Esensi

BELAJAR S3 DIGITAL MARKETING DARI FILM PENGABDI SETAN 2

Lo tau gak sih, selain filmnya yang cakep, marketing ala film pengabdi setan 2 ini bisa lo jadiin pelajaran dalam dunia marketing. Yuk kita kulik lebih dalam, Civs.

title

FROYONION.COM - Film Pengabdi Setan 2 berhasil meraup jumlah penonton sebanyak 5 juta orang hanya dengan tempo 12 hari penayangannya di bioskop. Raihan penonton Pengabdi Setan 2 ini udah ngalahin raihan sekuel pertamanya yang dirilis 2017 dengan 4,2 juta penonton saja.

Gak cuman itu aja, dengan suksesnya film Pengabdi setan 2 dalam meraih perhatian banyak orang, sekarang film tersebut berhasil juga membayang-bayangi film Indonesia terlaris sepanjang masa yang pernah diraih film KKN di Desa Penari yang tayang selama 72 hari beberapa waktu lalu.

Film yang disutradarai oleh Joko Anwar itu juga berhasil meraih banyak penonton di luar negeri, seperti di negara Malaysia yang bahkan raihan penonton di sana berhasil mengalahkan beberapa film dari negaranya sendiri, film Korea Selatan, hingga Amerika Serikat.

Namun dibalik filmnya yang cakep dan berhasil menyita perhatian banyak orang terdapat teknik marketing super jenius yang bisa lo jadiin pelajaran dan pengalaman, terlebih bagi anak muda yang berkecimpung dalam dunia digital marketing.

BUILDING AWARENESS DONGKRAK PENJUALAN DI ERA DIGITAL

Awareness building termasuk skill hal yang penting dalam dunia marketing, karena lo harus bisa ngelakuin pengenalan produk lo kepada konsumen sampai mereka sadar bahwa produk yang lo kenalin itu selalu dinantikan dan diharapkan oleh konsumen.

Hal tersebut juga dilakukan oleh Joko Anwar dan timnya, jauh-jauh hari sebelum penayangan Pengabdi Setan 2, mereka berusaha membangun awareness dan bahkan membangkitkan antusiasme audiens dengan dropping trailerteaser, dan bahkan ngadain berbagai kuis interaktif sekaligus menarik yang bisa diikuti oleh para penggemar di media sosial.

STRATEGI PENDEKATAN MARKETING YANG PERSONAL

Membangun komunikasi yang baik menjadi hal utama dalam pendekatan digital marketing, karena lo harus bisa membangun komunikasi yang baik dan juga intens dengan para konsumen. Interaksi ini selain bisa meningkatkan engagement, juga bisa menjaga konsumen lo untuk tetap membeli dan tertarik dengan produk yang lo tawarkan.

Hal tersebut juga dilakukan oleh Joko Anwar melalui akun twitternya, lo bisa ngeliat betapa rajinnya doi berinteraksi dengan penonton yang kasih review atau yang bikinin fanart. Bahkan beberapa kali juga berbagi pengalaman behind the scene yang ngebikin penonton semakin tertarik dan penasaran untuk segera menonton.

INTSALASI YANG ANTI MAINSTREAM

Gak main-main dengan Instalasi yang super niatnya, Joko Anwar beserta tim Pengabdi Setan 2 sampe memasang beberapa instalasi pocong di beberapa tempat bioskop untuk ngebikin penonton makin penasaran sekaligus excited

Sumber: @oitssz. 18/07/2022
Sumber: @oitssz. 18/07/2022

Bahkan mereka juga sampe ciptain wahana rumah hantu yang gokil dan bisa didatengin untuk ngerasain pengalaman horor ala-ala Pengabdi Setan 2.  Gak cuman itu aja, Joko Anwar sampe menggelar nobar di beberapa bioskop tua di Indonesia. Dengan konsep seperti itu, lo berani datang gak, Civs?

MENCIPTAKAN URGENSI UNTUK PENONTON

Strategi jitu dalam meningkatkan urgensi pembelian produk ialah selalu memperlihatkan kepada konsumen tentang momen-momen seru selama mencoba produk yang dimaksud, kurang lebih seperti testimoni lah yaa. Dan satu lagi yang gak kalah penting yaitu selalu update mengenai produk yang sudah terjual, dengan itu banyak konsumen yang berpikir bahwa produk lo itu emang bagus sehingga banyak yang terjual.

Cara tersebut juga diterapkan oleh Joko Anwar beserta timnya, mereka rajin banget posting momen-momen seru selama nonton Pengabdi Setan 2, selain itu mereka juga selalu update mengenai tiket bioskop yang terus sold out tiap harinya. Dengan strategi jitu tersebut, yakin lo gak FOMO, Civs?

BIKIN PROMO YANG AJIB

Gak boleh kelewatan nih, terkhusus bagi anak muda yang berkecimpung dalam dunia advertising yang biasanya identik dengan Industri kreatif. Karena kru Pengabdi Setan 2 pasti memiliki tim advertising yang begitu kreatif. Lo bisa ngeliat cara mereka bikin promo dan bundling produk yang menarik.

Mereka beberapa kali posting promo yang menarik, ditambah dengan narasi mereka yang ngebikin penonton itu tertarik, eits gak cuman itu aja, Civs. Mereka juga sampai ngasih info bahwa penonton bisa ngedapetin merchandise spesial khas Pengabdi Setan 2!

MENDORONG ORANG BUAT NONTON ULANG

Diantara semua cara S3 digital marketing yang dipertunjukkan oleh Joko Anwar dan tim, cara satu ini yang menurut gue paling gokil. Di mana lagi lo nemuin sutradara yang bahkan sampe bikin thread mengenai teori-teori dari filmnya sendiri?

Apresiasi besar bagi gue kepada Joko Anwar dan seluruh timnya karena mereka dengan kerennya nge-spill easter egg di film sendiri untuk ngebikin orang gak ragu-ragu lagi dan bahkan penonton dibuat menonton ulang sendiri untuk memastikan teorinya tersebut.

Gak jarang, dengan animo masyarakat terhadap filmnya sampe bisa memicu banyak penonton untuk berdiskusi di berbagai media sosial mengenai misteri maupun teori-teori yang didapatkan. Ini menjadi strategi yang bisa disebut Free Marketing bagi gue. Setelah membaca ini, apa lo tertarik dengan cara yang diterapkan mereka, Civs? (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Bayu Dewantara

Mahasiswa UI(n) Jakarta, Content Writer, Civillion, Penulis buku antologi "Jangan Bandingkan Diriku" dan "Kumpulan Esai Tafsir Progresif"