Kreatif

FENOMENA ‘ALTERNATIVE UNIVERSE’ DI TWITTER:  EMANG ADA MANFAATNYA?

Enggak melulu sebatas tulisan fiksi biasa atau sarana kehaluan penggemar, alternative universe tetaplah karya tulis yang memiliki manfaat.

title

FROYONION.COM - Selain Instagram, kini Twitter menjadi platform media sosial yang digandrungi banyak anak muda. Berisi banyak orang yang menghibur dan terkesan random dengan cuitannya atau cepatnya informasi yang bisa didapatkan membuat banyak orang senang bermain media sosial satu ini. Selain itu, jenis penggunanya yang beragam pun membuat Twitter rasanya menjadi lebih lengkap, seperti personal account, study account, fan account, cyber account, bahkan alter account, dan masih banyak lagi

Hal yang menjadi tren di Twitter selalu beragam dan tidak bisa ditebak, seperti interaksi lucu sesama pengguna Twitter yang akhirnya menjadi viral, konten dari platform media sosial lain, kegiatan jual beli,  bahkan aktivitas yang dilakukan banyak pengguna Twitter yang akhirnya menjadi ciri khas platform tersebut, salah satunya adalah alternative universe.

Sekitar 1-2 tahun terakhir alternative universe atau biasa disingkat AU mulai ramai bermunculan di beranda Twitter dan semakin marak setiap waktunya hingga sekarang. Untuk kalian yang masih asing dengan istilah tersebut, alternative universe (AU) adalah karangan cerita fiksi buatan penggemar yang mirip seperti fan fiction pada Wattpad. Namun, yang membedakan adalah kebanyakan dari AU didominasi oleh tangkapan layar percakapan dan lebih sedikit narasi. Walau begitu, nyatanya AU lebih banyak diminati remaja saat ini dan banyak pula yang berhasil diterbitkan menjadi sebuah novel.

Alternative Universe kebanyakan dibuat oleh fan account dan didominasi oleh penggemar K-Pop, mereka menggunakan visual idolanya sebagai tokoh dalam cerita tersebut. Hal lain yang membedakan AU dengan cerita Wattpad adalah pada AU mereka tidak menggunakan nama asli Idol K-Pop tersebut melainkan nama lain yang cenderung melokal. Selain itu, pada AU kehidupan tokohnya dibuat tidak sesuai dengan kehidupan idola aslinya. Sebagai contoh jika pada kehidupan aslinya Jeno adalah seorang member dari boy group terkenal yaitu NCT, maka dalam AU Jeno diceritakan sebagai anak SMA di Indonesia.

Di tengah kepopuleran alternative universe, sebenarnya apakah ada manfaatnya sendiri? Walau hanya sebatas karangan fiksi yang terkesan sepele bukan berarti tidak memiliki manfaat ya.

1. MENGHASILKAN BANYAK PENULIS MUDA POTENSIAL

Hal yang sudah jelas ialah jika tidak ada penulis AU atau author maka tidak akan ada pula AU yang sekarang banyak dinikmati anak muda. Penulis AU sendiri sangat beragam dari remaja hingga dewasa awal, di usia muda sudah menghasilkan suatu karya tulis yang dapat dinikmati oleh kalangan muda merupakan sebuah pencapaian yang cukup baik. Walau dalam AU sendiri didominasi berupa percakapan dengan bahasa sehari-hari. Namun, mereka mampu memberikan tulisan yang bagus dan rapi pada bagian narasi. Jika mereka terus menekuni bidang ini maka bukan tidak mungkin mereka memiliki masa depan yang cukup potensial sebagai seorang penulis.

2. ANAK MUDA JADI PUNYA KARYA

Membuat suatu karangan fiksi sudah termasuk ke dalam karya, apalagi jika cerita tersebut mendapatkan banyak engagement dan pembaca yang akan memberikan nilai tambah. Bahkan tidak jarang alternative universe yang populer membuat media cetak tertarik untuk menerbitkannya menjadi sebuah novel dan dari novel tersebut juga berpotensi untuk diangkat ke sebuah film sebagaimana yang kita lihat sudah banyak film yang diangkat dari cerita fiksi. Hal tersebut pastinya menjadi pencapaian terbesar bagi banyak author AU dan penulis karangan di platform lainnya sekaligus menjadikan penulis-penulis baru untuk semangat membuat karya tulisan.

 3. MEMACU KREATIVITAS ANAK MUDA

Bukan jadi rahasia umum lagi, cerita yang unik, kreatif, dan terkesan out of box memberikan daya tarik tersendiri bagi banyak pembaca. Tidak jarang mereka mengembangkan tren-tren yang sedang ramai menjadi sebuah alternative universe singkat dan dapat menarik banyak pembaca. Dalam hal ini tentunya menantang banyak penulis muda untuk lebih menggali kreativitas mereka untuk bisa membuat karangan yang menarik perhatian banyak orang.

4. SEBAGAI HIBURAN DAN EDUKASI

Walau pada karangan fiksi tujuan utamanya adalah untuk menghibur pembaca, tapi bisa juga sebagai edukasi, lho. Sebagai contoh, tokoh utamanya diceritakan sebagai seorang dokter maka akan banyak bagian dalam cerita yang memberikan pengetahuan seputar dunia kesehatan, tentunya ini menjadi tanggung jawab juga bagi penulis untuk meriset lebih dalam sesuatu yang berkaitan dengan profesi tokohnya. Jadi, pembaca tetap bisa mendapatkan pengetahuan baru dalam sebuah cerita hiburan. Lebih jauh dari itu, pembaca juga bisa mendapat pelajaran hidup berharga dari cerita yang mereka baca.

Alternative Universe enggak melulu tentang cinta-cintaan ya, Civs.

5. MENINGKATKAN MINAT BACA

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, alternative universe dibuat dan dibaca oleh mayoritas penggemar K-Pop. Faktanya, penggemar akan tertarik dengan apapun yang berkaitan dengan idolanya tidak terkecuali untuk karangan fiksi. Mereka akan meluangkan waktu untuk membaca cerita tersebut bahkan menjadi pembaca setia yang selalu mengikuti perkembangan cerita tersebut, secara tidak sadar sudah menambah minat baca banyak anak muda bukan.

6. MENGUBAH PERSPEKTIF TENTANG KPOPERS

Kpopers atau penggemar K-Pop sering kali dipandang buruk dan dihina oleh orang awam, dianggap terlalu fanatik, dituduh terlalu memuja idolanya atau dianggap menghamburkan uang untuk membeli merchandise yang dianggap tidak penting, dan masih banyak lagi. Namun, dengan banyak munculnya alternative universe yang dibuat kpopers sendiri sudah seharusnya bisa membuka pikiran orang awam bahwa sebenarnya suka dengan K-Pop juga dapat memberikan dampak baik salah satunya adalah membuat anak muda lebih kreatif dan berkarya melalui hobinya.

Kamu sendiri punya bacaan alternative universe favorit enggak, Civs? Atau baru tertarik membacanya? Sangat direkomendasikan untuk membacanya karena tidak kalah seru dan menarik sekaligus mempromosikan karya anak muda. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Erina Anindhita

Mahasiswa Psikologi yang bosen nganggur dan sedang mengasah kemampuan menulis