Potensi Diri

INI AKIBATNYA PUNYA KERJAAN YANG MEMBOSANKAN PADA TINGKAT KREATIVITASMU

Banyak orang menyangka pekerjaan yang bisa membuat orang menciptakan ide-ide kreatif adalah yang dilakukan dengan menyenangkan di workspace keren kayak punya startup-startup Silicon Valley. Penelitian ilmiah membuktikan itu nggak sepenuhnya betul lho.

title

FROYONION.COM - Di era digital sekarang, kata “membosankan” seolah menjadi hal yang paling dihindari. Apapun yang membuat kita bosan biasanya langsung ditinggalkan, dibuang, dihindari, karena nggak ada faedahnya sama sekali. Game yang membosankan nggak bakal dapet review bintang 5, video di YouTube yang membosankan juga nggak bakal dapat angka views selangit kayak YouTuber-YouTuber terkenal, postingan Instagram yang membosankan juga nggak bakal disukai dan sedikit jumlah pengikutnya.

Tapi hal-hal yang membosankan nggak selamanya haram lho! Terutama kalau itu berkaitan dengan pekerjaan.

Kamu pasti bertanya: “Gimana bisa pekerjaan yang ngebosen ada faedahnya?”

Saat kerjaan kamu terasa sangat ngebosenin sampai lo rasanya mau resign. Tunggu dulu, kerjaan yang kayak ginilah yang mungkin bisa menggenjot kreativitas kamu!

Sebuah penelitian ilmiah yang dilakukan peneliti dari University of Central Lancashire dan dipublikasikan hasilnya di tahun 2013 menemukan bahwa ada kaitan erat antara pekerjaan seseorang dan tingkat kreativitasnya. Pekerjaan yang membosankan  bisa menaikkan kreativitas seseorang karena memberikan banyak waktu untuk melamun.

Penelitian ini membandingkan tingkat kreativitas para subjek yang dibagi dalam dua kelompok besar. Satu kelompok disuruh mengerjakan pekerjaan berkreasi dengan penggunaan cangkir plastik dan kelompok lainnya adalah mereka yang disuruh mengerjakan tugas yang membosankan (menyalin direktori nomor telepon selama 15 menit) baru kemudian berkreasi dengan penggunaan cangkir plastik sebagaimana yang dilakukan mereka yang ada di grup lain.

Ternyata, mereka yang diharuskan mengerjakan pekerjaan membosankan menunjukkan tingkat kreativitas yang lebih baik dibandingkan mereka yang langsung disuruh berkreasi dengan cangkir plastik.

Untuk lebih meyakinkan dampak positif mengerjakan tugas yang membosankan pada kreativitas mereka, peneliti memberikan tugas lain yang tak kalah membosankan yakni membaca nama-nama di direktori telepon. Ini lebih membosankan lagi karena mereka hanya memandangi lembaran kertas dengan nama-nama orang yang tercetak di font kecil.

Lagi-lagi mereka yang disuruh membaca direktori ternyata menunjukkan kreativitas lebih baik daripada yang langsung mengerjakan tugas yang merangsang kreativitas.

Hal ini menunjukkan kalau kita mau lebih kreatif, jangan hindari pekerjaan yang membosankan. Justru semakin pasif dan membosankan sebuah aktivitas, ia akan makin bisa melejitkan daya kreasi kita.

Lalu kalau begitu aktivitas seperti apakah yang membosankan dan bisa kita gunakan untuk meningkatkan kreativitas? Jawabannya bisa bermacam-macam, tergantung masing-masing orang. Kalau kamu orang yang sering menguap saat membaca, bisa jadi itulah yang harus kamu lakukan untuk merangsang kreativitasmu. Kalau kamu nggak bisa nahan kantuk saat menyimak penjelasan dosen di kuliah online, bisa jadi itulah yang bisa membuat daya kreasimu lebih baik.

Karena itulah kita bisa simpulkan saat kamu bosen saat lagi kerja atau kuliah, jangan buru-buru menghindarinya. Kerjaan atau kuliah yang monoton tadi bisa kok kamu jadikan pelecut kreativitasmu.

Penelitian ini memang masih belum memastikan bahwa mereka yang bosan di tempat kerja pasti bakal lebih kreatif saat berkarya di bidang lain tapi seenggaknya, ini bisa jadi motivasi buat kamu yang merasa rutinitas kerja atau kuliah kamu sangat ngebosenin untuk menemukan cara agar energi kreatifmu bisa tersalurkan dengan baik. Nggak cuma mengendap di ‘dalem’ dan nggak tersalurkan lalu jadi stres dan frustrasi. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Akhlis

Pimred Froyonion