Kreatif

DIVERSITAS PAMERAN SENI DI JAKARTA ART HUB, COCOK BUAT YANG MAU GALLERY DATE

Satu lagi rekomendasi tempat yang kamu bisa kunjungi untuk kencan selain mall di Jakarta.

title

FROYONION.COM - Sudah tahu belum, kalau di pusat kota Jakarta terdapat galeri seni menarik dan gratis tiket masuk? Yes, namanya Jakarta Art Hub. Jakarta Art Hub adalah gedung pusat seni yang memiliki 5 lantai dan sebuah ruang bawah tanah yang dapat memfasilitasi penyelenggaraan pameran seni permanen maupun temporer.

Di sini ditampilkan ragam pameran seni baik milik seniman kondang maupun seniman baru, dari mulai seni lukis sampai seni patung juga ada. Jadi, buat yang mau berkunjung sendiri atau gallery date pasti bisa dimanjakan dengan pameran yang cantik dan variatif.

BACA JUGA: GUYUB RUPA 10: PAMERAN SENI RUPA YANG SUDAH MENJADI TRADISI

PAMERAN SENI YANG BERLANGSUNG DI JAKARTA ART HUB

JAKARTA ART HUB
Sumber foto: (dok: Anisa Ramadhani)

Setiap bulannya, Jakarta Art Hub rutin menyelenggarakan berbagai acara seperti pameran seni, lokakarya, dan seminar. Acara seperti ini sangat diminati karena bisa memberi kesempatan bagi pengunjung untuk belajar tentang seni lokal dan terlibat langsung dengan komunitas.

Sejak bulan September sampai akhir tahun 2023, sudah ada banyak pameran seni yang bagus dan bisa dikunjungi secara gratis. Cocok banget nih didatengin untuk gallery date. Ada pameran apa saja? Simak selengkapnya di bawah!

Realitas Layar: Rumah, Dunia, dan Kesintasan by Jabbar Muhammad

Jakarta Art Hub
Sumber foto: dok: Rezha Yoga Pratomo

Pameran tunggal Jabbar Muhammad berjudul “Realitas Layar: Rumah, Dunia, dan Kesintasan” yang dikurasi oleh R.E Hartanto. Pameran ini terletak di Rubanah Underground Hub dan menceritakan tentang realitas dunia saat pandemi Covid 19 yang penuh dengan gejolak politik, sosial, ekonomi dan budaya.

R.E Hartanto menuliskan dalam wall text yang ditempel di dinding sebagai sebuah interpretasi dari karya Jabbar Muhammad: Sejak kehadiran media sosial kita tidak hanya bisa menonton, tapi juga ditonton. Pada saat itu kita sadar bahwa pencerapan dunia tentang diri kita bisa dikonstruksi dan sebaiknya memang dikonstruksi. Dunia tidak perlu tahu seluruh aspek hidup kita, cukup apa yang kita ingin mereka cerap.

2. The Blue Room by Gula

Salah satu art gallery dengan suasana menyenangkan dan menghadirkan karya seni kontemporer adalah Rachel Gallery yang menampilkan pameran The Blue Room dari Gula. Sesuai namanya, seisi ruangan didominasi dengan warna biru. The Blue Room adalah karya visual yang lahir dari kenangan dan cerminan kepribadian senimannya, alias Gula yang dapat dinikmati secara gratis.

3. Garis Ombak by Iwan Yusuf

Jagad Gallery yang terletak di lantai 2 menghadirkan pameran tunggal dari seniman terkenal Iwan Yusuf bertajuk “Garis Ombak”. Pemeran ini dibuka untuk umum pada 16 September 2023 dan berhasil menarik banyak perhatian art enthusiast.

Garis Ombak memiliki cerita dan proses pembuatan yang sangat unik karena Iwan Yusuf sampai harus kembali ke tanah kelahirannya untuk bisa memaksimalkan koneksi emosional demi menghasilkan karya yang luar biasa nantinya.

Beberapa lukisan yang dipamerkan juga sangat luar biasa karena proses melukisnya beda dari yang lain, yaitu dilukis di pantai dengan kanvas yang sengaja terkena oleh ombak laut, wah, wah, wah, keren banget!

4. Elegi Buih

Art Agenda yang terletak di lantai 4 memamerkan pameran bertajuk “Elegi Buih” dari beberapa seniman sekaligus yang dikurator oleh Stella Wenny. Pameran ini hadir untuk mengingat dan merayakan kepergian yang dirasakan oleh Stella Wenny, jadi ia ingin pameran ini berisi karya-karya seni untuk mengenang orang terkasih.

CARA DATANG DAN RUTE BERKUNJUNG KE JAKARTA ART HUB

Buat kamu yang penasaran dan ingin mampir ke Jakarta Art Hub, lokasinya berada di Wisma Geha, Menteng, Jakarta Pusat dekat dengan Gedung Sarinah. Untuk transportasi umum, kamu bisa menggunakan KRL dengan turun di Stasiun Gondangdia, lalu melanjutkan dengan ojek online.

Pilihan lainnya bisa naik MRT turun di Stasiun MRT Bundaran HI atau naik Bus Transjakarta dan turun di Halte MH Thamrin, tinggal jalan kaki kurang lebih 5 menit untuk sampai di lokasi.

Gimana? Daripada bingung weekend mau kemana, main aja ke Jakarta Art Hub, ya! (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Anisa Ramadhani

Sibuk menjalani dan menikmati hidup di dunia yang seru tapi fana ini. Menulis adalah salah satu dari hobi selain bersosialisasi, travelling dan ngecekin playlist Spotify orang lain.