Kreatif

9 BRAND & 12 ARTISAN LOKAL DIRANGKUL MERIAHKAN PONDEMI

PON tahun ini terasa tak biasa karena pemerintah mengajak kerjasama sejumlah jenama dan artisan dari Indonesia untuk memproduksi merchandise berkualitas yang menonjolkan seni budaya Papua.

title

FROYONION.COM - PON 2020 memang tertunda karena pandemi tapi awal Oktober ajang olahraga nasional ini bakal digelar juga di Jayapura. Kali ini terasa ada yang istimewa. Tak cuma karena acara ini diadakan saat pandemi masih berlangsung tetapi juga karena pemerintah merangkul jenama-jenama lokal dari Papua dan nasional serta para artisan untuk memeriahkan PONDEMI, PON XX yang dihelat masa pandemi.

Dilansir dari laman pondemi.ponxx2020papua.com, ada 9 jenama (brand) lokal dan nasional serta 12 artisan Indonesia yang digandeng dalam skema “Kolaborasi Anak Negeri” yang digagas dengan tujuan untuk membuat sebuah gerakan pemberdayaan para pegiat industri kreatif lokal dan nasional agar terus berkarya di tengah kondisi pandemi.

Jenama-jenama yang dianggap layak memeriahkan PONDEMI dengan merchandise mereka adalah Exodos, Dominate, Urbain, Brodeer, Biabom, Club Bike Bike, Papuan Culture, Exotis Papua, dan Noken Clothing.

Sementara itu, para artisan Indonesia yang diajak bekerjasama memeriahkan PONDEMI dengan karya-karya kreatif mereka ialah @AryaMularama, @Cycrowd, @Semproelart, @Novitoyoga, @TheRemon, @FajarArtWork, @AsyerSembiring, @Blelozz, @Fyrman.a, @Dwskelilington, @michaelyandevis, dan @bungafatia.

Karya-karya eksklusif dan terbatas para artisan yang berprestasi ini dicetak di berbagai produk merchandise yang berupa sepatu sneakers yang dibanderol dari harga Rp700.000 hingga Rp800.000 (Exodos dan Brodeer) dan kaos lengan pendek warna putih dan hitam yang harganya seragam Rp180.000. 

Untuk yang suka bersepeda atau kegiatan luar ruangan, ada produk topi dengan desain dari Club Bike Bike dijual seharga Rp200.000. 

Ada juga kaos lengan panjang dengan desain Dominate yang dijual seharga Rp850.000. Semuanya dapat diperoleh di Tokopedia.

Semua item atau produk yang ditawarkan ini mengangkat kearifan lokal dan budaya Papua. Ambil contoh crewneck shirt dengan dua warna (hitam dan hijau zaitun) dan akses kain Melle Taba khas suku Moi di Sorong dari Dominate, sebuah jenama dari ibukota. Kita bisa menemukan motif burung khas Papua, cenderawasih. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Akhlis

Pimred Froyonion