Kreatif

TERTARIK DENGAN INDUSTRI KREATIF? 5 JURUSAN INI BISA LO LIRIK!

Beberapa rekomendasi jurusan kuliah ini udah gw rangkum bagi lo yang ingin bekerja atau tertarik dengan industri kreatif.

title

FROYONION.COM - Zaman sekarang, dunia kreatif mulai menjadi tren tersendiri bagi anak muda khususnya di Indonesia. Kenapa menjadi tren? Karena bisa dibilang bahwa pekerjaan kreatif ini sangat sesuai dengan karakteristik maupun budaya anak muda yang penuh fleksibilitas dan tidak terikat. 

Ditambah dengan taburan cerita mengenai budaya kerja di korporasi yang lumayan hierarkis dan birokratis, rasanya hal yang semacam itu ngebikin anak muda pada tertarik dalam dunia kreatif. Karena bekerja di industri kreatif lebih bisa memberikan hawa segar dan warna baru dibandingkan bekerja di perusahaan gede yang agak kaku.

Namun seperti halnya bekerja pada industri lain, industri kreatif juga menuntut seseorang untuk memiliki berbagai macam skill yang dibutuhkan. Maka, untuk mempersiapkan hal tersebut, lo bisa melirik dan mempertimbangkan beberapa jurusan kampus yang mempunyai prospek dalam dunia industri kreatif.

1. DESAIN KOMUNIKASI VISUAL (DKV)

Ini merupakan jurusan yang paling recomended bagi gw, karena di sini lo akan mempelajari dan melakukan banyak kegiatan praktik untuk menciptakan karya desain di berbagai media seperti poster, logo, desain web, ilustrasi, video, animasi dan lain sebagainya. 

Namun, jurusan DKV ini sangat berbeda dengan jurusan Desain Grafis. Karena justru di DKV ini lo nggak hanya dituntut untuk jago gambar doang, lo juga harus mampu ngebikin karya seni visual yang ditujukan untuk tujuan tertentu, termasuk mempengaruhi perilaku seseorang. Jadi, biasanya jurusan DKV akan berorientasi pada bidang marketing maupun branding juga.

Lulusan DKV mempunyai peluang kerja yang luas civs, apalagi bagi lo yang berorientasi pada dunia industri kreatif. Dibantu teknologi yang semakin canggih, lulusan dari jurusan ini bahkan bisa menguji kemampuannya dengan bekerja di industri kreatif secara work from home.

Jika lo tertarik dengan jurusan ini, lo bisa memilih beberapa universitas seperti ITB, Universitas BSI (Bina Sarana Informatika), maupun Universitas Telkom, Bandung. Kebetulan gw punya temen yang jurusannya DKV di Universitas Telkom, Bandung. Menurutnya, materi yang didapetin dari jurusan ini selalu update dengan media digital atau new media yang cocok bagi pekerja industri kreatif.

2. ANIMASI

Bagi lo yang mau terjun atau suka di industri kreatif yang menuntut imajinasi tinggi dan hobi menggambar, jurusan animasi bisa lo jadiin pilihan karena menjanjikan prospek kerja yang bukan main.

Hampir sama dengan DKV, namun secara mendasar sebetulnya berbeda. Karena jurusan animasi lebih fokus dalam mempelajari teori maupun teknik dalam membuat animasi 2D, 3D, game hingga film. Nantinya, lo bakal difokusin pada teori dasar animasi kayak Visual Art Composition, Critical Reading, CGI dan lain-lain.

Karena berhubungan dengan gambar dan storytelling, sudah pasti proses pengerjaannya membutuhkan kreativitas yang tinggi supaya animasi menjadi unik dan menarik secara visual. So, lo harus dituntut untuk memiliki kreativitas yang tinggi, teliti, dan pastinya suka dan jago dalam menggambar, Civs. 

Jika lo tertarik, lo bisa mulai melirik beberapa kampus yang mempunyai jurusan animasi seperti Institut Kesenian Jakarta (IKJ), Universitas Negeri Malang (UM), atau di BINUS University.

3. ILMU KOMUNIKASI

Gak seperti namanya, jurusan ini bukan cuman belajar ngomong doang. Malahan jurusan ilmu komunikasi menjadi dasar yang sangat dibutuhin dalam industri kreatif. Di jurusan ilmu komunikasi lo bakal mempelajari cara menyampaikan pesan dengan unik, menarik, dan berpikir secara out of the box. Sehingga, lo bisa ngeluarin ide-ide kreatif yang belum terpikirkan oleh orang lain, kemampuan semacam itu menjadi kebutuhan dasar bagi dunia kreatif.

Jadi wajar sih, jika jurusan Ilmu Komunikasi punya prospek kerja yang luas di industri kreatif. Banyak kampus yang menyediakan jurusan ilmu komunikasi ini seperti, UI, BINUS, UB, UGM  dan lain-lain.

4. PENYIARAN ATAU BROADCASTING

Sektor televisi dan periklanan menjadi salah satu dari ke-16 sub-sektor industri kreatif yang dikategorisasi oleh Kemenparekraf. Jadi sangat cocok bagi lo yang ingin terjun dalam dunia kreatif. Melalui jurusan ini, lo bakal mempelajari seputar produksi film, program televisi, video iklan dan bidang penyiaran lainnya.

Tentunya, lo juga bisa mengasah kemampuan berpikir kreatif lo yang dapat berguna untuk menyalurkan ide di kepala menjadi produk program televisi, iklan, dan acara TV lainnya. Yaa mana tau lo nanti bisa bekerja dibeberapa saluran TV dan gantiin tim kreatifnya yang keseringan blunder.

Jurusan ini banyak lo temui dibeberapa Universitas ya civs, seperti di UI, UNPAD, Universitas Mercu Buana, Binus, Universitas Paramadina, dan masih banyak lagi.

5. MARCOMM

Jurusan ini jangan sampe kelupaan bagi lo yang tertarik dalam dunia kreatif. Apalagi marketing merupakan salah satu aspek terpenting dalam menjalankan suatu usaha yang menjadi tujuan semua industri termasuk dunia industri kreatif. Ditambah lagi dengan mulai berkembang pesatnya perusahaan startup di Indonesia, sehingga banyak cara kreatif yang digunakan untuk memasarkan atau mempromosikan suatu produk yang menarik.

For Your Information nih, Civs. Di jurusan Marketing Communication ini lo nggak cuman belajar sebatas ngebikin perencanaan marketing, atau cuman ketemuan ama klien aja. Lebih dari itu lo juga bakal dibimbing untuk meningkatkan kreativitas dalam setiap aspek kerjanya. So, lo pun harus bisa ngedesain sebuah konten pemasaran dengan semenarik mungkin. Jurusan ini dapat lo temui di Universitas Esa Unggul, Institute Bisnis Nusantara (IBN) atau BINUS.

Itulah beberapa jurusan yang udah gw rangkum bagi lo pada yang kebelet gabung dalam dunia kreatif. Sebenarnya dengan jurusan apapun lo juga bisa bekerja dalam dunia kreatif asal lu punya self education dan soft skill yang dibutuhkan. Namun gak ada salahnya bukan, lo mencoba belajar lebih awal tentang apa yang dibutuhin dunia kreatif biar nantinya lo gak terlalu kaget-kaget amat. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Bayu Dewantara

Mahasiswa UI(n) Jakarta, Content Writer, Civillion, Penulis buku antologi "Jangan Bandingkan Diriku" dan "Kumpulan Esai Tafsir Progresif"