Kreatif

LO HOBI THRIFT SHOPPING ATAU BELANJA BAJU BEKAS? BEGINI CARA MEMBERSIHKANNYA!

Sekarang nggak bingung lagi, biar baju bekas yang lo beli bisa betul-betul bersih. Baca di sini untuk simak cara selengkapnya!

title

FROYONION.COMThrift shopping atau belanja baju bekas memang lagi hype akhir-akhir ini. Bayangkan, lo bisa dapetin aneka pakaian dengan harga yang lebih murah. Kalau beruntung, lo juga bisa dapetin aneka produk dari brand terkemuka yang bisa ditebus tanpa bikin dompet jebol, Civs!

Memilih belanja baju bekas juga punya manfaat lain. Selain menghemat budget, secara nggak langsung lo turut berkontribusi terhadap lingkungan! Hal ini terjadi karena pembelian baju bekas dapat menekan sampah yang timbul akibat pembelian produk fast-fashion yang mencemari lingkungan.

Jika lo adalah salah satu yang hobi thrift shopping alias belanja baju bekas, jangan langsung dipakai dulu ya! Bukan berarti baju bekas nggak berkualitas, tapi paham sendiri kan yang namanya produk ini kita nggak tahu asal-usul apalagi jaminan kebersihannya?

Menurut dr. Bayu Adiputro seperti dilansir dari kanal YouTube OkayDoc pada Kamis, 5 Mei 2022, baju bekas yang didapat dari thrift shop berpotensi menularkan penyakit kulit seperti kudis dan kurap yang berasal dari kontak fisik atau sistem imunitas yang lemah antara pemilik sebelumnya maupun calon pembeli.

Nggak mungkin dong, niat pengen gaya tapi malah sengsara?

Makanya, salah satu solusinya adalah membersihkan pakaian bekas yang sudah lo beli dengan menerapkan beberapa cara mudah sebagai berikut.

Rendam baju dengan air panas

Langkah pertama adalah merendam terlebih dahulu baju bekas dengan air panas selama kurang lebih 10-15 menit. Cara merendamnya juga nggak butuh sabun atau detergen, cukup rendam saja dengan air panas yang bersih supaya pakaian lo terbebas dari bakteri dan kuman.

Gunakan cairan antiseptik

Selanjutnya, lo dapat menuangkan cairan antiseptik yang berguna untuk menghilangkan sisa bakteri dan kuman. Beberapa zat aktif yang disarankan adalah alkohol, hidrogen peroksida dan povidone iodine yang umumnya sudah terdapat di berbagai merek larutan antiseptik.

Mencuci baju dengan tangan

Mencuci baju bekas dengan mesin cuci memang lebih mudah tapi nggak menjamin bersih secara efektif. Sedangkan, jika mencuci baju bekas secara manual atau dengan tangan dapat menghilangkan noda dan kotoran lebih bersih. Oh ya, biasanya label petunjuk pencucian pada baju bekas sudah tidak ada, jadi cara ini sangat disarankan.

Rendam baju dengan detergen dan pelembut pakaian

Jangan lupa gunakan detergen lembut yang sudah mengandung pewangi dan pelembut pakaian. Hal ini dilakukan supaya baju bekas yang lo cuci akan kembali bersih, wangi dan nggak berbau seperti baju baru. Pastikan durasi merendam baju bekas jangan terlalu lama supaya nggak jadi bau apek!

Jemur di bawah sinar matahari

Langkah berikutnya adalah menjemur baju bekas yang sudah direndam detergen dengan dijemur di bawah sinar matahari. Panas alami yang dihasilkan sinar matahari dapat membunuh bakteri dan kuman yang tersisa, selain itu sinar matahari juga membantu baju bekas lebih cepat kering.

Setrika baju dengan suhu tinggi

Eits, jangan buru-buru selesai. Langkah terakhir adalah menyetrika baju bekas dengan setrika bersuhu tinggi. Bakteri dan kuman bila bertemu suhu panas yang tinggi pasti akan mati, makanya proses ini begitu penting. Harap hati-hati juga saat menyetrika baju bekasnya, supaya nggak rusak dan gosong ya, Civs! Hehehe.

Gimana, Civs? Gampang kan membersihkan baju bekas hasil jerih payah lo beli di thrift shop? Sesuai sama yang kita bilangin di awal, gaya sih gaya tapi jangan bikin sengsara gara-gara baju bekas lo nggak dicuci terlebih dahulu secara bersih.

Anyway, selamat mencoba dan jangan kapok beli baju bekas di thrift shop, ya! Boleh juga nih, kasih tau ke kita kalau lo berhasil dapat baju atau pakaian branded yang kece. Happy thrift shopping! (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Lukman Hakim

Penulis lepas yang menuangkan ide secara bebas tapi tetap berasas