Esensi

DAFTAR SIDE JOBS YANG BISA JADI PILIHAN UNTUK MAHASISWA BARU BUAT NAMBAH CUAN

Sudah waktunya buat mahasiswa baru merasakan gimana dunia perkuliahan nih. Jadi anak kos, nongkrong bareng temen-temen, tapi jangan sampai uang bulanan boncos juga Civs. Nih beberapa side job yang bisa lo cari buat nambah cuan.

title

FROYONION.COM - Jadi mahasiswa baru tuh emang rasanya seru banget,mulai dari ngerasain gimana jadi anak kos buat yang kuliahnya jauh, ngerasain gimana kuliah bisa bebas berekspresi dengan gaya fesyen yang mewakili diri kita banget. Ketemu orang-orang baru dengan latar belakang yang berbeda, kalau dulu waktu masih sma mungkin temen pergaulannya cuma beda kecamatan doang.

Kalau sekarang waktu kuliah temen mainnya udah beda kota, bahkan beda pulau juga, atau mungkin ada juga yang berbeda negara. Jadi buat kalian anak muda bisa punya banyak relasi selama kuliah, asal gak annoying aja sih waktu di ajak ngumpul bareng trus nongkrong.

Makanya terkadang kebanyakan anak muda yang baru ngerasain jadi mahasiswa  di semester-semester awal tuh mulai kepo dan penasaran dengan kampusnya, hal tersebut biasanya disalurkan dengan ikut berbagai macam organisasi di kampus mulai dari ukm,dema,hmj dsb.

Mulai deh sering rapat kesana sini tiap malem buat ngurusin organisasi nya, dan biasanya sepengalaman gue kalau rapat pasti di cafe atau ya warkop gitu buat nyari suasana yang cozy dan tenang buat diskusi.

Kalau kebutuhan bulanan lo selalu dicukupin sama orang tua sih gak masalah Civs, bisa ikut terus nongkrong tiap malam tanpa takut uang bulanan habis. Tapi kasusnya bakal beda buat mereka yang kuliah dikasih uang pas-pasan atau malah ada juga yang kuliah pakai biaya sendiri dengan bekerja sampingan, alias nyari side job buat menuhin biaya hidupnya sendiri.

Jadi buat lo nih Civs, yang pengen nyari side job buat di sela-sela waktu kuliah buat sekedar nambah uang jajan, atau emang untuk memenuhi kebutuhan biaya hidup, pilihan pekerjaan ini bisa lo jadikan referensi pekerjaan apa yang pas buat anak kuliahan dan pastinya jangan sampai mengganggu waktu kuliah, karena yang bakal di ulas disini emang yang kuliah dengan jam normal, bukan kuliah dengan kelas karyawan, kalau itu sih emang udah disesuaikan oleh kampusnya buat emang dari awal punya niatan bekerja sambil kuliah.

KERJAAN PART-TIME

Untuk saat ini banyak banget pekerjaan yang bisa lo lakuin dan pastinya nggak tabrakan dengan waktu kuliah, karena zaman sekarang banyak banget tempat yang menerima pekerja dengan sistem paruh waktu, tapi mungkin lo merasa jiper duluan karena gak punya pengalaman Civs, tenang aja! Banyak kok tempat yang bisa lo coba itu menerima pekerja yang belum berpengalaman, jadi lo akan di ajarin dari awal, beruntung banget sih, selain bisa menambah pengalaman lo juga jadi punya pemasukan.

Contohnya jadi barista, kapster di barbershop, waiters. Keuntungannya kalau lo ambil kerjaan part-time seperti ini, lo bakalan dapet gaji pokok dan bisa banget diandalkan saat di akhir bulan, ketika kiriman dari orang tua telat, gak perlu minta lagi udah dapet cuan sendiri.

Berdasarkan pengalaman gue dan temen-temen biasanya pekerjaan part-time ini rata-rata dimulai jam 6 sore sampai jam 10 malam.

SISTEM REMOTE WFH

Di era dunia digital ini yang semakin mengandalkan koneksi internet untuk segala aktivitas, bekerja,kuliah,sekolah,bisnis dsb. Bukan hal yang mustahil buat kalian mendapatkan pekerjaan dengan sistem remote wfh. Banyak kantor terutama startup di industri kreatif juga punya karyawan yang bekerja dengan sistem wfh. Apalagi buat lo nih Civs, yang punya skill di industri kreatif. Desain grafis, video editor, sosial media specialist, copywriting,copywriter,content writer,voice over,illustrator, pokoknya banyak banget peluangnya kalau lo punya skill di industri kreatif.

Lo bisa cari informasi di akun sosmed sistem pekerjaan dengan remote wfh atau lo bisa juga bikin portofolio di LinkedIn.   

Atau kalau lo punya skill di bidang menulis bisa juga jadi kontributor di froyonion.com buat nyumbangin tulisan lo, dan pastinya juga bakalan dapat reward kalau tulisan lo ditayangin. Keuntungan sistem kerja remote wfh seperti ini selain gak harus datang ke kantor, lo bisa kerja dimanapun dan dengan perusahaan ternama sekalipun.

FREELANCE ATAU PEKERJA LEPAS

Kalau lo sejak dari bangku SMA atau SMK senang fotografi atau videografi dan punya gear sendiri serta kemampuan yang mumpuni, bisa lo kembangin lagi ketika jadi mahasiswa baru, yaitu buka jasa videography, fotografi, selain bisa memperkaya portofolio, dan lebih ngembangin skill yang lo miliki, lo bisa semakin dikenal karena seperti di poin awal tadi kalau dunia perkuliahan itu tempatnya lo nyari relasi sebanyak-banyaknya dan seluas-luasnya. Atau buat lo yang suka dengan event lo bisa ikutan event organizer, karena mayoritas yang ikut event organizer di tempat gue masih mahasiswa, dan waktunya pun sangat fleksibel. Artinya cocok banget buat mahasiswa selain menambah relasi lo bisa kenal dengan orang-orang hebat juga yang emang profesional di bidangnya.

Emang kalau jadi mahasiswa itu tempatnya lo buat nyari relasi sebanyak-banyaknya, ngumpulin portofolio yang bisa ngebantu banget ningkatin kapasitas diri lo, ikut organisasi,volunteer dan bekerja bisa ngebantu masa-masa lo jadi mahasiswa lebih berwarna. Nggak jadi mahasiswa kupu-kupu, soalnya rugi banget kalo nggak dimanfaatin buat menambah pengalaman dan relasi.  

Jadi apapun pilihan lo Civs, selama kuliah yang penting bisa ngebantu kuliah lo dan tetap bisa ngatur waktu buat kuliah jangan sampai keteteran dan malah mengabaikan kuliahnya akhirnya jadi molor bertahun-tahun. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Muhamad Irfan Kusbiantoro

Warga sipil biasa yang kebetulan menjadi mahasiswa sastra arab tapi selalu merasa salah jurusan