Game ini hadir di berbagai macam platform. Jadi, kamu bisa memainkan game ini di PC, smartphone, Nintendo Switch, PS4, XBOX One, Wii U, dan 3DS.

4. TERRARIA

Rekomendasi yang selanjutnya kembali ke genre survival lagi. Bedanya di game ini bukan hanya mengutamakan mekanisme bertahan hidup tetapi juga eksplorasi.

Terraria hadir dengan tampilan grafis pixelated. Tetapi, walaupun demikian, menurut penulis game ini memiliki gaya seni visual yang cukup memanjakan mata. Begitupun dengan latar musiknya. Menurut gue latar musik di game ini menjadi ciri khas tersendiri. Alunan nada yang terdengar di telinga akan membawa kita jauh ke dalam dunia eksplorasi ala Terraria.

Tidak ada objektif khusus pada game ini. Intinya tugas kita di sini hanya untuk mengeksplorasi, mengumpulkan resources, membangun markas, melawan monster, membuat dan mencari equipment, hingga menjadi karakter yang over power digame ini.

Sama seperti Scribblenauts Unlimited, Terraria juga bisa kita mainkan di berbagai platform, dan game ini juga hadir dengan fitur multiplayer. Jadi, kita juga bisa memainkan game ini bersama teman-teman.

5. STARDEW VALLEY

Game ini berlatar pedesaan, yaitu Stardew Valley. Sengaja direkomendasikan game ini di urutan terakhir, karena penulis adalah penganut prinsip save the best for the last

Menurut penulis ini game yang terbaik di antara 5 game yang sudah penulis rekomendasikan.

Stardew Valley merupakan game simulasi pertanian yang wajib buat dimainkan di saat menunggu waktu berbuka. Bukan tanpa alasan, ketika mememainkan game ini, rasa lapar yang menghantui perut bisa terlupakan sejenak.

Objektifnya sederhana, kita hanya perlu merawat kembali sebuah ladang pertanian yang sudah lama ditinggalkan. Ada juga beberapa misi yang bisa dikerjakan yang nantinya bisa mengantarkan ke ujung alur cerita.

Selain dapat melakukan hal-hal yang biasa dilakukan oleh petani, seperti menanam, memanen, dan merawat ternak, di game ini kita juga bisa memancing, menambang, hingga melawan monster-monster.

Mekanisme permainan dalam game ini menurut penulis tidak terlalu membosankan, karena di game ini juga ada banyak hal yang bisa kita eksplor, yang membuat seolah game ini tidak ada akhirnya.

Stardew Valley hadir di berbagai macam platform, yang tentunya bisa dimainkan di manapun dan kapanpun menggunakan smartphone atau konsol handheld yang kita punya. 

Game ini juga hadir dengan fitur multiplayer via Local Area Network (LAN) yang memungkinkan kita untuk bermain dengan temen-temen membangun pertanian bersama. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Joshua Nathanael Zega

Mahasiswa Informatika yang hobinya menghamburkan uang di warung makan.