Kreatif

BUKAN SEKADAR FORMALITAS, KTT YOUTH 20 JADI AJANG UNJUK KREATIVITAS ANAK MUDA

Konferensi Youth 20 yang diselenggarakan di Jakarta dan Bandung punya misi yang besar dan beragam. Kreativitas anak muda jadi kunci guna menyebarkan kesadaran akan pentingnya 4 isu krusial yang dihadapi dunia.

title

FROYONION.COM - Pada tanggal 17 – 24 Juli nanti, forum diskusi pemimpin masa depan dari seluruh negara yang tergabung di G20, yang disebut Youth 20 (Y20), bakal diselenggarakan di Indonesia, tepatnya di Jakarta dan Bandung.

Dalam forum itu, nantinya para delegasi dari berbagai negara termasuk Indonesia akan berdiskusi, berdebat, dan bertukar ide seputar 4 isu utama, Civs, yaitu Ketenagakerjaan Pemuda, Transformasi Digital, Planet yang Berkelanjutan dan Layak Huni, serta Keberagaman dan Inklusivitas.

Sebelum KTT Y20 nanti dimulai, kegiatan pre-summit udah diselenggarakan sebanyak 4 kali di 4 wilayah berbeda di Indonesia, yaitu di Palembang, NTB, Balikpapan, dan Manokwari dalam rentang waktu 4 bulan terakhir.

Menurut Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, forum kayak Y20 ini nggak boleh dianggap sekadar formalitas belaka. Empat pre-summit yang diselenggarakan kemarin menandakan bahwa anak muda secara global cukup concern dengan isu krusial ini, sehingga ingin pembahasannya jadi lebih terfokus dengan adanya 4 lokasi yang memiliki topik pembahasannya masing-masing.

“Empat poin ini akan kami jadikan acuan dalam merencanakan strategi pembangunan Jawa Barat di masa depan,” tambah Ridwan Kamil.

Selain itu, KTT Y20 ini diharapkan nggak cuma menghasilkan dokumen dan menjadi arsip aja, lebih dari itu, harus ada produk ‘nyata’ yang dihasilkan sehingga konferensi prestisius ini nggak cuma dicap sebagai ‘debat kusir’.

Guna mengamplifikasi awareness dari isu-isu ini, Ridwan Kamil juga bilang kalo anak muda harus mempromosikan Y20 dengan cara yang kreatif, bukan sekadar publikasi ‘medioker’ aja.

“Contohnya lewat media sosial, video sinematik yang keren, atau kegiatan lain yang bisa meningkatkan interaksi dari orang-orang,” jelas Ridwan Kamil.

Pihaknya juga siap membantu mempromosikan video kreatif ataupun kegiatan unik lainnya demi mendukung kesuksesan Y20.

Meskipun isu-isu yang diangkat dalam KTT Y20 cukup krusial dan nggak main-main, tapi rasanya brainstorming solusi dengan pendekatan yang kreatif dan ‘anak muda banget’ sangat dibutuhkan. Karena dalam memecahkan sebuah masalah, terkadang nggak cukup pakai 1 sudut pandang aja. 

Maka dari itu, KTT Y20 kali ini terbilang sangat penting untuk diketahui, terutama buat anak-anak muda Indonesia. 

Mumpung Y20 lagi diselenggarakan di Indonesia, yuk kita sama-sama lebih concern terhadap isu-isu global yang lagi happening. Jangan jadi anak muda yang skeptis, tapi harus lebih kritis. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Garry

Content writer Froyonion, suka belajar hal-hal baru, gaming, dunia kreatif lah pokoknya.