Potensi Diri

10 SKILLS MASA DEPAN YANG PALING DIBUTUHKAN ANAK MUDA KREATIF

Hard skill emang penting untuk mempermudah kamu menyelesaikan pekerjaan. Tapi soft skill juga nggak kalah penting Civs. Sebagai anak muda kreatif lo mesti punya skill ini loh!

title

FROYONION.COM - Sebagai anak muda kreatif nggak cukup kalo lo hanya memiliki hard skill aja. Soft skill juga perlu diasah dan dikembangkan agar mempermudah lo berhasil dalam karir apalagi saat berkompetisi di dunia kerja

Yakin deh soft skill itu kemampuan yang dibutuhkan oleh pekerjaan apapun. Misalnya komunikasi, manajemen waktu, motivasi, kecerdasan emosional, dan lainnya yang nanti kita akan bahas di bawah.

Apapun pekerjaan, lo pasti setuju kan? pasti perlu yang namanya kemampuan komunikasi, manajemen waktu, kecerdasan emosional dan soft skill lainnya.

Laporan LinkedIn Global Talent Trends menunjukkan bahwa 92% talenta professional melaporkan bahwa soft skill lebih penting untuk dipekerjakan daripada hard skill. Studi ini juga mengungkapkan 89% karyawan baru nggak berhasil karena kurangnya soft skill yang mereka miliki.

Berikut 10 soft skill yang udah gue rangkum dari Fast Company, dan bisa membantu lo maju dan berkembang!

1. LO MESTI BISA ADAPTASI

Kemampuan adaptasi memang sangat dibutuhkan, apalagi dalam dunia kerja. Buat sebagian orang mungkin adaptasi jadi hal yang menantang. Tapi ini penting banget Civs untuk mengembangkan karir lo ke depan.

Dalam sebuah pekerjaan, pasti akan ada perubahan peran, proses dan lingkungan. Mau nggak mau lo mesti menyesuaikan diri di situasi tersebut. Misalnya lo belum bisa, ada baiknya lo mencoba agar kemampuan adaptasi lo makin terasah.

Itung-itung mengembangkan keterampilan siapa tau bisa ikut kontribusi di proyek baru hehe. Dan ini nggak ada ruginya, toh misalkan sewaktu-waktu lo mau pindah jalur karir, lo udah punya basic dan pengalaman yang bisa lo jual ke mereka.

2. KECERDASAN EMOSIONAL ITU PENTING

Kecerdasan emosional juga nggak kalah penting Civs. Kemampuan lo untuk memahami, mengevaluasi, dan mengendalikan emosi juga perlu di pekerjaan apapun.

Ini soal berpikir sebelum berbicara dan bertindak. Misalnya ketika lo sedang marah terus dihadapkan dengan sebuah keputusan, gimana? Apa lo langsung memutuskan saat itu? Jika lo memiliki kecerdasan emosional yang bagus lo nggak bakal membuat keputusan saat marah. 

Misalnya lagi, ketika lo sedang cemas, lo mungkin bisa berhenti dan mundur selangkah. Jangan sampai lo membiarkan perasaan itu mengganggu ketika lo harus menghasilkan pekerjaan yang hebat.

3. KOMUNIKASI YANG EFEKTIF

Nah ini bukan soal komunikasi asal informasi tersampaikan ya. Seorang komunikator yang baik dapat mengungkapkan ide dengan jelas. Ketika lo berkomunikasi secara efektif, kemungkinan hanya ada sedikit kesalahpahaman.

Memang ini nggak mudah, tapi asal kan lo sering melatihnya, nggak menutup kemungkinan lo bakal bisa menguasai dan menjadi seorang komunikator yang baik.

Manfaat dari komunikasi yang efektif juga memberikan lo keuntungan kok, misalnya memperkuat koneksi baru, meningkatkan hubungan jangka panjang, dan meningkatkan reputasi lo.

4. ALAT PALING EFEKTIF YAITU NEGOSIASI

Negosiasi adalah salah satu soft skill yang paling penting namun diremehkan. Ketika lo memiliki soft skill negosiasi yang baik, lo bisa membangun hubungan yang saling menguntungkan apalagi menyangkut masalah pekerjaan dengan orang lain.

Lo akan mampu mengkomunikasikan keinginan kedua belah pihak untuk sama-sama mencapai kesepakatan yang menguntungkan bagi semua. Bahkan kemampuan negosiasi juga merupakan alat paling efektif untuk bisa mempengaruhi dan membujuk orang lain.

5. KERJA TIM BIKIN LO MUDAH

Ada alasan kenapa "kerja tim membuat mimpi itu berhasil." Iya itu benar, karena suksesnya sebuah perusahaan merupakan hasil dari pekerjaan banyak orang yang bekerja menuju tujuan yang sama. 

Lo akan kesulitan melakukan segala sesuatu jika dikerjakan sendirian Civs. Maka punya kemampuan bekerja sama sebagai tim adalah salah satu soft skill yang harus lo kuasai

Dalam tim, pekerjaan dibagi-bagi berdasarkan kemampuan masing-masing anggota tim. Nah, jika bekerja dalam sebuah tim, pastikan lo mampu menyelesaikan semua tanggung jawab yang dipercayakan kepada lo dengan sebaik-baiknya ya.

6. SIKAP POSITIFNYA YA

Sikap positif juga jadi hal penting ya, terutama ketika kerja sama dengan anggota tim untuk mencapai tujuan bersama. Sikap positif akan membantu lo banget dalam pekerjaan apapun.

Coba saatnya untuk menghindari berpikir negatif, bergosip, dan mengeluh. Mengeluh nggak menghasilkan apa-apa. Mendingan lihat tantangan dan pikirkan cara baru untuk memecahkan masalah. 

7. MANAJEMEN WAKTU

Siapa yang manajemen waktunya masih kacau? Inget ya Civs, lo nggak bisa melakukan semuanya sekaligus, mungkin iya ada yang bisa, tetapi apa hasilnya cukup baik?

Buat mengatasi hal tersebut, lo mesti memiliki manejemen waktu yang baik nih Civs. Caranya dengan membuat daftar dan prioritaskan tugas lo. Bagilah tugas ke dalam kategori mendesak, penting, nggak mendesak dan lainnya.

8. RESOLUSI KONFLIK

Kemampuan resolusi konflik juga mesti lo kuasai nih. Konflik di kantor sangat mungkin terjadi loh, biasanya karena salah menerima informasi. Makanya ketika lo memiliki resolusi konflik yang baik, konflik bakal bisa dihindari.

Lo bisa menerapkan keterampilan komunikasi dan negosiasi yang gue sebutin di atas untuk menemukan solusi konflik. Dengan begitu, komunikasi yang jelas, akurat dan kebijakan dapat mencegah banyak konflik di sana.

9. ETIKA KERJA YANG BAIK

Sebagai anak muda kreatif, ketika lo diberi tanggung jawab, lo mesti menyelesaikan dengan baik ya. Soft skill etika kerja ini kemampuan untuk tetap fokus, mengatur pekerjaan, dan mampu untuk menyelesaikan pekerjaannya. 

Lebih jelasnya, etika kerja berhubungan dengan dedikasi yang tinggi, kemampuan multitasking, performa pekerjaan yang baik, dan pekerjaan yang terorganisir.

10. KOLABORASI ATAS KOMPETISI

Yang namanya kolaborasi ini sangat dibutuhkan untuk menghasilkan peningkatan kreativitas, dan hasil yang lebih inovatif. Gimana nggak kan? Dua otak lebih baik dari satu, dan ide-ide kreatif yang dipicu oleh brainstorm kolaboratif bakal mendorong maju.

Skill ini juga perlu banget lo kuasai, kenapa? Ketika lo berkolaborasi dengan anggota tim lain, lo dapat mempelajari cara-cara baru untuk menangani tugas. Lo bahkan bisa belajar dari kesalahan satu sama lain.

Soft skill itu penting banget Civs, tapi masih banyak yang menganggap ini remeh. Tapi lo mesti terapkan pelan-pelan soft skill di atas. Asli ini bakal berguna banget untuk mengembangkan karir lo!

BACA JUGA: KENALI 4 TIPE ORANG DI DALAM TIM KERJA LO

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Abdurrahman Rabbani

Cuma buruh tinta yang banyak cita-cita.