Kreatif

VAN GOGH ALIVE: PENGALAMAN IMERSIF TERPOPULER DI DUNIA HADIR DI JAKARTA

Ekshibisi Van Gogh Alive akan menawarkan pengalaman melihat dan merasakan karya dan pengalaman hidup pelukis terkenal. Seperti apa? Simak selengkapnya!

title

FROYONION.COM - Beberapa waktu lalu, cuitan di akun Twitter @kavmera tentang pameran imersif Vincent van Gogh di Jakarta menjadi viral. Ia menulis, “Masih kaget…. Ternyata ini BENERAN”, dikutip pada Kamis (15/6/2023).

Ya, exhibition imersif paling populer di dunia akhirnya akan hadir di Jakarta pada Juli 2023 mendatang. Van Gogh Alive akan membawa pengunjung ke waktu, dimensi dan tempat yang menjadi latar bagi si pelukis dalam menuangkan semua inspirasi dan kegundahannya menjadi mahakarya.

Van Gogh Alive Jakarta mengajak semua pengunjung untuk bisa merasakan dan melihat langsung dunia sang seniman. Dalam exhibition Van Gogh Alive, pengunjung dapat menjelajahi seluruh ruangan, melihat setiap sudut dan celah, serta terlibat dalam pengalaman yang melampaui instalasi tradisional.

Pengalaman imersif dalam dunia seni sendiri merupakan sebuah pengalaman yang mendalam (imersif) yang bisa membuat kesadaran seseorang dipindahkan dari realitas ke realitas alternatif. Jadi, biasanya akan ada  teknologi Virtual Reality yang membuat kamu seolah-olah dapat masuk dan merasakan sensasi secara langsung.

ADA APA SAJA DI PAMERAN VAN GOGH ALIVE JAKARTA?

Ekshibisi Van Gogh Alive akan menawarkan pengalaman melihat dan merasakan karya dan pengalaman hidup pelukis terkenal yang produktif ini selama periode 1880 hingga 1890 ini. Tafsiran pemikiran, perasaan, dan kondisi pikiran Van Gogh selama berada di Arles, Saint Rémy, dan Auvers-sur-Oise, bisa kamu lihat secara langsung disini. 

Tak hanya menggunakan teknologi imersif, pengunjung juga akan dimanja dengan adanya musik klasik yang kuat, serta ada lebih dari 3.000 gambar Van Gogh dalam skala besar menciptakan tampilan mendebarkan yang memenuhi screen, dinding, langit-langit, kamar instalasi dan lantai ruangan.

VINCENT VAN GOGH: KETIKA RASA SAKIT DAN KEGUNDAHAN HATI MENGHASILKAN MAHAKARYA SEJATI

Mungkin beberapa dari kamu, terutama yang tidak menaruh perhatian atau tidak begitu mengikuti perkembangan dunia seni, bertanya-tanya “kenapa Van Gogh begitu terkenal?” atau “kenapa pameran Van Gogh Alive Jakarta ini rame banget diomongin orang-orang?”

Vincent van Gogh dikenang karena lukisannya yang selalu memiliki warna mencolok, sapuan kuas yang tegas, dan bentuk-bentuk berkontur pada karya seninya, serta gejolak kehidupan pribadinya. 

Meskipun kehidupan Van Gogh sangat menarik sekaligus tragis, namun karena kejeniusan artistiknya, ia dapat menciptakan banyak karya luar biasa, yang ia sebut sebagai “healing power of painting”.Sebagai salah satu seniman paling berpengaruh yang pernah ada, warisan Van Gogh berasal dari terobosan penggunaan warna, sapuan kuas yang dramatis, serta pilihan subjek yang tidak biasa untuk lukisannya. 

Vincent van Gogh pernah menghabiskan satu tahun di rumah sakit jiwa di Saint-Rémy-de-Provence. Terlepas dari kesehatan mentalnya yang tidak stabil, dia sangat produktif: dia membuat sekitar 150 lukisan dalam setahun, termasuk Almond Blossom yang sangat cantik dan terkenal.

Walaupun menderita sakit mental berkelanjutan, pada zamannya, Van Gogh melangkah lebih jauh dari para Impresionis, dengan melukis pemandangan di luar ruangan tetapi menggunakan ingatannya sendiri. Teknik ini menghasilkan karya-karya simbolisnya yang paling penuh gairah, seperti "Starry Night", di mana ia melukis apa yang ada di depannya tetapi menggunakan dunia batinnya sebagai referensi. 

Salah satu lukisan yang paling terkenal di dunia dan banyak direproduksi, "Starry Night", menggambarkan bulan bercahaya dan bintang-bintang di atas kota yang sedang tidur, warna dan bentuk yang berputar-putar menunjukkan dunia seperti mimpi yang konon merupakan meditasi tentang kosmos, kehidupan, dan kematian.

Pameran imersif Van Gogh Alive Jakarta akan dimulai pada 7 Juli sampai 9 Oktober 2023 di Mall Taman Anggrek. Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa cek di laman resmi mereka: https://vangogh.co.id/html/index.php (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Anisa Ramadhani

Sibuk menjalani dan menikmati hidup di dunia yang seru tapi fana ini. Menulis adalah salah satu dari hobi selain bersosialisasi, travelling dan ngecekin playlist Spotify orang lain.