Kreatif

BUDGET REWIND INDONESIA 2023 SETENGAH DARI TAHUN 2022, TAPI HASILNYA…

Video YouTube Rewind Indonesia kembali rilis di awal tahun ini untuk merangkum segala hal berkesan di 2023. Apakah hasilnya memuaskan?

title

FROYONION.COM - Pada Jumat (12/1) lalu pukul 19.45 WIB, Rewind Indonesia tayang secara perdana di kanal YouTube Indonesian Creators. 

Pada jam yang sama di acara Indonesia Berkarya Bersama, video Rewind Indonesia juga ditampilkan. Turut ditonton oleh sejumlah kreator dan tim yang terlibat, Rewind kali ini mendapat apresiasi dan antusiasme yang tak kalah heboh dengan tahun-tahun sebelumnya. 

BACA JUGA: WAKTU ORANG AWAM MAIN KE LOKASI SYUTING REWIND INDONESIA 2021, KEREN BRAY!

MELIBATKAN PALING BANYAK KREATOR SEPANJANG SEJARAH ‘REWIND INDONESIA’

Seperti biasa, inisiatif Rewind Indonesia selalu ditunggu-tunggu oleh khalayak luas. Tak alang netizen pun kerap membandingkan Rewind Indonesia dari tahun ke tahun. 

Chandra Liow sebagai salah satu sutradara dan inisiator pun menyadari hal ini. 

“Dari sisi produksi, dibanding tahun-tahun sebelumnya jujur budget Rewind Indonesia 2023 ini bisa dibilang hanya setengahnya. Tapi kami sebisa mungkin mengupayakan agar tetap terlihat megah dan mewah. Dan menurut gue pribadi, kami berhasil mewujudkannya,” tutur Chandra saat diwawancarai tim Froyonion.com pada Jumat (12/1) lalu. 

Walau begitu, tampaknya penonton tidak begitu menyadari budget produksi yang jauh lebih kecil ini. Pasalnya, hasil dari Rewind Indonesia 2023 bisa dikatakan sangat bagus–baik dari segi produksi, editing, hingga tren dan cerita yang disuguhkan di dalamnya. 

Scene ‘Rubicon’ yang diperankan oleh Bryan Furran dalam Rewind Indonesia 2023. (Sumber: Rewind Indonesia 2023)
Scene ‘Rubicon’ yang diperankan oleh Bryan Furran dalam Rewind Indonesia 2023. (Sumber: Rewind Indonesia 2023)

Tak hanya itu, banyaknya YouTube kreator yang terlibat di dalam projek inisiatif ini juga menjadi salah satu poin yang patut diacungi jempol. Bahkan menurut Chandra, Rewind Indonesia kali ini adalah Rewind yang paling banyak melibatkan kreator-kreator Indonesia. 

Dengan angka cantik–sebanyak 111 kreator YouTube Indonesia terlibat dalam Rewind Indonesia 2023. 

Tak hanya melibatkan ratusan kreator, Chandra juga menambahkan bahwa kali ini ada sebanyak lebih dari 400 kru di balik layar yang terlibat dalam proses terwujudnya Rewind Indonesia 2023.

Tak diragukan lagi, Rewind Indonesia 2023 tak hanya jadi ajang ‘keren-kerenan’, tapi juga wadah eksplorasi dan apresiasi para pekerja kreatif di Indonesia

MENGANGKAT BANYAK KEBERAGAMAN DI INDONESIA

Ketika ditanya apa yang beda dari Rewind Indonesia kali ini, Chandra menjawab,”Mungkin bisa dibilang Rewind Indonesia 2023 ini adalah Rewind ter-Indonesia yang pernah ada.” 

Ketika menonton video full-nya, perkataan Chandra memang terasa jelas. Mulai dari set shooting yang memperlihatkan ‘Gunungan’ (salah satu pewayangan dalam budaya Jawa), kostum, hingga tren-tren yang diangkat memang menggambarkan situasi Indonesia di 2023.

Oleh karena itu, tidak hanya tren viral dan happy saja yang diangkat, tapi juga kasus miris seperti polusi udara yang sempat menjadi kekhawatiran nasional, hingga judi online yang meresahkan. 

BACA JUGA: WISNU JOKO CAHYONO INGIN PERJUANGKAN KESEJAHTERAAN ART DIRECTORS AGAR LEBIH TERJAMIN

Memang tidak seharusnya dibanggakan, namun bagaimana Chandra dan timnya mengemas isu-isu ini ke dalam Rewind Indonesia 2023 sangat rapi–membuat video keseluruhan dapat dinikmati dalam satu benang cerita yang berkesinambungan. 

‘Battle Scene’ di Rewind Indonesia 2023 yang menjadi salah satu scene favorit sang sutradara. (Sumber: Rewind Indonesia 2023)
‘Battle Scene’ di Rewind Indonesia 2023 yang menjadi salah satu scene favorit sang sutradara. (Sumber: Rewind Indonesia 2023)

Lagi-lagi di projek kali ini pun Chandra mengambil pendekatan film untuk menyuguhkan cerita dengan cara yang tidak terlalu harfiah. Dan karena itu pula, penonton pun dapat dengan bebas menginterpretasikan setiap scene-nya sesuai pemahaman mereka.

Sebagai penutup, tim Froyonion.com sempat bertanya kepada Chandra apakah dirinya akan terlibat lagi di projek Rewind Indonesia tahun depan.

“Kita lihat setelah Rewind Indonesia 2023 tayang,” jawabnya sambil tertawa. (*/) 

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Grace Angel

Sehari-hari menulis dan mengajukan pertanyaan random ke orang-orang. Di akhir pekan sibuk menyelami seni tarik suara dan keliling Jakarta.