Kreatif

ADA BANYAK JENIS INDUSTRI MEDIA KREATIF, LO PILIH YANG MANA?

Kerja di industri media kreatif emang lagi naik daun. Sebelum memutuskan mau cari pengalaman di mana, yuk kenali dulu macem-macem prospek karier di industri media kreatif Indonesia.

title

FROYONION.COM - Bisa kerja di bidang industri media kreatif menjadi dambaan buat banyak orang yang emang suka belajar dengan hal baru dan punya ide serta kreativitas yang tinggi. Saat ini peluang kerja di bidang tersebut juga semakin terbuka lebar seiring dengan kemajuan teknologi yang udah canggih.

Nah, kalo lo tertarik buat meniti karier di bidang ini, ada banyak pilihan menarik yang patut lo coba untuk menambah pengalaman. Apalagi, kerja di industri media kreatif tuh terkenal nggak monoton. Jadi, lo nggak bakal cepet bosen sama kerjaannya. Belom lagi dengan berbagai inovasi baru yang membuat industri ini semakin berkembang.

Mending, langsung disimak aja yuk prospek karier di industri satu ini!

PROSPEK KARIR DI INDUSTRI MEDIA KREATIF

Secara umum, industri media ini bisa dibedakan menjadi 4, yaitu:

STASIUN TELEVISI

Bisa bergabung dengan sebuah stasiun televisi pasti jadi kebanggaan tersendiri deh. Karena dianggep cukup bergengsi dan bisa bertemu dengan banyak tokoh penting. Kalo kerja di staisun TV, salah satu profesi yang banyak diidamkan adalah news anchor atau pembaca berita.

Untuk bisa berkarir menjadi news anchor itu nggak mudah lho, Civs. Karena ada beberapa tahap yang harus dilalui dengan seleksi yang cukup ketat. Demikian juga dengan para kru yang dituntut untuk selalu kreatif dan menciptakan ide baru yang menarik.

Kalo lo penasaran gimana sih proses jadi seorang news anchor, lo bisa nonton The Next Presenter yang dibikin sama Liputan 6. 

RADIO

Selain TV, kerja di radio juga bisa jadi pilihan yang menarik. Lo bisa menjadi penyiar radio atau kru produksi yang memiliki peran nggak kalah penting. Buat jadi penyiar radio, nggak hanya bermodalkan suara yang enak didenger, tapi juga butuh wawasan yang luas dan kecekatan. 

Pernah nyimak beberapa video TikTok dari penyiar-penyiar radio seperti Kenny Jafar dan Bella Arswendita? Nah, kira-kira begitu deh gambaran kerja jadi penyiar radio. Nggak cuma membawa acara, tapi juga harus nulis skrip, browsing informasi yang diperluin, kadang take voice over juga, belum lagi harus multitasking mengoperasikan banyak tombol-tombol di studio. 

Kalo jadi kru produksi, udah jelas harus kreatif dan bisa bekerja tepat waktu sesuai deadline, Civs. Keahlian networking yang ngebuat lo kenal banyak orang, juga akan sangat membantu lo dalam dunia kerja nanti kalo mau jadi kru produksi di radio. 

MEDIA CETAK

Salah satu keahlian yang lo butuhkan saat bekerja di media cetak adalah bagaimana mengemas sebuah informasi atau berita menjadi lebih menarik dan fresh bagi pembacanya. Karena biasanya apa yang disiapkan di media cetak sudah lebih dulu diinformasikan di televisi. 

Tapi, justru di sini nih tantangannya! Toh, bahasa tulisan pasti beda sama bahasa verbal, jadi tentunya butuh kemampuan menulis yang baik juga kalo lo mau berkarir di media cetak.

Tentunya lo juga harus benar-benar peka dengan fenomena yang ada di sekitar dan bisa mengemasnya menjadi berita yang lebih menarik. Lo juga akan dituntut untuk bekerja secara cepat dan tepat karena tenggat waktu yang diberikan biasanya mepet.

MEDIA DARING

Meskipun mirip dengan media cetak, namun ada perbedaan antara media cetak dengan media daring. Untuk media daring, seorang penulis juga dituntut untuk memahami bagaimana perilaku pembaca kontennya serta cara kerja platform online dalam menyajikan informasi.

Misal, kalo lo pake platform Instagram, berarti lo harus tahu cara kerja Instagram tuh kayak gimana. Dari konten-konten yang banyak diminati, bagaimana cara mengemas konten itu, sampe bagaimana reaksi orang-orang waktu liat konten lo. Tentunya, beda platform juga beda treatment yah. 

Dan yang nggak kalah penting, lo juga harus bisa bekerja secara cepat dengan tetap memperhatikan jumlah pengunjung atau traffic yang ada pada halaman berita yang lo sajikan.

Hal ini sangat penting karena traffic menjadi sumber penghasilan dari media daring itu sendiri. Itulah mengapa dalam menyampaikan informasi, lo harus bisa membuat judul yang menarik, bahkan banyak yang kemudian menggunakan strategi click bait. Tapi jangan ditiru ya, Civs. Apalagi kalo click bait-nya pake acara hoaks segala.

Apapun pilihan lo dalam berkecimpung di industri media kreatif, yang terpenting adalah lo memiliki totalitas di dalamnya. Dengan begitu semua ide dan kreativitas lo juga bisa tersalurkan dengan baik dan maksimal. Pastikan untuk memberikan ide yang terbaik agar karir lo semakin berkembang. 

Semangat! (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Grace Angel

Content writer Froyonion, tukang nulisnya Bang Roy dan supplier permen kantor