Tech

SUPERLATIVE SECRET SOCIETY: KOLEKSI NFT UNIK KARYA ANAK BANGSA YANG HADIR DI USS 2021

Event Urban Sneaker Society tahun ini diisi oleh line-up booth yang keren dan kreatif. Tapi, ada satu booth yang membawa ‘angin segar’ bagi masyarakat kita; Introducing, Superlative Secret Society!

title

FROYONION.COMUrban Sneaker Society (USS) kembali hadir di tahun ini, tepatnya dari tanggal 2 - 5 Desember 2021 kemarin, Civs. Ada banyak banget booth kreatif yang bisa didatengin di event tahunan USS di Jakarta Convention Center (JCC), mulai dari booth sneakers, stand vermak Levi’s, sampe ke booth Pokemon pun ada di sini.

Tapi yang menarik di USS tahun ini adalah kehadiran booth Superlative Secret Society, sebuah koleksi NFT unik di blockchain Ethereum yang berisikan 11.1k ‘programmatically generated art avatar’ yang dibuat pake 220 karya yang digambar secara langsung. Lo bisa bayangin sekeren apa koleksi NFT ini.

Seperti penjelasan dalam website mereka, “SuperlativeSS bukan manusia, robot, binatang, atau alien; mereka adalah makhluk metafisik yang menghuni Superlative Multiverse dan muncul di hadapan kita sebagai sebuah karya seni.”.

Secara artistik, koleksi SuperlativeSS ini merupakan gambar abstrak, ibarat lukisan Pablo Picasso tapi dengan campuran unsur modern.

Delapan core traits yang ada di setiap koleksi SuperlativeSS: galaxy glitter, background, foreground, head, body, muffler, necklace dan orb. (Foto: akun Instagram @superlativesecretsociety)

SuperlativeSS ini mulai diperjualbelikan sejak tanggal 22 September 2021, Civs. Awalnya ada semacam pre-sale di mana seluruh harga ‘dipukul rata’ jadi 0,079 ETH + gas fee. Tapi karena tingginya minat dari para kolektor, artwork yang dijual pun ludes dengan cepat di luar ekspektasi sang CEO dan founder SuperlativeSS, Prasetyo Budiman.

Di hari keempat event ini, ada kehadiran Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia, Sandiaga Uno, dan juga Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia, Airlangga Hartarto ke booth SuperlativeSS. Tentunya kehadiran sosok pejabat negara ini menunjukkan ketertarikan pemerintah dalam perkembangan industri kreatif, terlebih bagi perkembangan NFT di Indonesia.

NONTON JUGA: 

Antusiasme pengunjung yang datang ke booth SuperlativeSS juga cukup tinggi. Banyak orang yang penasaran tentang NFT, dan siapapun yang datang ke booth ini bisa bertanya-tanya mengenai koleksi SuperlativeSS ataupun tentang NFT secara umum.

Kinur (tengah) dan Mario (kanan) nggak mau ngelewatin event keren di penghujung 2021 ini. (Foto: dok. pribadi Kinur & Mario)

Di hari terakhir event USS kemarin, Kinur dan Mario juga sempet hadir. Sebagai seorang artist dan juga kolektor NFT, Kinur antusias pas dateng ke booth Superlative.

“Keren sih, booth mereka buat memperkenalkan NFT dan juga koleksi Superlative ke orang-orang yang belum tau, sekaligus juga nyari kolektor baru,” kata Kinur.

Karena ketika lo beli NFT, lo nggak cuma dapet kepuasan pribadi dan ‘instrumen’ investasi aja, Civs. Sebagai kolektor, lo pastinya bisa menjaring kenalan baru, dan bahkan bisa kenal dekat dengan kreator NFT yang karyanya lo beli.

“Ini ada inisiator yang bisa bantu seniman-seniman lokal Indonesia buat pamerin dan ngejual karyanya ke banyak orang di seluruh dunia. Movement yang cukup bagus.” tutup Kinur.

Senada sama ucapan Kinur, gue juga berharap dengan adanya SuperlativeSS ini, masyarakat kita juga jadi lebih terpicu untuk bikin langkah yang serupa, ya saling memberdayakan dan memajukan antara sesama artist. Keren banget kalo karya lokal bisa diapresiasi sampe ke luar negeri.

Lewat kehadiran SuperlativeSS di event USS tahun ini, tentunya mereka ikut membawa misi dalam menyebarkan awareness tentang NFT di Indonesia dan mengedukasi masyarakat kita tentang NFT itu sendiri. Karena menariknya, mulai dari inisiator, artistdeveloper, dan community manager-nya adalah anak bangsa.
 

Buat lo yang pengen banget punya koleksi dari SuperlativeSS, atau sekedar liat-liat line-up dari koleksi ini, lo bisa cek langsung di official account mereka di OpenSea.io. Dan dalam beberapa waktu ke depan, SuperlativeSS juga mau buka offline gallery NFT pertama di Indonesia yang berlokasi di Bali. Patut ditunggu-tunggu banget nih, Civs.(*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Garry

Content writer Froyonion, suka belajar hal-hal baru, gaming, dunia kreatif lah pokoknya.