Kreatif

KITKAT UMUMKAN PEMENANG ‘BREAKREASI DESIGN CHALLENGE VOL.2’, ANAK MUDA DOMINASI DERETAN JUARANYA!

Sukses dengan volume pertama, kali ini KitKat kembali hadirkan ‘Breakreasi Design Challenge Vol.2’ dengan tema #DiIndonesiaAja. Nggak tanggung-tanggung, rupanya anak muda mendominasi deretan juaranya!

title

FROYONION.COM -  Setelah sukses dengan kompetisi design packaging-nya pada 2022 lalu, tahun ini KitKat kembali mengadakan Breakreasi Design Challenge Vol.2 dengan tema #DiIndonesiaAja.

Masih mengangkat tentang destinasi pariwisata di Indonesia, KitKat bersama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mengusung tema ‘Wonderful Indonesia’ yang dituangkan dalam 3 kategori dalam kompetisi tersebut. Yakni ‘Desa WIsata’, ‘Acara Tradisional’, dan ‘Aktivitas Travelling’.

“Sektor swasta turut berperan dalam peningkatan dan pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia, seperti yang dilakukan oleh KitKat. Kompetisi KitKat® Breakreasi Design Challenge Vol.2 #DiIndonesiaAja turut mendukung Kemenparekraf RI dalam mempromosikan pariwisata Indonesia, khususnya mengangkat kebudayaan di Indonesia,” jelas Sandiaga S. Uno selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada acara Press Conference yang diadakan Senin (7/8) lalu. 

Diadakan sejak Maret 2023 lalu, KitKat mengumumkan pemenang yang dipilih dengan sangat seksama oleh para juri. Adapun 6 pemenang dari 602 peserta yang mengirimkan karyanya pada kompetisi desain kali ini adalah: 

  1. Emira Bunga Ramadhan (Juara 1 Kategori Individu)
  2. Arif Rachmad Wijanarko  (Juara 2 Kategori Individu)
  3. Ervina Mugi Astari  (Juara 3 Kategori Individu)
  4. Muh Ayub Tahang dan Kurnia Afdillah (Juara 1 Kategori Tim)
  5. Ameerakhaiya Syamsuar dan Amarrakhaisya Syamsuar (Juara 2 Kategori Tim)
  6. Shakira Talitha Bryliana Fajar dan R.P. Hero Wijaya (Juara 3 Kategori Tim)

Saat diwawancari oleh Froyonion.com, Emira sebagai Juara 1 Kategori Individu mengaku bahwa ia sama sekali tidak menyangka bahwa bisa mengantongi gelar ‘juara’ pada kompetisi ini.

“Soalnya aku persiapannya cuma 2 hari. Hari pertama untuk riset, lalu besoknya langsung eksekusi ilustrasinya. Kebetulan aku angkat tentang Kampung Minang Nagari Sumpu dari Sumatera Barat yang budayanya juga dekat denganku karena keluargaku dari Minang,” kata perempuan berumur 23 tahun ini yang juga mengantongi prestasi sebagai finalis Indonesia’s Got Talent 2023 dengan bakat tarinya. 

Uniknya, mengerjakan ilustrasi dalam waktu yang sangat singkat ini juga dialami oleh Ameera dan Amarra, kembar yang mengantongi Juara 2 Kategori Tim. 

Merasa penat dan hectic dengan persiapan skripsi untuk lulus dari jurusan Desain Komunikasi Visual Institut Teknologi Bandung (ITB), kembar kelahiran 2002 ini mengatakan bahwa karya mereka juga digarap dalam waktu 2 hari saja. 

Bedanya, mereka mengerjakan karya ini bersama-sama dengan sistem ‘oper-operan aset’. 

“Sebenernya kami udah suka gambar dari kecil sih dan selalu bareng. Jadi bikin karya ini sama-sama bukan hal baru bagi kami. Biasanya kami bagi tugas, kayak siapa yang bikin line art, pewarnaan, dan sebagainya,” jelas Ameera dan Amarra.

Melihat dominasi anak muda yang meraih juara pada kompetisi ini, Pritha selaku Business Manager Confectionery PT Nestlé Indonesia, mengutarakan harapannya bagi perkembangan kreativitas anak muda di Indonesia khususnya dalam bidang seni ilustrasi. 

“Melalui kompetisi Breakreasi Design Challenge Vol.2 #DiIndonesiaAja, saya berharap bakat-bakat anak Bangsa bisa lebih mendapat spotlight dan apresiasi yang sepadan dengan bakat mereka. Kiranya anak muda Indonesia juga dapat lebih mengenal budaya dan pariwisata dalam negeri, sehingga dapat mendorong mereka untuk memilih ‘break’ atau liburan #DiIndonesiaAja.” (*/) 

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Grace Angel

Sehari-hari menulis dan mengajukan pertanyaan random ke orang-orang. Di akhir pekan sibuk menyelami seni tarik suara dan keliling Jakarta.