Potensi Diri

KALO MASUK KE INDUSTRI MEDIA KREATIF, KIRA-KIRA BISA JADI APA AJA YA?

Digitalisasi makin menjadi-jadi, pekerjaan di bidang kreatif juga makin dicari. Simak jenis-jenis pekerjaan di industri media kreatif yang bisa lo coba tekuni, Civs!

title

FROYONION.COM - Jaman sekarang, tentunya lo bisa dengan mudah mencari info media kreatif terbaik yang ada di Indonesia lewat internet. Baik untuk mencari info lowongan kerja, ataupun mencari informasi tentang jenis-jenis pekerjaan apa aja yang ada di industri media kreatif itu sendiri.

Tentunya, peluang kerja yang ada di industri media kreatif tuh beragam dan menjanjikan banget buat banyak orang, Civs. Terutama buat lo yang suka sama hal-hal yang mengharuskan lo untuk mencetuskan ide-ide kreatif di dalamnya. Karena pada umumnya, industri ini tuh perlu diisi sama orang-orang yang mau berkembang dan berkreasi, nggak sekedar kerja nine-to-five aja.

JENIS-JENIS PEKERJAAN DI MEDIA KREATIF

Di industri media kreatif, tentunya ada beberapa modal utama yang harus lo miliki supaya bisa sukses. Paling utamanya, lo harus punya pengetahuan atau wawasan yang luas terhadap bidang kerja yang lo tekuni. Nggak cuma itu, lo juga harus punya sifat yang ‘mau belajar’ dan tahan banting dalam setiap prosesnya. Emang nggak mudah, tapi beberapa modal ini emang harus lo miliki dan tanam di diri lo untuk bisa sukses.

Kalo lo tertarik untuk masuk dan bekerja di media kreatif, gue punya beberapa jenis pekerjaan yang bisa lo coba pelajari dan jalani nantinya. Berikut beberapa jenis pekerjaannya, Civs:

CONTENT STRATEGIST

Profesi yang satu ini kerjanya mirip-mirip sama digital marketing nih. Pada dasarnya, seorang content strategist itu bertanggung jawab untuk membuat konten yang menarik, seringnya sih sebagai salah satu cara untuk berpromosi tentang suatu produk.

Nggak cuma proses membuat kontennya aja, profesi ini juga harus mampu untuk membuat perencanaan konten, pengembangannya, produksi, dan juga menganalisa konten yang dia buat. Medianya juga macem-macem, Civs, lo bisa jadi content strategist buat portal berita online, sosial media, dan juga SEO.

TECHNICAL WRITER

Profesi ini juga sering disebut sebagai penulis teknis, merupakan jenis pekerjaan di mana lo bertugas untuk membaut instruksi, dokumentasi, sampe artikel yang di dalamnya mengandung konsep teknis yang udah ditetapkan.

Modal yang lo perlukan untuk menjadi seorang technical writer adalah keuletan, wawasan yang luas, dan juga kreativitas untuk menyusun dan merangkai kata.

Profesi sebagai penulis teknis juga mengharuskan lo untuk menulis dengan tepat dan cepat. Kemampuan teknis ini jadi modal yang paling penting, terlebih kalo lo mencari info media kreatif terbaik yang ada di Indonesia.

VIDEO EDITOR

Sekarang ada semakin banyak perusahaan-perusahaan yang membutuhkan video editor, karena nggak cuma untuk keperluan bikin film aja, profesi ini sekarang bergerak ke arah pembuatan konten sebagai media promosi suatu perusahaan.

Buat lo yang tertarik, lo bisa memperbesar peluang untuk kerja sebagai video editor dengan memperbanyak pengalaman dan portfolio lo. Caranya macem-macem, lo bisa kerja lepas (freelance) atau lo bisa jadi relawan (volunteer) dalam sebuah proyek yang butuh output berupa video. Nantinya, akan semakin banyak pengalaman lo dan lo berpeluang besar untuk jadi video editor yang sukses.

BLOGGER

Nah, kalo profesi yang satu ini biasanya sih bersifat mandiri ya, Civs. Artinya, lo nggak bekerja untuk siapa-siapa kecuali untuk jadi bos bagi diri lo sendiri.

Tapi, yang kerennya, kalo lo dikenal sebagai blogger, ada peluang-peluang freelance yang datang dari klien yang butuh dengan keperluan marketing berupa artikel / tulisan. Jadi, nggak salah juga kok untuk sering-sering update kehidupan pribadi dengan menarik lewat blog.

SOCIAL MEDIA SPECIALIST

Profesi yang satu ini benar-benar memanfaatkan media sosial dengan semaksimal mungkin sesuai namanya. Pada dasarnya, seorang social media specialist perlu untuk mempromosikan suatu produk atau jasa lewat media sosial dengan harapan mendapat keuntungan lewat konten yang dibuat.

Tentunya pekerjaan ini mengharuskan lo untuk punya pengetahuan umum yang luas dan kreativitas tinggi. Lo harus bisa untuk bikin copy dan caption yang menarik supaya orang ‘kecantol’ sama konten yang lo buat.

Profesi ini jadi salah satu profesi yang paling seru, karena lo terbiasa dengan brainstorming dan diskusi ide dengan rekan-rekan kerja lo.

Jadi, gimana Civs? Tertarik buat bekerja di industri media kreatif? Terlebih buat para pencari kerja, jangan pernah cape untuk mencari info media kreatif terbaik yang ada di Indonesia lewat internet ya. Jangan lupa juga untuk selalu memaksimalkan potensi lo dengan selalu berlatih dan memperbanyak portfolio. Semangat terus cuy~ (*/Photo credit: Hamza NOUASRIA via Unsplash.com)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Garry

Content writer Froyonion, suka belajar hal-hal baru, gaming, dunia kreatif lah pokoknya.