Potensi Diri

SENSASI & KONTROVERSI BISA JADI JUMPING STONE ALTERNATIF BIAR DUNIA TAHU SIAPA LO!

"Cari sensasi ataupun kontroversi, bukan caraku agar hidupku rekonstruksi. Dari mimpi semua hal dapat terjadi, maka lebarkanlah sayap dan terbanglah yang tinggi."

title

FROYONION.COM - Seperti penggalan lirik lagu milik Bondan Prakoso & Fade 2 Black berjudul Hidup Berawal dari Mimpi di atas, lo bisa cobain menciptakan sensasi dan kontroversi sebagai alternatif batu loncatan atau jumping stone biar lo terkenal, setidaknya di dunia maya dan dunia kreatif Indonesia kedepannya.

Dengan catatan, lo jangan aminkan penggalan lirik terusannya. Cukup "Cari sensasi dan kontroversi".

Fakta bahwa ritme hidup setiap di antara lo yang membaca tulisan ini pasti berbeda, adapun kesamaan, ya paling hanya sekadar beririsan saja. Ritme ini terkadang flat, bergelombang, atau bahkan kencang penuh adrenalin. Tren anak muda Indonesia sekarang bisa dibilang cukup majemuk, tinggal lu pilih mau join tren yang mana.

Khusus buat lo yang merasa ritme hidupnya flat alias monoton menurut hemat lo pada, coba injak alternatif yang disebut di atas sebagai jumping stone dalam kehidupan lo. Bro, Bumi kita aja kagak flat. Kecuali lo merupakan salah satu insan yang mengamini teori Flat Earth.

Setelah lu selesai dengan persoalan di atas, mari kita urai bagaimana alternatif ini bekerja dengan langkah yang lu ambil. Ada sensasi dan kontroversi, dua hal itu bisa jadi jumping stone menuju kemasyuran di era ini yang layak dicoba selain jalur prestasi atau "orang dalam".

Dunia entertainment bisa dibilang lekat dengan sensasi maupun kontroversi. Lo bisa menciptakan hal yang menggemparkan, unik, aneh, bahkan baru dilihat oleh orang lain. Dua cara ini biasanya dilakukan oleh artis untuk menaikkan lagi pamor atau karena sedang sepi job agar kembali dilirik industri hiburan. Namun beda cerita dengan lo yang awalnya mungkin bukan siapa-siapa.

Banyak contoh yang lo bisa jadikan ilham untuk melejitkan nama lo. Misalnya, Vicky Prasetyo adalah artis yang pada awal kemunculannya dikenal penuh sensasi. Bukannya padam setelah masuk bui, dia bak bintang baru entah dari galaksi mana yang kian bersinar di kalangan artis papan atas. Berawal mengaku sebagai pengusaha yang hendak melamar pedangdut Zaskia Gotik,  kemudian terjerat dugaan kasus penipuan, nyatanya dia masih mondar mandir di layar kaca TV lo, kan?

Vicky Prasetyo hanya salah satu dari beberapa orang yang kariernya di dunia hiburan Tanah Air melejit lewat sensasi dan kontroversi. Dia paham bagaimana cara ke ruang angkasa tanpa harus membuat roket terlebih dahulu.

Fokus, lo juga bisa!? Alternatif ini bisa dipakai ketika lo punya ide membuat konten berbau sensasi atau kontroversi. Misalnya lo ngaku pernah ketemu alien, punya remot awan, mukulin pohon pisang, pernah berkelahi melawan 100 orang, pargoy di TikTok, nongkrong di Dukuh Atas dan masuk 'geng' SCBD, selingkuh dengan artis, atau nge-boost nama lo lewat nasib yang dialami seseorang. Semuanya lo yang setting. Banyak cara.

Kemudian, setelah lo eksekusi ide itu, giliran jempol yang menari untuk posting ke dunia maya. Sekali klik, konten kontroversial dan penuh sensasi itu mengudara dan bergentayangan di media sosial.

Nama lo bakalan dicari banyak orang seketika, seenggaknya masuk trending topic di Twitter atau Google Trends. Ini masih awal untuk bisa 

Karena ini jumping stone, lo juga harus setting ide buat maintenance ketenaran lewat jalur sensasi dan kontroversi yang lo bikin supaya tidak cepat mati seinstan memasak Indomie. Atau bisa disebut nge-thread karier pasca-kontroversi atau sensasi tadi. Lo harus tanggung jawab. Karena ini ada risikonya, bisa terkenal atau kena 'rujak' jari netizen +62.

Terlepas dari itu, tidak bisa dipungkiri media sosial adalah media untuk anak muda berekspresi di dunia industri kreatif. Lo harus punya cara yang harus lo pikiran untuk terus 'mengorbit'. Entah itu rajin posting kegiatan lo, sensasi lanjutan, atau rajin nempel ke artis-artis papan atas yang aware sama kemunculan lo, bergantung sensasi apa yang dibuat di awal. Konsisten dan berakhir pada ketenaran yang baik, sehingga hidup lo lebih bergelombang.

Fuji, Lucinta Luna, Vicky Prasetyo, Nikita Mirzani, Norman Kamaru, hingga Jeje 'Slebew' SCBD serta Bonge remaja paling tampan di se-Dukuh Atas adalah contoh nyata untuk dikenal di dunia maya atau hiburan tanah air dengan cara sensasi dan kontroversi.

Awalnya siapa mereka di dunia hiburan? Tapi pada akhirnya mereka adalah orang yang bisa pergi ke ruang angkasa tanpa harus punya roket sendiri seperti Elon Musk. Ujung-ujungnya sama, beberapa dari mereka berkarya dengan kemampuan mereka dan berhenti membuat sensasi dan kontroversi.

Pilihan tetap ada di tangan lo. Alternatif ini hanya sekadar satu dari sekian banyak cara membuat ritme hidup lo enggak flat-flat amat. Kalau ada karya dan prestasi, ya kenapa nggak buat coba jalur ini. Industri kreatif Indonesia butuh regenerasi dan karya-karya segar, Civs. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Ikbal Tawakal

News editor di media mainstream, penyair salon, sehari-hari membaca buku sastra dan mencari cuan.