Kreatif

KOLABORAMIE, KOLABORASI UNIK 50 TAHUN INDOMIE BERSAMA PEKERJA KREATIF LOKAL

Memperingati 50 tahun diluncurkan produk mie instan favorit masyarakat Indonesia, Indomie menyuguhkan kolaborasi bernama Kolaboramie. Penasaran? Yuk simak ulasan berikut.

title

FROYONION.COM - Kehadiran Indomie, mi instan buatan PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk, selama lima dekade terakhir ini memiliki arti tersendiri oleh masyarakat Indonesia. Kehadiran Indomie berhasil menemani kita ketika suasana dingin seperti musim hujan seperti sekarang ini. 

Bagi anak kos-kosan dan para perantau, kehadiran Indomie sangat menyelamatkan mereka pada tanggal-tanggal tua ketika kebutuhan semakin banyak sedangkan kondisi keuangan sedang kritis di akhir bulan. Buat pedagang warmindo atau burjo, ini merupakan sumber penghidupan mereka selama ini dan masih banyak lagi. 

Kehadiran produk mie instan bernama Indomie ini telah menginspirasi generasi muda untuk menciptakan berbagai ragam karya yang kreatif, inovatif dan unik. Dalam menyalurkan kreativitasnya, para seniman bisa menghasilkan berbagai karya yang terinspirasi baik dari kemasan maupun sebungkus mie instan. 

Berbagai karya tersebut dapat dituangkan melalui banyak media; berupa pakaian, permainan, atau menjangkau komunitas guna menggerakkan aksi sosial. 

Kini, kamu bisa melihat berbagai kreasi unik hasil produk dari pekerja kreatif yang terinspirasi dari salah satu brand mie instan ternama asal Indonesia. 

Dalam rangka memeriahkan perjalanan 50 tahun menemani masyarakat Indonesia, Indomie menghadirkan Kolaboramie, sebuah rangkaian kolaborasi Indomie dengan para brand lokal dan internasional. Masing-masing dari brand menciptakan produk yang terinspirasi langsung dari perjalanan dan karya para mitra brand serta perjalanan 50 tahun Indomie.

Dalam kolaborasi ini, mereka menggaet beragam pekerja seni kreatif dan brand lokal ternama. Untuk kategori fesyen, ada Swallow, Thanksinsomnia, Kamengski, JKT Creative, Urbain, Tahilalats + Sandalboyz, Tangan, dan Saturdays. 

Tidak hanya fesyen untuk anak muda, Indomie juga kolaborasi dengan brand lokal untuk anak serta keluarga yakni BohoPanna. Sementara komunitas olahraga dan storyteller, Indomie menggaet Element Bike dan KaryaKarsa.

Selain itu, sebagai produk makanan yang telah dinikmati seluruh masyarakat Indonesia, mereka juga membuat inovasi menu seru Indomie bareng Popalamama. Di luar itu semua, Indomie juga menjalin kerjasama bareng Wiralagabae  untuk mengangkat konsep tas upcycle, lalu kolaborasi dengan Rabbit Habit untuk para beauty enthusiasts, HSI Ceramic yang menciptakan koleksi keramik unik khusus Indomie, IGOR + Museum of Toys yang menjadi representasi komunitas kreatif dalam produk mainan, dan terakhir dengan komunitas gaming bersama PUBG.

Dalam kolaborasi kali ini, ada banyak cerita menarik di balik setiap karya yang diluncurkan. Misalnya saja, Indomie dan Swallow, brand sandal lokal meluncurkan desain gambar unik yang terinspirasi dari Indomie itu sendiri. 

Kemudian dipadukan dengan warna-warna cerah-ceria untuk memberikan #LangkahInspirasi bagi yang mengenakannya. Ada sandal dengan pilihan warna biru, kuning, hijau, merah, dan oranye yang mendominasi tiga desain; seperti Me Time, Miex N'Match, dan Serba Sermie. 

Kolaborasi Indomie dengan Tahilalats dan Sandalboyz juga tidak kalah unik. Mereka menciptakan produk sandal dan mainan Tahilalats. Ada dua motif sandal yang telah mereka bocorkan, yaitu gambar bungkusan Indomie Mi Goreng serta karakter Dharmo dan Wato dari Tahilalats yang sedang menikmati Indomie goreng. 

Sementara, bagi kamu pecinta Indomie dan fashion, jangan lewatkan kolaborasi kaos kekinian ala Thanksinsomnia. Atau, kamu juga bisa mengenakan t-shirt hasil kolaborasi dengan Kamengski. Desain kaosnya memadukan artwork jingle Indomie berwarna putih serta desain yang menampilkan not balok.

Bahkan, menariknya, terinspirasi dari kehangatan semangkuk Indomie, brand fashion lokal ini juga menghadirkan “Selimieut” alias selimut berukuran 1,5 meter kali 2 meter. Lebih lanjut, bersama Wiralagabae, pekerja seni lokal dengan misi upcycle barang-barang yang sudah tidak terpakai menjadi sebuah karya seni kreatif; mereka memanfaatkan bekas kemasan Indomie menjadi tas cantik dan kekinian.

Dikutip dari kumparan.com, menurut Marketing Manager Indomie, Vemri Junaidi, lahirnya Kolaboramie menjadi misi Indomie untuk menciptakan produk inovatif yang diharapkan dapat menginspirasi brand lokal lainnya. 

"Indomie juga ingin mengajak masyarakat untuk terus menghidupkan inspirasi baru bagi Indonesia dan terus maju bersama Indomie. Seperti ragam rasa Indomie yang terinspirasi dari berbagai daerah dan budaya hingga bisa menjadi inspirasi masyarakat, begitu juga karya kreatif yang terinspirasi Indomie diharapkan dapat menjangkau setiap lapisan," tambahnya.

Vemri juga menambahkan dengan adanya kolaborasi ini bertujuan dapat memberikan inspirasi kepada masyarakat dengan menghasilkan beragam kegiatan dan karya. Bentuk kerja sama ini menghadirkan berbagai cerita dan kegiatan menarik yang disalurkan melalui berbagai macam karya. Melalui Kolaboramie iniIndomie juga ingin mengajak masyarakat untuk terus menghidupkan inspirasi baru dari berbagai daerah serta budaya hingga mampu menginspirasi masyarakat dari berbagai lapisan. 

“Salah satu misi Indomie dalam ajang ini adalah bekerja sama dengan para pekerja seni kreatif untuk menciptakan berbagai kreativitas produk inovatif yang dapat menginspirasi brand lokal lainnya. Kami berharap, kolaborasi Indomie dengan brand-brand lokal dalam Kolaboramie semakin mendekatkan Indomie dengan berbagai lapisan masyarakat Indonesia dan memberikan inspirasi dalam berbagai kegiatan dan karya. Bersama Indomie, Terus Hidupkan Inspirasi,” pungkas Vemri.

Koleksi lengkap kolaborasi Indomie dengan brand-brand lokal tadi bisa kamu dapatkan di toko online masing-masing brand, ya. Untuk informasi lebih lanjut, kalian bisa mampir langsung ke Instagram Indomie dan akun media sosial brand-brand kolaborasi. Jangan lupa koleksi beberapa karya kolaborasi Indomie dengan brand lokal di atas, ya. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Satrio Adi Pradipto

Hamba tuhan yang selalu mencintai sepakbola (dan kamu).