Kreatif

KEMBANGKAN POTENSI KREATIF LOKAL, PAPUA BAKAL SEGERA PUNYA YOUTH CREATIVE HUB

Papua bakal punya creative hub-nya sendiri yang nggak main-main skalanya. Duit APBN sebanyak 98 miliar bakal dikucurin buat membangun hub ini supaya bisa digunakan per Desember 2022. Bukti pemerintah mulai perhatian sama SDM?

title

FROYONION.COM – Keingetnya gue denger pepatah Pak Soekarno yang mungkin lu juga pasti inget : “Beri aku 1.000 orang tua, niscaya akan kucabut Semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia”. 

Yakin dengan potensi generasi muda Papua dalam mengguncang dunia, pemerintah baru-baru ini berencana membangun pusat pengembangan kreativitas pemuda/pemudi Papua atau yang disebut Papua Youth Creative Hub di Jayapura, ibukota provinsi Papua. 

Menurut kabar, ide youth hub pertama di ujung timur Indonesia ini tercetus setelah presiden Joko Widodo bertemu dan berdiskusi dengan anak-anak muda Papua di Istana Negara bulan September sebelumnya. Dalam pertemuan itu, presiden terdorong membangun wadah bagi generasi muda di Papua yang memiliki potensi di dunia kreatif. 

Dilansir dari Kompas.com, proyek skala besar ini akan memakan biaya dari duit APBN kira-kira Rp98 miliar. Kalau realisasi proyek bisa tercapai sesuai timeline, PYCH ini sudah bisa digunakan per Desember 2022 nanti. Peletakan batu pertama sendiri sudah dilakukan sejak awal Oktober 2021.

“Papua Youth Creative Hub akan dibangun di atas lahan seluas 15 ribu meter persegi dan dilengkapi coworking space, ruang pameran, teater seni dan buaya, asrama, ruang riset, ruang kuliner, dan kesehatan,” ungkap  Kepala BPPW Papua, Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR Cornelis Sagrim melalui Kompas.com. 

Langkah pak presiden ini tentu kudu didukung karena selama ini pemerintah dan presiden dikenal sudah fokus baget ke sektor infrastruktur fisik. Nggak ada salahnya sih fokus ke pembangunan fisik dulu karena dengan begitu keterhubungan di kawasan timur negara ini bisa lebih baik dan kesejahteraan serta perekonomian terus melesat. Sementara itu, pembangunan SDM Papua belum banyak jadi fokus. Tapi begitu proyek ini dicetuskan, rasanya kita patut apresiasi perhatian presiden terhadap sisi sumber daya manusia dan potensi kreatif mereka yang tak kalah pentingnya dari jalan-jalan tol. (*/Photo credit: gnfi)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Nico

Asli urang Tasik yang bikin artikel menarik