Kreatif

'BARAKA COFFEE HOUSE' HADIRKAN NUANSA MINIMALIS JEPANG DI SEBUAH GANG, KOTA MALANG

Tak jauh dari pusat kota Malang, 'Baraka Coffee House' berdiri di sebuah gang kecil dengan design minimalis cantik bernuansa Jepang. Cocok untuk rehat dari hiruk pikuk kota Malang.

title

FROYONION.COMMenyusuri sebuah gang kecil yang tak jauh dari pusat kota Malang, 'Baraka Coffee House' akan mencuri perhatian anda dengan design minimalis cantik bernuansa Jepang. Tepatnya di Jalan Watumujur II No.6, Ketawanggede, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang. 

Sejak pukul 9 pagi setiap hari Sabtu - Kamis dan jam 2 siang di hari Jumat, kita bisa menikmati seduhan kopi milik Baraka dan suasana yang teduh di dalamnya. Sedang khusus di bulan Ramadhan ini, Baraka melayani nakama (sebutan untuk pelanggan ‘Baraka Coffee House’) mulai pukul 11.00 WIB setiap Sabtu - Kamis dan 15.00 WIB di hari Jumat. 

AMBIENCE

'Menenangkan diri dari hiruk pikuk kota Malang'. Kalimat itulah yang mungkin cocok mendeskripsikan ambience saat kita mengunjungi ‘Baraka Coffee House’. Dominasi bangunan berwarna putih dengan konsep minimalis yang cantik bernuansa Jepang terasa sangat homey untuk dinikmati saat ingin ‘me time’, mengerjakan tugas, atau bahkan ketika berbincang dengan teman-teman. 

Saat menggeser pintu kaca coffee house yang satu ini, kita akan langsung disambut dengan nuansa hangat dan sedikit pemandangan hijau dari beberapa tanaman kaktus yang menyegarkan mata di depan pintu menuju bar area

Sofa area ‘Baraka Coffee House’

Walaupun ruangan indoor-nya (sofa dan bar area) relatif kecil, tetapi tatanan ruang yang tepat terasa begitu nyaman dan melegakan. Baraka juga menyediakan beberapa buku untuk dibaca oleh para pengunjung yang tertata rapi di bookshelf yang berada di sudut ruangan, mulai dari buku-buku tentang bisnis kopi sampai novel fiksi. 

Pecinta kucing akan sangat senang berkunjung ke kedai kopi mungil ini dengan kehadiran 'Nami and fams', keluarga ‘kucing oren’ Baraka yang gemuk dan menyenangkan, serta turut meramaikan suasana di dalam 'sofa area’.

‘Nami’, kucing sahabat ‘Nakama’

Nuansa Jepang semakin dihidupkan dengan adanya beberapa hiasan bendera bertuliskan ‘Baraka’ dalam aksara Jepang, dan mengalunnya playlist ‘J-pop’ (istilah untuk musik pop Jepang terutama di arus 1990-an).

Suasana outdoor bisa kalian dapatkan di lantai dua dengan konsep rooftop. Pemandangan gedung-gedung tinggi Universitas Brawijaya langsung terlihat sembari menikmati kecantikan langit di sore hari atau terang bulan di malam hari didukung oleh udara kota Malang yang sejuk. 

Selain rooftop, kalian bisa menikmati kopi kalian di halaman Baraka sembari merasakan teduhnya suasana sekitar gang Watumujur, di belakang Universitas Brawijaya tersebut. 

Tatanan lampu yang cenderung berwarna oranye akan menambah kehangatan suasana perbincangan di Malam hari. Ketika hujan pun, suasana di dalam Baraka akan semakin menenangkan pikiran kita yang mungkin sedang riuh dengan tugas kuliah atau kesibukan pekerjaan.

SOAL RASA, HARGA, DAN KEUNIKAN

Walaupun terkesan homey dan elegan, berbagai menu di Baraka dibanderol dengan harga yang terjangkau. Berbagai varian menu minuman, mulai dari kopi manual brewnon coffee, sampai ke signature drink, dan kopi susu khas Baraka bisa kalian nikmati hanya dari Rp10.000 hingga Rp25.000. Untuk harga snack, seperti donat gula, brownies, dan takoyaki bisa kalian nikmati dengan harga mulai Rp5.000 saja. 

Semakin akrab dengan kantong mahasiswa, kalian bisa mendapatkan diskon sebesar 15% tanpa minimum purchase dan ekstra gift lainnya bagi pelanggan setia yang memiliki 'member card'. 

BACA JUGA: KEDAI KOPI SEDERHANA DI TENGAH KOTA SIDOARJO DENGAN GAYA RETRO BERNAMA POTEHI

Mengusung konsep Coffee House, Baraka semakin menarik dengan proses roasting biji kopi yang dilakukan sendiri langsung di sekitar bar area. 

Tak hanya itu, kecintaan sang owner dengan dunia bisnis khususnya industri kopi, Johan Radhitama lulusan Universitas Brawijaya ini menyediakan beberapa kelas dan pelatihan bagi teman-teman yang tertarik dengan dunia bisnis dan berminat menjadi barista, seperti Cupping & Sensory Class, Training, and CertificationBarista Class, sampai Business and Development Class

Penulis sangat merekomendasikan minuman signature Baraka bernama 'Berry no Kyojin' yang memadukan rasa coklat yang manis dan sedikit pahit, dengan kesegaran buah berry yang sangat cocok bagi para penikmat non-coffee.

Sedangkan untuk pecinta kopi, kalian bisa mencoba 'Faito Americano' Baraka Signature yang berbeda dari menu americano pada umumnya. 'Faito Americano' menyatukan rasa kopi americano dengan sirup yang manis dan sedikit asam sehingga rasanya semakin segar terlebih dinikmati saat sore hari bersama sejuknya Kota Malang. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Nadya Hiranyo

Sehari-hari hobi mikir dan nulis, penyuka hal-hal vintage.